Ketahui Apa Itu Depresi Gejala dan Cara Mencegahnya Re.juve

Banyaknya kejadian dan tekanan yang dialami seseorang tiap harinya, terkadang bisa membuat orang tersebut berada dalam kondisi mood yang buruk. Misalnya merasakan emosi yang sedih selama hampir setiap hari, serta merasa tidak tertarik dengan rutinitas yang biasanya kamu lakukan dengan enjoy dalam waktu yang berulang dan terus menerus. Hal ini bisa jadi gejala awal jika kamu mengalami depresi, untuk lebih lengkapnya mengetahui apa itu depresi, serta apa saja yang menyebabkannya, dan apa solusinya? Yuk simak penjelasan di bawah!

Apa Itu Depresi?

Menurut World Health Organization (WHO), depresi merupakan salah satu penyakit umum di dunia, dengan perkiraan sebanyak 280 juta orang mengalami depresi. Efek depresi bisa bertahan lama atau berulang dan secara dramatis dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk berfungsi dan menjalani kehidupan yang bermanfaat dalam sehari-harinya. Depresi dapat semakin buruk dan dapat mengakibatkan bunuh diri lebih dari 700.000 jiwa. 

Dilansir dari healthline, depresi diklasifikasikan sebagai gangguan mood yang ditandai dari munculnya perasaan sedih, kehilangan, hingga kemarahan yang dapat mengganggu rutinitas harian seseorang, hingga mengakibatkan hilangnya waktu dan menyebabkan produktivitas yang rendah. Itu juga dapat memengaruhi hubungan dan beberapa kondisi kesehatan kronis. Depresi biasanya juga melibatkan perasaan benci terhadap diri sendiri atau merasakan kehilangan harga diri, setelah merasakan peristiwa kejadian hidup yang traumatis.

Apa Saja Gejala Depresi?

Gejala depresi pada orang dewasa umumnya muncul dan dikelompokkan ke dalam tiga jenis klasifikasi, yang terdiri dari: Gejala Fisik, Gejala psikis, dan Gejala Sosial. 

1. Gejala Fisik

Dapat berupa gejala yang terlihat dan disadari, seperti bergerak atau berbicara lebih lambat dari biasanya, perubahan nafsu makan atau berat badan yang menurun dan meningkat, sembelit, sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan, kekurangan energi, hilangnya libido,perubahan pada siklus menstruasi pada wanita, dan pola tidur menjadi tidak teratur dan terganggu, misalnya: sulit tidur di malam hari atau bangun terlalu pagi.

2. Gejala Psikis

Dapat berupa gejala yang ditimbulkan dari mental dari suasana hati yang mengalami kesedihan terus menerus, merasa putus asa, merasa bersalah, mudah tersinggung dan tidak toleran terhadap orang lain, tidak memiliki motivasi dalam melakukan rutinitas, sulit untuk mengambil keputusan, gelisah, cemas, dan memiliki pikiran untuk bunuh diri atau pikiran untuk melakukan self harm.

3. Gejala Sosial

Gejala ini dapat memengaruhi kehidupan sosial seperti, menghindari sosialisasi dengan teman dan keluarga, mengabaikan hobi dan minat, Sulit berinteraksi di rumah dan lingkungan kerja, bahkan sangat rentan menghadapi masalah dengan orang sekitar.

Selanjutnya, penting untuk disadari bahwa terkadang merasa sedih adalah bagian normal dari kehidupan. Peristiwa menyedihkan dan menjengkelkan terjadi pada semua orang. Tetapi jika kamu merasa sedih atau putus asa secara teratur, kamu mungkin mengalami depresi. Depresi dianggap sebagai kondisi medis serius yang dapat memburuk tanpa perawatan yang tepat. Maka dari itu setelah mengalami gejala-gejala yang telah dijabarkan ini, kamu dapat melakukan pencegahannya dimulai dari menerapkan hidup sehat hingga berkonsultasi dengan ahli jika diperlukan. 

Pola Hidup Sehat Sebagai Solusi Atasi Depresi

Menurut pemaparan Dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK beliau mengatakan bahwa pemberian nutrisi yang baik bagi tubuh kita dapat berguna untuk kesehatan mental, agar hidup jadi lebih sehat dan bahagia. Depresi merupakan salah satu kondisi penyakit mental yang dapat memiliki hubungan dua arah dan memicu terjadinya penyakit kronis yang menghasilkan kortisol maladaptif (hormon stres) dan menyebabkan berbagai masalah termasuk sindrom metabolik, obesitas, kanker, gangguan kardiovaskular, dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi. 

Dengan menjalankan pola hidup sehat termasuk ke dalam cara mengurangi gejala depresi yang dikendalikan oleh diri sendiri atau self-help pada fase awal. Kegiatan pola hidup sehat yang dilakukan bisa dimulai dari olahraga secara rutin dimulai dari jogging di pagi atau sore hari, hingga yoga yang menurut penelitian dapat efektif dalam mengurangi depresi. Selain itu perlunya memiliki waktu istirahat yang cukup dalam satu hari, dan yang terakhir pola hidup sehat ini juga diseimbangkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang bernutrisi bagi tubuh. 

Ceriakan Hari-Harimu dengan Re.juve Cold-Pressed Juice!

Kamu dapat mulai pola hidup sehat dan hidup lebih bahagia dengan mengonsumsi minuman sehat, salah satunya Re.juve. Re.juve sebagai pelopor brand cold-pressed juice pertama di Indonesia, memiliki misi dalam menciptakan produk yang dapat membantu orang-orang agar dapat menjalankan gaya hidup sehat yang berkelanjutan (Sustainable Healthy Lifestyle), dimulai dengan hidup lebih bahagia #LiveHappier melalui pilihan makanan dan minuman yang enak, sehat dan jujur. Produk Re.juve terdiri dari 100% bahan alami buah dan sayur organik, tanpa pengawet, pemanis buatan, dan dikemas secara higienis mampu melengkapi kebutuhan nutrisi bagi tubuh yang pastinya #GOODForYou! Kamu dapat cobain produk Re.juve Cold-Pressed Juice yang punya rasa segar dan bisa bantu ceriakan hari-harimu seperti: Tropic Joy, Tropic Green, U.Glow, I.Glow, Minty Apple, dan Tropic Calamansi.