Kenali Kelapa Kopyor dan Manfaat yang Ditawarkannya Rejuve

Cuaca panas seringkali menjadi alasan kita ketika tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Biasanya, kita membutuhkan minuman atau asupan cairan yang dapat menyegarkan tubuh dan pikiran agar aktivitas kita dapat berjalan seperti semula. Salah satu hal yang paling sering dicari adalah dengan mengkonsumsi es kelapa.

Kelapa Kopyor

Ya, es kelapa jadi salah satu solusi bagi kita ketika sedang merasa haus di tengah cuaca yang panas. Namun, yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah bukan kelapa biasa, melainkan kelapa kopyor.

 

Kelapa kopyor merupakan salah satu jenis kelapa yang memiliki air lebih sedikit dibandingkan dengan kelapa biasanya. Meskipun kandungan airnya sedikit, kelapa kopyor memiliki daging yang lebih lembut dibandingkan dengan kelapa biasa. Rasa dari daging kelapa kopyor juga lebih gurih dan menyegarkan. Tak heran, banyak orang yang memilih kelapa kopyor sebagai minuman dikala cuaca panas hanya untuk sekedar menyegarkan tubuh.

 

Kelapa kopyor dapat dijadikan berbagai olahan makanan dan minuman seperti es kopyor, sebagai isian kue, bahan baku es krim, dan olahan makanan lainnya.

Manfaat Kelapa Kopyor

Kalian tau gak sih kalau ternyata kelapa kopyor itu banyak sekali manfaatnya bagi tubuh ketika dikonsumsi?

 

Dilansir dari situs Kementerian Pertanian Republik Indonesia, es kelapa kopyor memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Sudah jelas manfaat yang pertama adalah sebagai pelepas dahaga ketika cuaca panas. 

 

Yang kedua adalah daging kelapa kopyor mengandung asam laurat sebesar 37,93% – 51%. Asam laurat merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti kanker, dan meningkatkan energi tubuh. Selain itu, asam laurat juga dapat mencegah penyakit HIV, dan dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah sehingga gula darah tetap terjaga dan mengurangi resiko penyakit jantung.

 

Yang ketika adalah kelapa kopyor tinggi akan antioksidan. Antioksidan di dalam tubuh berperan sebagai pencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh tidak rentan terkena berbagai kondisi yang buruk seperti penuaan dini, bahkan penyakit berbahaya seperti kanker dan serangan jantung.

 

Dengan rasa yang unik dan manfaat-manfaat yang diberikan oleh kelapa kopyor, akan menarik apabila nantinya kopyor dipadukan dengan buah-buahan segar lainnya sehingga dapat memperkaya cita rasa dari kreasi makanan atau minuman yang akan dibuat.