Kenali Hipertensi Serta Gejala dan Cara Mencegahnya Rejuve

Apa Itu Hipertensi?

Kesehatan menjadi hal yang terpenting bagi kita. Di dalam tubuh kita, terdapat organ-organ tubuh, jaringan, dan sel yang harus berfungsi dengan baik agar tubuh kita tetap sehat. Salah satu komponen penting di dalam tubuh adalah darah. Darah berfungsi sebagai media penyalur oksigen ke seluruh tubuh kita.

Ada salah satu penyakit bagi darah yang dapat berakibat fatal jika dibiarkan, hipertensi namanya. Dikutip dari halodoc, Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana terlalu banyaknya darah yang dipompa oleh jantung dan akibat sempitnya pembuluh darah pada arteri. Normalnya, tekanan darah manusia berada di angka 120/180 mmHg. Jika melebihi angka tersebut, maka seseorang dapat berpotensi terkena hipertensi.

Hipertensi dibagi menjadi 2, yaitu Hipertensi Primer dan Hipertensi Sekunder. Hipertensi primer adalah hipertensi yang akan berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun dan pada akhirnya, jika tidak dilakukan penanganan akan menjadi parah dan serius. Sedangkan hipertensi sekunder adalah hipertensi yang ada penyebabnya didasari oleh faktor eksternal.

Faktor-faktor  dan Gejala yang Dapat Menyebabkan Seseorang Terkena Hipertensi

Banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebab seseorang terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Faktor-faktor tersebut antara lain: Usia di atas 65 tahun, riwayat keluarga, konsumsi garam yang berlebihan, jarang berolahraga, kebiasaan merokok, jarang mengkonsumsi buah dan sayuran, obesitas, dan lainnya.

Gejala yang timbul jika seseorang terkena hipertensi atau penyakit darah tinggi adalah sakit kepala, mimisan, penglihatan menjadi berkurang, sesak nafas, dan lainnya. Jika masalah tersebut terus berlanjut, maka diwajibkan untuk segera cek tekanan darah karena jika dibiarkan terus-menerus, maka hipertensi akan bisa menjalar ke penyakit lain sehingga terjadi komplikasi di dalam tubuh.

Cara Menurunkan Hipertensi

Jika kamu ingin terhindar atau ingin menurunkan tekanan darah tinggi kamu, maka lakukanlah hal hal ini:

1. Rajin Berolahraga

Kamu malas berolahraga? Hindari kebiasaan ini. Berolahraga sangat banyak manfaatnya untuk tubuh. Selain untuk melancarkan peredaran darah, otot-otot kita ketika sedang berolahraga akan terasa rileks sehingga membuat tubuh akan semakin sehat dan segar. Lakukan olahraga yang ringan terlebih dahulu untuk membiasakan diri seperti berjalan kaki, naik turun tangga, dan lainnya. Lama kelamaan tubuh akan terbiasa dengan aktivitas ini dan kamu bisa meningkatkan level olahraga kamu.

2. Kurangi Konsumsi Garam Berlebih

Konsumsi garam yang berlebihan dapat memicu terjadinya penyempitan pada pembuluh darah arteri karena jumlah natrium yang meningkat sehingga membuat jantung harus memompa darah lebih kuat lagi. Maka dari itu, kamu bisa mengurangi konsumsi garam agar jumlah natrium tidak terlalu banyak pada tubuh.

3. Jaga Berat Badan Tubuh yang Ideal

Jika berat badan berlebih, jantung akan semakin berat untuk memompa darah sehingga peredaran darah tidak dapat mengalir secara lancar ke seluruh tubuh. Maka dari itu, dengan menjaga berat badan tubuh, kamu bisa mencegah terkena hipertensi. Lakukan olahraga secara rutin dan makan makanan yang bergizi dapat membantumu dalam menjaga berat badan tubuh.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Sehat

Cara lain dalam mencegah kamu terkena hipertensi atau penyakit darah tinggi adalah dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Makanan dan minum yang sehat adalah makanan dan minuman yang kaya akan serat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Komponen-komponen dalam makanan dan minuman sehat sangat diperlukan tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

5. Konsumsi Buah dan Sayuran

Makanan dan minuman sehat bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi sayuran-sayuran hijau dan buah-buahan segar. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat menormalkan tekanan darah. Contoh sayuran yang dapat menormalkan tekanan darah adalah seledri, kale, dan lainnya. Sedangkan buah-buahan yang dapat dikonsumsi untuk menetralkan tekanan darah adalah buah bit, semangka, kiwi dan sebagainya.

Sayuran dan buah-buahan segar sangat kaya akan nutrisi dan serat. Jika kamu tidak bisa mengkonsumsi sayuran dan buah secara langsung, kamu bisa mengkonsumsi nya dengan cara lain, salah satunya dengan cara juicing sayuran dan buah tersebut. Jus membuat tubuh lebih mudah dalam menyerap serat dan nutrisi karena berbentuk cairan.

Turunkan Hipertensi Bersama Re,juve!

Produk minuman sehat yang harus kamu cobain adalah Re.juve Cold-Pressed Juice. Dengan menjaga kualitas sayuran dan buah yang di produksi, menjadikan Re.juve produk terbaik dalam Cold-Pressed Juice-nya. Pilihan varian yang bisa kamu pilih adalah Re.juve Celery Line seperti Mighty Celery Cold-Pressed Juice, Green Celery Cold-Pressed Juice, Firey Celery Cold-Pressed Juice, dan varian Celery Line lainnya.

Dalam varian Celery Line, terdapat kandungan seledri organik dipadukan dengan sayuran dan buah lainnya seperti nanas, lemon, kale, jeruk, dan sebagainya. Nutrisi dalam kandungan seledri bisa menurunkan tekanan darah tinggi kamu. Jangan tunggu lama-lama, segera cobain Re.juve varian Celery Line yaaa!