Kenali Gejala Asam Urat Serta Cara Mencegahnya Rejuve

Kesehatan kita sangat penting untuk dijaga. Jangan sampai kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita anggap sepele bisa berbahaya bagi tubuh kita sendiri. Akan muncul penyakit-penyakit yang pada umumnya terjadi apabila kita tidak mampu menerapkan pola hidup sehat, salah satunya adalah penyakit asam urat. Lantas apakah itu penyakit asam urat?

Apa Itu Asam Urat?

Dikutip dari Alodokter.com, asam urat merupakan kondisi dimana terjadinya peradangan di daerah sendi seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, bahkan jempol kaki. Peradangan tersebut dapat mengakibatkan nyeri, pembengkakan, dan juga rasa panas pada daerah sendi. Jika dibiarkan begitu saja, asam urat akan lebih membahayakan tubuh karena dapat menyerang ginjal pada tubuh kita.

Penyebab Asam Urat

Asam urat terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat pada sendi. Tubuh memiliki salah satu zat penting yaitu zat purin. Salah satu peran penting purin bagi tubuh adalah purin dapat mengatur pertumbuhan sel di dalam tubuh. Setelah selesai digunakan, purin nantinya akan dibuang lewat saluran urin.

Akan tetapi, tubuh terkadang menghasilkan asam urat yang terlalu banyak yang dapat mengakibatkan terjadinya penumpukkan asam urat yang nantinya akan membentuk kristal pada sendi-sendi. Akibatnya, terjadi pembengkakan dan rasa nyeri pada daerah-daerah sendi yang sudah disebutkan di atas.

Beberapa faktor juga dapat berpengaruh dalam timbulnya asam urat. Faktor keturunan, cedera, sering mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman dengan kandungan gula tinggi, serta makanan-makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi (makanan laut, daging merah, dan jeroan hewan) merupakan faktor-faktor yang dapat menimbulkan asam urat. Selain itu, faktor medis seperti diabetes, penyakit ginjal, penyakit jantung, ternyata juga bisa jadi faktor munculnya asam urat.

Gejala Asam Urat

Biasanya, asam urat terjadi pada orang yang berusia lebih dari 30 tahun. Gejala-gejala yang timbul apabila seseorang terkena asam urat antara lain:

  • Rasa sakit di bagian sendi (jari kaki, pergelangan kaki, lutut, jempol kaki)
  • Terjadi pembengkakan, kemerahan, dan rasa hangat di area sendi yang terkena asam urat
  • Demam

Makanan untuk Penderita Asam Urat

Ketika kita sudah terkena asam urat, kita tidak bisa lagi untuk mengkonsumsi makanan-makanan secara bebas. Orang yang terkena penyakit asam urat harus membatasi konsumsi makanan-makanan seperti daging merah, jeroan, dan  makanan laut.

Sedangkan untuk mengurangi atau mencegah asam urat, kamu bisa coba beberapa makanan-makanan yang mengandung purin rendah seperti:

1. Sayuran

Sudah tidak diragukan lagi bahwa sumber makanan yang satu ini kaya akan nutrisi dan gizi yang sangat berguna bagi tubuh. Pilihlah sayuran yang mengandung purin rendah seperti kol merah, paprika, wortel, kale, mentimun, selada, dan kentang. Sayuran-sayuran tersebut mengandung purin yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi. Apakah ada sayuran yang mengandung purin tinggi? Jawabannya, ada. Contoh sayuran yang tidak disarankan karena mengandung purin tinggi adalah bayam, asparagus, brokoli, dan kembang kol.

2. Buah-buahan

Buah-buahan juga bisa kamu konsumsi karena kaya serat, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh. Buah-buahan yang disarankan adalah buah-buahan yang tinggi akan vitamin C seperti buah jeruk, kiwi, lemon, dan lainnya. Contoh lain buah yang bisa kamu konsumsi karena rendah purin adalah pisang, pir, apel, dan anggur.

3. Kacang-kacangan

Makanan selanjutnya yang bisa dimakan adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan memiliki protein yang tinggi sebagai pengganti protein yang didapatkan dari hewan (protein hewani). Contoh kacang-kacangan yang baik dan sehat untuk tubuh adalah kacang almond. Kacang almond memiliki kandungan lemak sehat dan rendah purin sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Yuk #LiveHappier Bareng Re.juve!

Ketika tubuh memerlukan asupan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan, maka Re.juve hadir disini untuk kamu. Dengan menggunakan 100% buah dan sayur organik, tanpa bahan pengawet, tanpa pemanis buatan, juga tanpa pewarna yang berbahaya bagi tubuh, karena Re.juve bantu kamu untuk tetap #LiveHappier! Berikut ini produk-produk Re.juve yang bisa kamu jadikan alternatif untuk minuman sehat kamu.

1. u.Glow Cold-Pressed Juice

Re.juve punya u.Glow Cold-Pressed Juice. Tinggi antioksidan, mengandung zat anti-inflamasi, tinggi vitamin C, B9, dan sebagai sumber vitamin K, Cold-Pressed Juice yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan minuman sehat karena dibuat dengan perpaduan wortel, nanas, dan jeruk yang rendah akan purin rendah.

2. i.Glow Cold-Pressed Juice

Perpaduan buah-buahan dan sayuran yang rendah zat purin seperti wortel, nanas, dan apel, i.Glow Cold-Pressed Juice tinggi akan vitamin K dan serat untuk jaga kondisi kesehatan kamu. Selain itu, minuman sehat yang satu ini bisa menjaga kesehatan mata kamu.

3. Blazing Kale Cold-Pressed Juice

Minuman sehat selanjutnya adalah Blazing Kale Cold-Pressed Juice. Dengan perpaduan sayuran dan buah-buahan yang pastinya #GOODforYou seperti kale, seledri, nanas, dan jeruk, Blazing Kale Cold-Pressed Juice ini tinggi vitamin C, K, B9, dan serat tinggi.

4. Dazzling Kale Cold-Pressed Juice

Dazzling Kale Cold-Pressed Juice dibuat dengan perpaduan pas antara kale, timun, nanas, dan apel. Dibekali vitamin K, B9, dan C yang tinggi, Dazzling Kale cocok untuk jaga kesehatan tubuh kamu karena dapat membantu meningkatkan imun tubuh dan sayuran dan buah-buahan yang rendah purin sehingga bantu cegah kamu dari asam urat.