Kenali Diabetes dan Gejala yang Timbul Pada Tubuh!

Gula Sebagai Sumber Energi Utama Bagi Tubuh

Akhir-akhir ini, marak terjadi kasus minuman yang banyak mengandung gula ataupun mengandung bahan kurang sehat, seperti pengawet buatan. Gula merupakan salah satu sumber utama untuk energi tubuh. Meski demikian, konsumsi gula tidak diperbolehkan berlebihan. 

Dikutip dari alodokter.com, untuk mencapai kesehatan tubuh yang maksimal, asupan gula yang diperbolehkan hanyalah 5% dari kebutuhan kalori harian. Hal ini berlaku untuk orang dewasa maupun anak-anak, ya. Berikut adalah acuan konsumsi gula berdasarkan usia yang bisa kamu pakai:

1. Dewasa: tidak lebih dari 30 gram (7 sendok teh) per hari

2. Anak-anak 7-10 tahun: tidak lebih dari 24 gram (6 sendok teh) per hari

3. Anak-anak 2-6 tahun: tidak lebih dari 19 gram (4 sendok teh) per hari

Berapa ya, Kadar Gula Darah Normal?

Namun, dalam konsumsi sehari-hari pasti kita tidak lepas dari makanan dan minuman kesukaan yang sering kita konsumsi tanpa melihat berapa kadar gula produk tersebut. Nah, penting sekali untuk mengetahui apakah penggunaan gula dari konsumsi kita itu berpengaruh pada kadar gula darah dalam tubuh kita.

Mengetahui kadar gula darah bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kita loh. Salah satunya adalah dengan upaya mencegah diabetes. Dikutip dari siloamhospitals.com, secara umum kadar gula darah normal memiliki perbedaan tergantung pada usia seseorang antara lain:

1. Usia <6 tahun: gula darah normal 100–200  mg/dL

2. Usia 6-12 tahun: gula darah normal 7–150 mg/dL

3. Usia >12 tahun: gula darah normal <100 mg/dL

Hati-hati Diabetes Sering Tidak Kita Sadari, Kenali 5 Gejalanya dari Sekarang!

Dikutip dari alodokter.com, diabetes merupakan penyakit yang timbul akibat glukosa yang tidak diserap sel tubuh dengan baik dan menumpuk di dalam darah. Kondisi ini dapat menimbulkan gangguan pada organ dalam tubuh. Jika kita mengonsumsi makanan atau minuman melebihi kadar gula yang dianjurkan, maka kemungkinan kita bisa terkena diabetes. 

Oleh karena itu kita perlu menyadari 5 gejala diabetes yang sering tidak kita sadari:

1. Penurunan Berat Badan Secara Ekstrem

Penurunan berat badan yang terjadi secara drastis disebabkan karena hormon insulin kekurangan untuk mendapatkan glukosa untuk sel, yang mana glukosa itu diperlukan untuk energi tubuh manusia.

2. Luka Sulit Sembuh

Ketika tubuh mengalami luka, luka tersebut akan sulit sembuh. Penyebabnya adalah gula darah yang menyebabkan dinding pembuluh darah arteri menyempit dan mengeras.

3. Mudah Mengalami Infeksi

Kenapa penderita diabetes mudah terkena infeksi? Ketika tubuh mulai diserang oleh penyakit diabetes, imun pada tubuh akan menurun sehingga mudah terkena infeksi. Infeksi bisa datang dari mana saja, bisa dari bakteri, jamur dan faktor lainnya. Pada kulit, jamur dan bakterinya akan lebih mudah terjangkit sehingga kulit selalu terlihat kering dan pecah-pecah.

4. Sering Buang Air Kecil

Sering buang air ternyata juga menjadi gejala awal dari diabetes. Hal ini karena ginjal tidak dapat menerima glukosa dengan baik sehingga otak akan memerintahkan tubuh untuk buang air kecil, terutama pada malam hari.

5. Tubuh Sering Terasa Lemas

Tubuh tentunya memerlukan energi. Energi tersebut didapatkan dari glukosa. Apabila tubuh sudah tidak bisa menerima glukosa yang berlebih, maka tubuh akan terasa lemas dan tidak bertenaga.

Cari Tahu Kedua Jenis Utama dari Diabetes Loh, Jangan Sampai Keliru Ya!

1. Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 (diabetes mellitus), atau yang akrab kita kenal dengan “kencing manis”, adalah penyakit “autoimun”, yang berarti sistem kekebalan tubuhnya akan menyerang dirinya sendiri. Ketika tubuh sedang mengalami autoimun, tubuh tidak akan memproduksi insulin sama sekali.  Menurut alodokter.com, apabila insulin dalam darah tidak cukup, sel-sel tubuh akan mulai kelaparan.

Insulin yang tidak cukup berarti glukosa tidak dapat dipecah dan artinya sel tidak dapat menggunakannya sehingga, mengakibatkan lemak mulai dipecah untuk membuat energi tersebut dan proses tersebut menyebabkan penumpukan bahan kimia.

2. Diabetes tipe 2

Pada jenis diabetes tipe 2, tubuh tidak membuat cukup insulin atau sel-sel tubuh pengidap diabetes tipe 2 tidak akan mampu merespon insulin selayaknya insulin normal.

Ubah Pola Hidupmu Menjadi Lebih Sehat bersama Re.juve

Re.juve merupakan produk yang bergerak di bidang makanan dan minuman yang 100% segar, murni, dan alami. Semua produk yang dihasilkan berasal dari buah segar dan sayuran organik yang 100% #GOODforYou, seperti Cold-Pressed Juice yang tanpa gula, tanpa pengawet buatan, dan tanpa konsentrat sehingga aman untuk dikonsumsi.

Re.juve juga selalu mendukung dan membantu Re.juve Lovers untuk mendapatkan asupan nutrisi terbaik bagi tubuh. Yuk, hidup lebih sehat dan #LiveHappier dengan mencoba berbagai produk Re.juve Cold-Pressed Juice berikut ini:

1. Crush Watermelon Cold-Pressed Juice

Dengan perpaduan antara semangka, nanas, dan lemon, Crush Watermelon Cold-Pressed Juice tinggi akan serat dan vitamin C yang baik bagi tubuh dan kesehatan. Cocok buat hilangkan dehidrasi di teriknya sinar matahari. Yuk Cobain!

2. Minty Apple Cold-Pressed Juice

Sensasi dingin dari mint, dikombinasikan dengan apel hijau dan nanas, Cold-Pressed Juice ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh kamu. Minty Apple Cold-Pressed Juice ini mengandung vitamin B6, C dan serat yang tinggi, lho.

3. Golden Orange Cold-Pressed Juice

Memperkuat sistem imun, memperbaiki sel-sel kulit, vitamin serta kandungan lainnya yang terdapat dalam jeruk dan nanas, Golden Orange Cold-Pressed Juice bisa kamu pilih sebagai minuman sehat kamu!

4. Glowing Apple Cold-Pressed Juice

Glowing Apple Cold-Pressed Juice berasal dari perpaduan antara apel hijau, wortel organik, dan nanas yang fresh. Produk Re.juve yang satu ini diperkaya dengan vitamin C & B6, vitamin K, serta serat dan nutrisi yang tinggi, bantu naikin imun tubuh dan menyehatkan indera penglihatan kamu!