APA ITU HORMON

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata hormon. Hormon tersebut berfungsi mengatur kinerja tubuh dengan normal. Namun, jika hormon tidak seimbang, apakah berbahaya? Untuk tahu jawabannya, yuk, simak penjelasan dari dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.Gk!

Mengenal Hormon, Zat yang Bekerja untuk Menstabilkan Masalah dalam Tubuh

Hormon merupakan zat kimia yang dapat memengaruhi keadaan tubuh. Zat kimia ini dibentuk oleh kelenjar endokrin dan dibawa melalui darah. Biasanya, hormon akan memengaruhi perubahan mood, perkembangan tubuh, fungsi seksual dan reproduksi, siklus tidur, serta nafsu makan.

Ketika hormon tidak seimbang, hormon akan memberikan sinyal yang dapat berpengaruh terhadap tubuhmu. Oleh karena itu, hormon perlu dijaga dan diperhatikan agar tetap seimbang. Pastikan hormon tidak mengalami gangguan agar organ tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Alasan Hormon Tidak Stabil dan Cara Untuk Mengatasinya Menurut Dokter Juwalita!

Terkadang ada banyak orang yang hormonnya tidak stabil sehingga menimbulkan berbagai macam masalah untuk tubuh. Terkait hal itu apakah ada buah, sayuran, atau rempah yang dapat membantu menstabilkan hormon?

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.Gk, spesialis ahli gizi menjelaskan bahwa konsumsi karbohidrat kompleks, protein, lemak baik, serat, serta vitamin dan mineral di jam selingan akan membantu memenuhi nutrisi seimbang yang diperlukan.

Hormon memang memegang peranan cukup penting terutama untuk kesehatan perempuan. Adanya ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron pada perempuan dapat memberikan dampak negatif terhadap mood, proses ovulasi serta kesuburan. Tanda dan gejala yang sering muncul.

Misalnya, gangguan menstruasi, jerawat, kulit berminyak, rasa lelah berlebihan (fatigue), pertumbuhan rambut berlebih, sakit kepala, hingga berat badan yang mudah naik. Faktor diet yang berperan dalam ketidakseimbangan hormon ini adalah konsumsi lemak jenuh serta gula tambahan yang berlebih.

Re.juve Smoothies dan Almond Milk Bantu Penuhi Nutrisi Seimbang Bagi Hormon Tubuh

1. Avoccino High Smoothies

Kandungan alpukat segar dalam satu botol Avoccino High Smoothies berikan kenikmatan tiada tara untuk menunjang harimu. Avoccino High Smoothies tinggi vitamin C, E, dan K, serta tinggi serat dan sumber fosfor.

2. Chocolate High Smoothies

Chocolate High Smoothies merupakan smoothie yang enak dan sehat karena bisa menjadi sumber selenium, vitamin E dan D. Cocok untuk kamu yang ingin menambah nutrisi sebab kandungannya memberikan antioksidan yang baik untuk tubuh.

3. Avocacao High Smoothies

Campuran cokelat dan alpukat segar adalah paduan yang lezat. Tidak cuma enak, kalau kamu mengonsumsi Avocacao High Smoothies, kamu bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.  Pasalnya, kandungan Avocacao High Smoothies ini tinggi vitamin C, E, dan K, serta sumber fosfor.

4. Green Almond Milk

Green Almond Milk merupakan perpaduan susu almond nikmat dengan bayam organik segar. Tanpa tambahan gula dan perisa lainnya, susu almond ini tinggi vitamin C, E, dan K. Selain itu, karena mengandung almond 6 kali lebih banyak, susu ini juga bisa menjadi sumber fosfor dan zat besi bagi tubuh. 

5. Golden Almond Milk

Pernahkah kamu mencoba campuran susu almond dengan rempah-rempah khas Indonesia? Kalau belum, kamu bisa mencicipi Golden Almond Milk yang enak dan sehat. Kandungan kunyit dalam susu bisa menjadi sumber antioksidan yang bagus. Tak hanya itu saja, Golden Almond Milk tidak mengandung kolesterol, tinggi mangan, dan tanpa perasa buatan. 

6. Violet Almond Milk

Violet Almond Milk memiliki rasa yang manis dan earthy khas bit organik segar. Susu almond yang satu ini bisa bantu melengkapi nutrisi tubuhmu karena kandungannya tinggi zat besi, vitamin C, dan vitamin E.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai hormon. Pastikan kamu selalu mencukupi nutrisi dalam tubuh agar hormon tetap seimbang. Kamu bisa bantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh dengan mengonsumsi smoothie dan susu almond Re.juve!

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.