Kenali Apa Itu Dismenore Dan Cara Mengatasinya

Mengalami nyeri perut bagian bawah ketika sedang haid atau menstruasi adalah hal yang cukup sering dikeluhkan oleh mayoritas perempuan. Rasa nyeri ini biasanya mulai muncul sebelum maupun ketika menstruasi. Kondisi tersebut dapat dikenal dengan istilah dismenore. Dikutip dari halodoc.com dismenore adalah istilah yang dipakai ketika mengalami kram perut menyakitkan yang timbul saat sedang haid atau menstruasi. Yuk kenali lebih lanjut tentang dismenore!

2 jenis dismenore yang perlu kamu ketahui :

Terdapat dua jenis dismenore yang perlu kamu ketahui, kira-kira dismenore jenis apa  yang sering kamu rasakan?

1. Dismenore Primer

Merupakan rasa nyeri yang biasanya muncul 1 atau 2 hari sebelum menstruasi dan juga bisa muncul saat menstruasi berlangsung. Dismenore primer terjadi karena adanya kontraksi otot rahim yang kuat. Rasa nyeri berasal dari perut bagian bawah serta dapat menjalar hingga ke punggung bagian bawah dan paha. Ketika mengalami kondisi ini, terdapat gejala lain yang mungkin akan  muncul seperti mual, lemah, lesu, muntah, hingga diare. 

2. Dismenore Sekunder 

Merupakan rasa nyeri yang terjadi pada awal siklus menstruasi. Rasa nyeri ini akibat adanya masalah yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Biasanya tidak ada gejala lain seperti mual hingga diare tetapi rasa nyeri dapat bertahan lebih lama dibandingkan kram perut pada umumnya. 

Cara Mengatasi Dismenore (Nyeri Haid)  Secara Alami

Setiap orang memiliki pain tolerance yang berbeda-beda. Begitupun saat menstruasi melanda, dismenore atau biasa dikenal dengan nyeri haid menimbulkan rasa sakit yang berbeda pada tiap perempuan. Bagi sebagian perempuan, nyeri haid dapat mengganggu aktivitas mereka. Yuk simak cara mengatasi dismenore dengan cara alami : 

1. Kompres perut dengan air hangat

Mengompres perut dengan air hangat dapat menjadi cara paling mudah untuk meringankan nyeri saat menstruasi. Selain menggunakan handuk yang dicelupkan pada air hangat kamu juga bisa memasukkan air hangat ke dalam botol untuk diletakkan pada perut bagian bawah atau punggung. Mengompres dapat membantu memperlancar aliran darah serta membantu melemaskan otot yang tegang sehingga akan mengurangi rasa nyeri.

2. Menghindari stress

Menstruasi biasanya mempengaruhi emosi seorang perempuan. Kerap kali mengalami emosi yang naik turun, hal tersebut mampu memperburuk rasa nyeri yang dialami. Menjadi sangat penting untuk perempuan dalam menghindari stress ketika menstruasi agar lebih senang dan tenang. Untuk menghindari stress dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas yang disukai seperti, membaca buku, meditasi,  jalan-jalan di taman,  bernyanyi, atau bermain alat musik.

3. Memijat perut dengan minyak esensial

Lakukan pijatan ringan pada perut menggunakan minyak esensial selama kurang lebih 20 menit. Dilansir dari kompas.com ditemukan adanya penelitian bahwa pijat dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit dengan cepat. Titik-titik pemijatan dapat dilakukan disekitar perut dan punggung. 

4. Melakukan olahraga ringan

Olahraga adalah aktivitas yang kebanyakan dihindari perempuan ketika nyeri haid, namun dengan melakukan olahraga ringan dapat membantu mengatasi nyeri haid. Lakukan olahraga sederhana seperti jalan pagi ataupun bersepeda.

5. Menjaga asupan makanan

Makanan dapat menjadi pemicu rasa nyeri yang semakin parah. Hindari minuman bersoda, beralkohol dan mengandung kafein ketika sedang menstruasi karena dapat menyebabkan perut kembung dan mengalami resistensi air sehingga nyeri haid semakin parah. Lebih baik konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur serta makanan yang mengandung zat besi untuk mencegah anemia. 

Menjaga pola makan ketika menstruasi merupakan hal yang penting. Biasanya rasa nyeri sering dibarengi dengan rasa lemas dan tidak bertenaga. Oleh karena itu, sangat penting mengonsumsi makanan mengandung serat seperti buah dan sayuran hijau untuk menambah nutrisi dalam tubuh.

Untuk membantu jaga asupan makan dengan lebih mudah dan praktis,  kamu bisa gunakan Paket PMS Re.juve yang dibuat dari 100% sayur, buah, dan rempah-rempah organik yang mengandung nutrisi lengkap seperti protein, antioksidan, dan vitamin C,K, B6, dan B9 yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuhmu. 

Yuk rasakan manfaat Paket PMS Re.juve yang dapat membantu meredakan gejala PMS, terutama saat 1-2 hari pertama menstruasi! 

Mengandung anti inflamasi alami dari sayuran organik, buah-buahan segar, dan rempah-rempah. Paket PMS Re.juve dapat membantu meredakan gejala PMS, terutama selama 1-2 hari pertama haid. Tidak perlu repot mengolah jahe dan rempah sejenis, dengan Paket PMS Re.juve kamu bisa mendapatkan berbagai khasiat buah, sayur, dan rempah organik dengan lebih praktis. Berikut adalah produk yang akan kamu dapatkan dalam 1 Paket PMS Re.juve:

– Turmeric Ginger SHOT 50 ml

– Tropic Turmeric 250 ml

– Green Glory 250 ml

– Chocolate High 250 ml

– Glowing Golden 250 ml

– Cooling Pack