Ini Yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C Re.juve

Vitamin C merupakan bentuk vitamin yang mudah larut dalam air, serta kaya manfaatnya bagi tubuh salah satunya dapat bekerja secara aktif sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu dengan mengonsumsi vitamin C secara teratur juga akan bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuhmu. Kebutuhan konsumsi vitamin C tiap orang berbeda-beda, dapat dipengaruhi oleh tingkatan usia dan gaya hidup. Apa yang akan terjadi jika tubuh kekurangan vitamin C? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Tanda-Tanda Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Hal ini karena vitamin C merupakan nutrisi penting yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, membantu penyerapan zat besi, serta menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah, dan tulang. Mengingat banyaknya fungsi kesehatan penting dari vitamin C sangat disarankan agar setiap orang memenuhi kebutuhan vitamin C per harinya.  Namun konsumsi vitamin C harian juga perlu diperhatikan, karena tubuh manusia per harinya hanya dapat menerima sebanyak 2000mg. Dilansir dari Alodokter, anjuran konsumsi vitamin C yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Laki-laki dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurang lebih sekitar 90 mg/hari. 
  • Wanita dewasa, sekitar 75–85 mg/per hari. 
  • Anak-anak hingga remaja, asupan vitamin C yang dianjurkan adalah sekitar 50–75 mg/hari.

Dibawah ini adalah beberapa kondisi yang dapat terjadi jika tubuh kekurangan vitamin C yang perlu kamu ketahui!

1. Muncul Masalah Kulit

Masalah kulit yang dapat muncul ketika kekurangan vitamin C adalah kulit menjadi kering, keriput, rusak, dan bisa menyebabkan keratosis pilaris. Dilansir dari healthline, ketika kadar vitamin C rendah, kondisi kulit yang dikenal sebagai keratosis pilaris dapat berkembang. Sebab kurangnya vitamin C untuk tubuh dapat menghambat pembentukan kolagen agar kulit bisa merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan pergantian sel kulit mati.

2. Gusi Berdarah dan Sariawan di Area Mulut

Masalah gusi berdarah dan sariawan merupakan hal yang juga bisa timbul apabila tubuh kekurangan vitamin C, hal ini dikarenakan kolagen dalam vitamin C dapat berguna untuk menjaga kesehatan gusi dan meredakan inflamasi yang terjadi di dalam tubuh. Tanpa vitamin C yang cukup, jaringan gusi menjadi lemah dan meradang serta pembuluh darah lebih mudah mengalami pendarahan.

3. Tubuh Mudah Lelah 

Tanda-tanda kelelahan dapat muncul karena kurangnya asupan kadar vitamin C, tetapi akan segera pulih dengan asupan vitamin C yang cukup. Tanda kelelahan ini juga bisa ditandai sebagai awal dari penyakit iron-deficiency anemia. Pentingnya vitamin C dibutuhkan untuk mendukung penyerapan zat besi yang penting dalam pembuatan sel darah merah dalam tubuh untuk mencegah anemia.

4. Mudah Terkena Penyakit

Kandungan vitamin C memiliki beberapa fungsi yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Jika kalian pernah terkena penyakit seperti pneumonia, flu, batuk, radang tenggorokan dengan gejala yang ringan, itu dapat diakibatkan dari kurangnya konsumsi vitamin C secara rutin dan teratur yang dapat kamu dapatkan secara alami melalui buah dan sayuran hingga suplemen vitamin C.

5. Penyembuhan Luka yang Lama

Penyembuhan luka yang lambat adalah salah satu tanda dari kekurangan vitamin C. Kondisi tubuh yang kekurangan vitamin C dapat memperlambat laju pembentukan kolagen, hal itu menyebabkan penyembuhan luka lebih lambat. Dilansir dari healthline, Dalam kasus kekurangan vitamin C yang parah, luka lama bahkan dapat terbuka kembali, sehingga meningkatkan risiko infeksi. 

Cara Mengatasi Kekurangan Vitamin C

Untuk mengatasi gejala yang timbul akibat kekurangan vitamin C, hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan hingga suplemen yang terdapat kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C dapat dengan mudah ditemukan secara alami pada sayur dan buah-buahan, di antaranya: jeruk, lemon, nanas, stroberi, jambu, kiwi, pepaya, tomat, wortel, paprika, brokoli, kentang, kubis, dan bayam. Selain itu cara lainnya adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis yang tepat sesuai anjuran dokter, atau sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan produk. Disarankan untuk mengonsumsi vitamin C setelah makan untuk meminimalkan risiko gangguan pada lambung.

Re.juve Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin C Harianmu!

Re.juve Cold-Pressed Juice dibuat 100% pure tanpa gula, tanpa pengawet buatan, dan tanpa konsentrat sehingga aman untuk dikonsumsi. Rasanya yang segar, karena terdiri dari 100% buah dan sayur organik, sehingga cocok untuk jaga nutrisi harian tubuh agar tetap seimbang, dan tentunya bermanfaat untuk penuhi kebutuhan vitamin C harianmu! Berikut varian Re.juve Cold-Pressed Juice yang kaya akan vitamin C seperti: U.glow, Copacabana, Crush Watermelon, Tropic Joy, Tropic Green, Tropic Golden, Glowing Apple, Golden Orange. Yuk cobain manfaatnya dan #LiveHappier bersama Re.Juve!