Ini Perbedaan Vegan dan Vegetarian Serta Pola Konsumsinya Re.Juve

Pernahkah kamu mempertimbangkan untuk berhenti mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan dan produk turunannya dengan tujuan pola hidup sehat atau secara emosional kamu merasa berempati dan peduli dengan hewan yang tidak seharusnya dijadikan konsumsi? Gaya hidup seperti ini telah semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Seperti Vegan dan Vegetarian yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mulai menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, karena kedua gaya hidup ini sama-sama hanya mengkonsumsi sayur, kacang-kacangan, dan buah-buahan (nabati). Untuk mulai menerapkannya, yuk simak apa saja perbedaan antara vegan dan vegetarian di bawah ini.

Bedanya Vegan dan Vegetarian

Serupa namun tak sama, vegan sering dikaitkan dengan vegetarian. Sebab kedua istilah ini sering disebut sebagai orang yang menjalani pola makan nabati. Keduanya sama-sama dianggap dapat dijadikan sebagai alternatif diet dalam menjaga berat badan tetap ideal, hingga mencegah terjadinya beberapa resiko penyakit bagi tubuh.

Apa itu vegan?

Vegan merupakan sebuah istilah seseorang yang melakukan gaya hidup veganisme, untuk tidak melibatkan produk hewani untuk dikonsumsi di dalam keseharian. Dengan kata lain, seorang yang melakukan gaya hidup vegan hanya mengonsumsi makanan yang vegan friendly yang terdiri dari produk non-hewani, seorang vegan juga berupaya dan peduli untuk menghindari bentuk eksploitasi terhadap hewan selain untuk dijadikan konsumsi, pakaian, kosmetik, dan tujuan lainnya.

Tipe vegan dilihat dari pola konsumsinya

Vegan sebenarnya termasuk salah satu tipe vegetarian yang sifatnya dianggap lebih ekstrim dan ketat bagi beberapa orang, hal itu karena vegan hanya mengonsumsi plant-based, yakni makanan maupun minuman yang berasal dari sayur maupun buah-buahan, vegan juga tidak memakai produk sampingan yang terbuat dari hewan untuk menghindari bentuk eksploitasi, seperti wol, kulit hewan, dan sutra. Adapun bahan makanan lain yang juga dihindari oleh vegan adalah gelatin, madu, whey, kasein, dan albumin, serta beberapa jenis suplemen yang terbuat dari atau mengandung minyak ikan maupun hewan lain, menghindari penggunaan gula yang diproses dengan arang yang berasal dari tulang hewan. 

Jika dilihat dari pola konsumsinya, Dilansir dari hellosehat, pola makan vegan terbagi menjadi dua tipe, yaitu: 

Raw vegan diet :

Vegan pada tipe ini mengonsumsi bahan makanan yang mentah, kecuali produk hewani. Hal ini diyakini dapat menghindari kemungkinan hilangnya zat gizi dalam makanan ketika dimasak pada suhu tinggi. 

Gluten free vegan diet :

Vegan pada tipe ini mengonsumsi bahan makanan bebas produk yang mengandung gluten, yang termasuk ke dalam jenis protein yang ditemukan pada makanan seperti padi-padian, gandum, serealia, dan jelai (barley).

Apa itu vegetarian?

Istilah Vegetarian telah ditemukan sejak 1839, kata ini berasal dari bahasa latin vegetus yang secara harfiah berarti berarti life (hidup), fresh (segar), namun banyak yang mengaitkannya dengan kata vegetable (sayur). Dilansir dari alodokter, vegetarian adalah gaya hidup dengan hanya mengonsumsi produk nabati. Dengan kata lain vegetarian tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, daging kambing, daging babi, daging unggas, dan makanan laut, seperti ikan dan kerang-kerangan. Beberapa jenis vegetarian menentang pembunuhan hewan untuk dimakan, namun mereka juga masih menganggap konsumsi produk sampingan hewan seperti susu, dan telur yang diterima selama hewan tersebut dipelihara dalam kondisi yang baik. 

Tipe vegetarian dilihat dari pola konsumsinya

Seorang vegetarian diklasifikasikan ke dalam tiga tipe kelompok berdasarkan pola konsumsinya, diantaranya: 

Lacto-ovo-vegetarian :

Pola makan yang tidak mengonsumsi daging merah, daging unggas, dan ikan, tetapi masih mengonsumsi telur, susu dan produk olahannya, termasuk keju dan yoghurt

Lacto-vegetarian :

Pola makan yang tidak mengonsumsi daging merah, daging unggas, ikan, dan telur, tetapi mengonsumsi susu dan produk turunannya

Ovo-vegetarian :

Pola makan yang tidak mengonsumsi semua makanan yang berasal dari hewan beserta produk turunannya, tetapi membuat pengecualian untuk telur

Resiko Vegan & Vegetarian Bagi Tubuh

Meskipun pola makan vegetarian & vegan dianggap lebih sehat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, Namun nyatanya kedua gaya hidup sehat ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lho karena dianggap dapat berkurangnya vitamin dan nutrisi seperti terutama protein, zat besi, zinc, yodium, kalsium, vitamin D, dan vitamin B12. Hal ini karena makanan yang dikonsumsi terbatas hanya bersumber dari produk nabati saja. 

Seimbangkan Kebutuhan Nutrisi Harian dan #LiveHappier Dengan Re.Juve!

Untuk mengurangi risiko terjadinya kekurangan nutrisi dan vitamin seperi yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa susun menu makanan vegan & vegetarian yang sesuai dan terukur dari kualitas bahan makanan maupun minuman yang ingin dikonsumsi sehari-harinya. Seperti dimbangi dengan mengonsumsi minuman sehat yang kaya akan manfaat, seperti Re.Juve. 

Re.Juve menggunakan teknik Cold-Pressed agar nutrisi di dalam buah dan sayurnya terjaga sehingga tidak menghasilkan panas dan oksidasi. Semua produk yang dihasilkan berasal 100% buah segar dan sayuran organik, tanpa tambahan gula dan pastinya #GOODforYou. Yuk cobain beberapa varian produk untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian dan #LiveHappier. 

Cold-Pressed Juice Classic Line

Varian ini merupakan produk Best Seller dari Re.juve yang terdiri dari 100% buah segar dan sayuran organik dan cocok untuk dikonsumsi oleh para Re.juve Lovers yang belum terbiasa mengkonsumsi jus buah dan sayur.

Cold-Pressed Juice Signature Line

Varian ini terdiri dari produk yang diperuntukkan bagi orang-orang yang sudah terbiasa mengonsumsi buah dan sayur, dan cocok untuk para vegan maupun vegetarian untuk melengkapi nutrisi vitamin harian. Karena didalamnya terdapat banyak nutrisi, serta sayur disetiap botolnya, tanpa tambahan gula.

Smoothies

Varian ini terdiri dari produk blended yang padat serat dan protein, dan mengenyangkan. Cocok untuk dijadikan meal replacement  dan nutrisi praktis untuk Re.juve Lovers yang memiliki aktivitas padat dan sekaligus untuk melengkapi nutrisi harianmu.

Cold-Pressed Almond Milk

Varian ini terbuat dari kacang almond mentah terbaik dan organic coconut sugar , cocok untuk Re.juve lovers yang vegan dan vegetarian! Kandungan almond yang banyak mengandung lemak baik juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh lho!