Ini Dia Sahur Sehat Agar Kuat Puasa Seharian

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Di antara kamu pasti sudah mulai mempersiapkan menu makanan baik untuk sahur maupun buka puasa. Pada Ramadhan 2023 ini, kita harus lebih memperhatikan nutrisi makanan sahur agar kuat puasa. Tak hanya membuat kuat puasa, makanan bernutrisi bisa bantu menjaga daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit selama puasa.

5 Nutrisi Sehat dan Contoh Makanan Sahur Agar Kuat Puasa

Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Waktu sahur adalah momen penting untuk mencukupi nutrisi makanan yang harus dipenuhi sebelum menjalankan puasa. Nutrisi tersebut sangat penting agar tubuh kuat menjalankan puasa seharian. Oleh karena itu, simak nutrisi penting berikut ini yang perlu ada di menu makanan sahur agar kuat puasa!

1. Protein 

Menu makanan sahur agar kuat puasa pertama adalah Protein. Protein berfungsi mengoptimalkan sistem kerja tubuh. Dengan mengonsumsi protein yang cukup saat sahur, tubuh dapat membentuk antibodi untuk melawan bakteri dan virus.Contoh bahan makanan yang mengandung protein adalah telur ayam, daging, gandum, dan kacang almond.

2. Lemak sehat

Lemak merupakan sumber nutrisi yang dapat membantu tubuh agar tidak mudah lemas dan tetap kuat saat berpuasa. Terdapat 2 jenis lemak, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh. Usahakan untuk mengonsumsi makanan, seperti ikan salmon, tuna, dan sarden yang memiliki lemak tak jenuh. Selain salmon, tuna, dan sarden, buah alpukat juga menjadi salah satu makanan tinggi lemak yang bisa bantu jaga kesehatan jantung.

3. Serat dari buah dan sayur

Selanjutnya, nutrisi yang harus ada saat kamu sedang sahur adalah serat. Serat dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan dapat menunda rasa lapar saat berpuasa. Di samping itu, serat juga sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat dapat kamu temukan pada buah, seperti pisang, alpukat, apel, dan pir. Tak hanya pada buah, serat juga dapat kamu temukan pada sayur seperti kangkung, bayam, kale, dan brokoli. Roti gandum, beras merah, dan kacang-kacangan juga memiliki serat yang baik bagi tubuh, lho.

4. Vitamin

Vitamin berfungsi untuk menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa. Untuk mendapatkan vitamin secara alami, kamu dapat mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin A, seperti wortel, nanas, dan ubi. Lalu, ada juga vitamin E yang terdapat pada bayam, kacang-kacangan, brokoli, dan alpukat. Tak ketinggalan, vitamin C yang sebagian besar ada pada buah-buahan, seperti apel, jeruk, nanas, dan pisang.

5. Mineral untuk cegah dehidrasi

Selama berpuasa, tubuh jadi mudah kelelahan. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi ringan. Maka dari itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya mineral saat sahur. Dengan begitu, kebutuhan mineral harian akan tercukupi agar tubuh tidak mudah lelah, tetap fokus, dan berenergi dalam menjalani hari.

Minuman yang kaya elektrolit dapat menjadi solusi menu sahur dan berbuka. Selain itu, buah dan sayur juga merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Air kelapa, merupakan salah satu contoh minuman yang mengandung elektrolit. Selain itu, jeruk, timun, stroberi, semangka, dan seledri adalah beberapa pilihan buah dan sayur yang dapat kamu sajikan sebagai makanan sahur agar kuat puasa.

Kesibukan dan rasa malas membuat kamu kesulitan dalam mempersiapkan menu sahur yang praktis dan bernutrisi. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena Cold-Pressed Juice Re.juve akan setia menemani kamu sebagai menu sahur sehat yang praktis. Re.juve juga berkomitmen untuk memberikan pilihan produk yang bernutrisi dan pastinya 100% #GoodForYou. Kandungan pada setiap botol Re.juve dapat bantu kamu penuhi nutrisi harian mulai dari vitamin, serat, dan mineral yang dapat menjaga kamu agar tetap sehat dan kuat saat puasa.

Paket Re.juve #TemanPuasa 

Pada Ramadhan 2023 ini, Re.juve menghadirkan Paket #TemanPuasa yang dapat menemani waktu sahur dan berbuka puasamu. Paket #TemanPuasa berisi varian produk, seperti Cold-Pressed Juice, Smoothies, dan Almond Milk yang memiliki kandungan serat serta nutrisi penting yang baik untuk tubuh. 

Itulah tadi beberapa contoh makanan sahur agar kuat puasa yang bisa kamu coba. Agar sahur lebih praktis, konsumsi Re.juve untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian dan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang khususnya selama bulan Ramadhan!