Ini Dia 4 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Tetap Sehat Re.juve

Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peranan sangat penting bagi kehidupan kita. Menurut National Federation Kidneys, ginjal berbentuk kacang organ seukuran kepalan tangan. Mereka terletak di bagian bawah dari tulang rusuk di belakang tubuh. Ginjal berfungsi sebagai penyaring limbah dan cairan berlebih dari darah. Darah melewati ginjal dan dibersihkan sebelum kembali ke hati.

Selain kedua fungsi tersebut, National Federation Kidneys juga menyampaikan bahwa cara kerja ginjal yang sehat adalah sebagai berikut:

  1. Ginjal bantu mengontrol tekanan darah
  2. Ginjal menghasilkan hormon dan bahan kimia yang membantu produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan tulang

Namun, ginjal yang tidak dapat bekerja dengan baik akan mengalami gangguan yang disebut penyakit ginjal. Dikutip dari halodoc.com, ketika ginjal mengalami gangguan, maka sisa-sisa metabolisme tubuh akan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, sesak nafas, dan kurang tidur. Jika tidak segera ditangani, penyakit ginjal ini pun merupakan kondisi yang cukup berbahaya loh seperti batu ginjal.

Ada yang pernah mendengar penyakit batu ginjal? Dijelaskan menurut halodoc.com, batu ginjal adalah kondisi akibat terbentuknya endapan padat di dalam ginjal yang berasal dari zat kimia dalam urine. Ukurannya pun bermacam-macam, mulai dari sekecil butiran pasir hingga sebesar kacang polong. Namun dibalik penyakitnya, kita bisa loh untuk memulai menjaga kesehatan ginjal kita agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit ginjal.

4 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Berdasarkan National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, kamu bisa mulai menjaga kesehatan ginjal kamu dengan mencegah dan mengelola kondisi tubuh tetap sehat dari penyebab kerusakan ginjal, seperti diabetes dan tekanan dari tinggi. Ada beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu lakukan. Yuk simak cara-caranya berikut:

1. Buatlah Pilihan Makanan yang Sehat

Pilih makanan yang sehat untuk jantung dan seluruh tubuh kamu seperti, buah-buahan segar, sayuran segar atau beku, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Selain itu, kamu bisa memulai untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat dengan mengurangi konsumsi garam dan gula tambahan.

Gula tambahan bisa terdapat dalam minuman yang mengandung alkohol. Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan menambah kalori ekstra, sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Oleh karena itu, disarankan untuk minum dalam batas yang sewajarnya saja, tidak terlalu berlebihan ya.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan berpengaruh pada kesehatan ginjal kamu loh. Kamu bisa menjaga berat badanmu dengan asupan nutrisi yang seimbang dan pola makan yang sehat seperti yang dijelaskan sebelumnya. Sebisa mungkin kamu juga menghindari konsumsi minuman yang memiliki gula tinggi dan berwarna agar tidak mempengaruhi berat badanmu.

3. Jadikan Aktivitas Fisik sebagai Rutinitas

Tubuh membutuhkan aktivitas fisik seperti olahraga untuk terus menjaga tubuh tetap sehat. Berikan waktu sekitar 30 menit atau lebih setiap harinya untuk berolahraga. Namun, jika tidak memungkinkan untuk olahraga, kamu dapat berjalan kaki ke kantor atau naik kendaraan umum. Ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak sempat untuk olahraga di rumah.

4. Tidur yang Cukup

Memiliki waktu tidur 7 sampai 8 jam dapat membantu kamu terhindar dari susah tidur. Selain itu, tidur dengan kapasitas waktu yang cukup bisa membantu kamu dalam meningkatkan kebiasaan tidur yang sehat. Tidur bermanfaat untuk tubuh dan organ dalam agar fungsi mereka dapat meningkat dan membantu kita dalam menciptakan hidup yang sehat setiap harinya.

Re.juve Cold-Pressed Juice Tanpa Pemanis dan Perasa Buatan, Bantu Jaga Kesehatan Ginjal Kamu

1. Glowing Golden

Re.juve Cold-Pressed Glowing Golden mengandung curcumin dari kunyit yang terkenal akan anti-inflamasinya untuk mengurangi peradangan tenggorokan, meningkatkan sistem imun tubuh, dan menjaga kesehatan pencernaan. Glowing Golden sumber vitamin B6 dan K, tinggi serat, dan tinggi mangan.

2. Minty Apple

Minty Apple cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kesehatan ginjalmu karena Minty Apple sangat menyegarkan dan memiliki sensasi dingin yang enak dan sehat. Minty Apple terdiri dari juicy apel hijau, nanas, dan mint yang bantu meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan pencernaan. Minty Apple tinggi vitamin B6, sumber vitamin C, dan tinggi mangan.

3. Crush Watermelon

Jadikan kenikmatan rasa lemon yang bercampur rasa manis dari nanas dan semangka berpadu menjadi minuman Cold-Pressed Juice yang menyegarkan tubuh dan memberikan cairan yang diperlukan untuk tubuhmu! Cold-Pressed Juice Crush Watermelon tinggi vitamin C, tinggi serat, dan tinggi mangan. Bagus untuk menjaga tubuh dan organ dalam seperti ginjal tetap sehat dan bugar.