Hari Aids Sedunia 2022 Kenali Gejala dan Cara Mencegah HIV AIDS Rejuve

Hari Aids Sedunia 2022

Setiap tahunnya pada tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari Aids Sedunia. Seperti yang kita ketahui, HIV AIDS merupakan salah satu penyakit yang terus bertambah kasusnya setiap tahun. Untuk itu, tujuan dari peringatan Hari Aids Sedunia ini adalah sebagai peringatan untuk mengingatkan kita semua akan kesadaran terhadap penyakit HIV AIDS sehingga angka penyebarannya dapat menurun. Pada tahun ini, WHO (World Health Organization) mengusung tema “Equalizeagar seluruh dunia dapat bersatu melawan penyakit HIV AIDS ini tanpa memandang ras dan suku. Lalu, apakah sebenarnya penyakit HIV AIDS itu? Simak penjelasannya dibawah ini!

Penyakit HIV AIDS

Meskipun kita sering melihat dalam penulisan HIV AIDS sering bersamaan, namun ternyata keduanya memiliki perbedaan. Dikutip dari laman alodokter.com, HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4 yang bisa memperlemah daya tahan tubuh sehingga tubuh mudah terkena berbagai penyakit. Apabila HIV  tidak ditangani segera, virus ini akan berkembang menjadi penyakit yang lebih serius. Penyakit itu kita kenal dengan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). AIDS merupakan tahap akhir dari infeksi HIV yang mana kemampuan tubuh hilang sepenuhnya dalam melawan infeksi. 

HIV akan terus berada di dalam tubuh seumur hidup pengidapnya karena sampai sekarang belum ditemukan cara penyembuhannya. Hanya saja, pengidap HIV AIDS bisa meminum obat khusus untuk memperlambat perkembangan penyakit ini.

Penyebab Penyakit HIV AIDS

Penyakit HIV AIDS merupakan salah satu penyakit yang menular. Penularannya terjadi karena adanya kontak dengan cairan penderita HIV AIDS seperti melalui darah, sperma, cairan vagina, cairan anus, bahkan ASI (Air Susu Ibu). Selain media yang disebutkan tadi, HIV AIDS tidak dapat ditularkan.

Berbagai hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi virus HIV AIDS. Contoh penyebab seseorang terinfeksi HIV AIDS adalah penggunaan jarum suntik yang sudah tidak steril, transfusi darah, dan hubungan intim.

Gejala Penyakit HIV AIDS

Ada 3 tahapan gejala apabila seseorang terkena penyakit HIV AIDS. Berikut ini tahapan-tahapan berkembangnya HIV:

Tahap 1 yaitu tahap infeksi akut yang mana sistem kekebalan tubuh orang yang terinfeksi akan membentuk antibodi melawan virus HIV. Gejalanya meliputi demam, muntah, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan lainnya.

Tahap ke 2 yaitu tahap infeksi HIV kronis (masa laten) dimana virus HIV aktif merusak daya tahan tubuh , tetapi berkembang biak dalam jumlah yang lebih sedikit. Tahapan ini berlangsung selama beberapa tahun bahkan dekade. Gejalanya yakni berat badan mulai menurun, herpes zoster, diare, mual dan muntah, pembengkakan kelenjar getah bening, dan lainnya.

Tahap terakhir yaitu memasuki masa yang kita kenal dengan istilah AIDS. Ini merupakan tahap terakhir dalam infeksi virus HIV dimana tubuh sudah tidak kebal terhadap infeksi virus yang lainnya sehingga tubuh rentan sekali terkena berbagai penyakit.

Cara Mencegah HIV AIDS

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari virus HIV AIDS. Berikut ini cara-cara yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari HIV AIDS:

1. Tidak Melakukan Hubungan Intim Secara Bebas

Karena HIV dapat tertular lewat cairan sperma baik pria maupun wanita, maka dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan intim secara bebas karena dapat meningkatkan resiko HIV AIDS. Memiliki sifat setia kepada pasangan bisa menjadi salah satu solusi agar terhindar dari hal-hal negatif lainnya.

2. Perluas Ilmu Wawasan

Perluas ilmu sedalam-dalamnya tentang penyakit yang bisa membahayakan tubuh. Hal ini dapat mencegah kita untuk melakukan kegiatan yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit berbahaya di dalam tubuh.

3. Aktif Mencari Kesibukan

Selanjutnya adalah mencari kesibukan ketika kamu memiliki banyak waktu kosong. Kamu bisa mengisinya dengan berolahraga, menonton film, membaca buku, dan aktivitas positif lainnya. Hal ini akan membuat kita terhindar dari aktivitas negatif lainnya.

Tingkatkan Imun Tubuh dengan Cold-Pressed Juice Re.juve

Saat sekarang, kita terlalu sibuk dengan pekerjaan ataupun aktivitas kita lainnya. Kita cenderung tidak terlalu memperhatikan kesehatan kita, apa yang kita makan dan apa yang kita minum. Karena itu, tubuh harus mendapatkan asupan gizi yang cukup agar imun tubuh tetap terjaga sehingga kita terhindar dari berbagai penyakit.

Re.juve Cold-Pressed Juice hadir untuk bantu kamu penuhi asupan gizi kamu. Dengan menggunakan bahan-bahan yang 100% Pure, Fresh, and Natural, Re.juve sudah pasti 100% #GOODforYou dan senantiasa bikin kamu #LiveHappier!

1. u.Glow Cold-Pressed Juice

Dibuat dengan perpaduan apik antara wortel, nanas, dan jeruk segar, u.Glow Cold-Pressed Juice mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk regenerasi sel-sel rusak seperti vitamin C, B9, K, dan serat yang tinggi.

2. Crush Watermelon Cold-Pressed Juice

Selanjutnya, Re.juve punya Crush Watermelon Cold-Pressed Juice untuk kamu. Tinggi akan vitamin C dan serat dari buah semangka, nanas, dan lemon, jus sehat yang satu ini cocok banget buat segarkan harimu!

3. Tropic Joy Cold-Pressed Juice

Tak ketinggalan, Tropic Joy Cold-Pressed Juice bisa kamu pilih sebagai minuman sehat kamu. Dibuat dengan apel, kiwi, stroberi, dan buah bit, Tropic Joy tinggi akan serat, vitamin C & K, sehingga mampu penuhi kebutuhan nutrisi dan dapat meningkatkan imun tubuh kamu.

4. Golden Orange Cold-Pressed Juice

Yang terakhir namun tak kalah penting adalah Golden Orange Cold-Pressed Juice. Dengan buah-buahan segar seperti jeruk dan nanas, minuman ini mampu menambah imun tubuh kamu dan jaga kesehatan kulit kamu karena mengandung Vitamin C, B6 dan B9 yang tinggi. Selain itu, Golden Orange Cold-Pressed Juice tinggi akan serat yang 100% #GOODforYou!