Cara Agar Suka Makan Sayur dan Buah

Tahukah kamu kalau sekitar 95% orang Indonesia kurang makan sayur dan buah? Padahal kurang asupan sayur dan buah bisa mengakibatkan masalah kesehatan, lho. Namun, tidak bisa dipungkiri kalau masih ada banyak orang yang tidak terbiasa dan suka konsumsi sayur. Nah, supaya kamu bisa tetap ternutrisi dari sayur dan buah, cek cara agar suka makan sayur di bawah ini, yuk! 

Rekomendasi Konsumsi Sayur dan Buah Menurut WHO

Menurut WHO, pola makan sehat bagi orang dewasa meliputi konsumsi buah dan sayur setidaknya 400gr sehari, atau setara dengan 4-5 porsi sayur dan buah. Konsumsi sayur yang dimaksud WHO tidak termasuk sayur berpati, seperti kentang, ubi jalar, singkong, dan umbi-umbian.  

Berdasarkan WHO, rutin mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 400gr sehari bisa membantu mengurangi potensi risiko penyakit diabetes, stroke, penyakit jantung, dan kanker. Selain menjauhkan dari risiko penyakit, mencukupi nutrisi dari sayur dan buah juga memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral harian.  

Dampak Kurang Makan Sayur

Hal pertama yang paling terasa saat tubuh kekurangan asupan sayur dan buah adalah masalah pencernaan. Kekurangan serat yang berasal dari sayur dan buah bisa meningkatkan risiko konstipasi hingga wasir. Selain serat, sayur dan buah juga sumber vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Bila kekurangan vitamin dan mineral, maka tubuh bisa mudah lelah, sering kram otot, gampang stres, dan bahkan berpotensi terkena penyakit serius lainnya. 

Cara Agar Suka Makan Sayur dan Buah

Tidak bisa dipungkiri, ada banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang tidak menyukai buah terlebih sayuran. Banyak orang tidak suka mengonsumsi sayur karena rasanya yang kurang enak dan bahkan pahit. Namun, membiasakan diri tidak tercukupi vitamin dan mineral dari sayur dan buah akan membuat tubuh rentan sakit. Padahal sesuai rekomendasi WHO, kita perlu mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah sehari, lho. Nah, coba simak 3 cara agar suka makan sayur dan buah di bawah ini! 

1. Buat jadi minuman 

Hal termudah agar kamu suka makan sayur dan buah adalah menjadikannya minuman, seperti jus atau smoothie. Mengolah sayuran menjadi jus mungkin terdengar aneh dan muncul ketakutan rasanya yang tidak enak. Karenanya, kamu bisa mencampur sayur dan buah agar rasanya lebih bisa dinikmati. Namun, not all juices are created equal. Artinya tidak semua jus memiliki kualitas dan manfaat yang sama. Maka dari itu, pilihlah jus yang memang dibuat dari buah dan sayur segar, tanpa tambahan gula, pengawet, dan bahan artifisial lainnya.  

2. Olah jadi camilan 

Cara agar suka makan sayur dan buah yang kedua adalah mengolahnya jadi camilan. Misalnya menjadi keripik bayam, kale, atau wortel. Kamu juga bisa memasukkan sayuran ke camilan yang biasa kamu masak contohnya, ketika membuat tahu goreng, kamu bisa memasukkan taoge dan wortel.  

3. Masak jadi menu favorit 

Cara yang ketiga adalah memasak sayuran jadi menu favoritmu. Misalnya saat memasak spageti, kamu bisa menambahkan sayuran hija, seperti bayam, brokoli, kale, arugula, asparagus, hingga zukini. Dengan begini kamu akan terbiasa makan sayur dan lebih mudah menerima rasanya. 

Mudah, kan, cara untuk membiasakan diri dan menyukai makan sayur? Kamu bisa coba dari mengombinasikan rasa sayur dan buah menjadi jus agar lidah bisa beradaptasi. Gak perlu repot bikin sendiri di rumah apalagi sampai harus menimbang sendiri. Kamu bisa stok 4 botol Cold-Pressed Juice dari Re.juve yang setara 2,4kg buah dan sayur segar. Apalagi saat ini ada promo bundle 4 botol Re.juve, nih! Jadi, setiap pembelian 4 botol Cold-Pressed Juice Re.juve kamu bisa menikmati potongan harga 15%, lho! Praktis banget, kan? Sehatnya dapat, hematnya juga dapat! Yuk, belanja sekarang! 

Promo Re.juve Disc. 15 Bundle 4