Manfaat Minum Jamu untuk Kesehatan Tubuh

Jamu adalah salah satu minuman tradisional yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Minuman yang berasal dari rempah-rempah dan tanaman asli Indonesia ini sudah dipercaya sejak dahulu untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, seiring berkembangnya zaman, tradisi minum jamu semakin menurun karena ketersediannya berkurang. Padahal manfaat minum jamu sangat beragam bagi kesehatan tubuh, lho. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang jamu!

Apa Saja Rempah-rempah yang Bisa Dibuat Jamu?

Jamu biasanya dibuat dari rempah-rempah yang mudah ditemukan, seperti kunyit, temulawak, kencur, lengkuas atau laos, dan jahe. Bahan-bahan tersebut bahkan sudah teruji memiliki manfaat mencegah penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan jamu yang ada sudah tercampur dengan gula sehingga manfaatnya jadi tidak maksimal. Maka dari itu, Re.juve hadir dengan varian SHOTs dan Indonesian Heritage yang membantu masyarakat Indonesia mengonsumsi jamu modern.

Varian SHOTs dan Indonesian Heritage milik Re.juve dibuat dengan rempah-rempah segar dan bukan konsentrat ataupun bubuk. Dengan begitu, kamu bisa menikmati manfaat jamu secara maksimal karena bahan-bahan yang digunakan segar dan alami! Nah, berikut ini rempah-rempah segar yang banyak digunakan dalam varian SHOTs dan Indonesian Heritage sebagai jamu modern di Re.juve!

  • Jahe

Rempah yang satu ini sangat mudah ditemukan dalam makanan dan minuman tradisional Indonesia. Salah satu efek saat mengonsumsi jahe adalah munculnya rasa hangat di tenggorokan. Ternyata, selain memberi rasa hangat bagi tubuh, jahe juga berguna untuk bantu mengatasi sakit sendi. Selain itu, jahe dikenal cocok untuk mengatasi rasa mual dan sakit perut saat menstruasi. 

  • Kunyit

Selain memberi warna kuning pada makanan dan minuman, ternyata kunyit yang mengandung kurkumin, lho. Kurkumin merupakan senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Oleh karena itu, kunyit bisa bantu menyembuhkan peradangan dan nyeri pada tubuh. Selain itu, sifat antioksidannya juga sangat baik untuk bantu menjaga kesehatan kulit.

  • Temulawak

Rempah satu ini telah menjadi salah satu bahan jamu yang populer. Ternyata, temulawak memiliki beragam manfaat bagi tubuh, lho. Apalagi temulawak juga memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, serta antibakteri. Selain itu, temulawak juga dikenal sebagai jamu untuk meningkatkan nafsu makan pada anak, lho!

  • Kencur

Rempah lain yang juga sering digunakan sebagai bahan dasar jamu adalah kencur. Salah satu jamu populer yang menggunakan rempah ini adalah beras kencur. Sama seperti rempah lainnya, kencur bisa membantu meredakan nyeri akibat sakit kepala ataupun sakit perut.

5 Manfaat Minum Jamu untuk Menjaga Kesehatan

Biasanya, jamu dibuat dari racikan beberapa rempah-rempah. Campuran rempah-rempah tersebut akhirnya menciptakan minuman tradisional yang khas dan kaya akan manfaat. Berikut ini kelima manfaat minum jamu yang bisa kamu dapatkan dengan mudah saat menikmati jamu modern dari Re.juve

1. Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, beberapa jenis rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan jamu memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat ini yang bisa membantu tubuh untuk mengurangi terjadinya peradangan. Selain itu, jamu yang mengandung jahe memiliki senyawa gingerol yang bisa mengurangi gejala flu. 

Nah, agar kamu bisa dengan mudah mengonsumsi jamu yang mengandung jahe, kamu bisa memilih Re.juve Cold-Pressed SHOTs varian Galanga Ginger atau Curcuma Ginger, Cold-Pressed Juice Firey variants, Almond Bandrek, dan Almond Kencur. Semua varian tersebut bisa membantu jaga imunitas tubuhmu, lho! 

2. Jaga Kadar Kolesterol

Manfaat minum jamu yang kedua adalah bantu menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi sumber penyakit serius lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke. Nah, ramuan jamu yang tepat seperti campuran sereh dan jahe bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kadar kolesterol nih. Kamu bisa menikmati Tropic Sereh yang merupakan salah satu varian dari Indonesian Heritage dari Re.juve. Selain itu, ada juga Celery Ginger SHOTs yang bisa bantu jaga kadar kolesterolmu.

3. Bantu Tingkatkan Nafsu Makan dan Jaga Pencernaan

Salah satu manfaat minum jamu yang cukup populer adalah bantu meningkatkan nafsu makan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, temulawak merupakan salah satu rempah yang berguna untuk bangkitkan nafsu makan. Biasanya, jamu dengan bahan temulawak cocok untuk dikonsumsi anak. Apalagi temulawak juga bisa bantu kesehatan pencernaanmu. Nah, konsumsilah Cold-Pressed SHOTs Curcuma Ginger dan Tropic Temulawak untuk bantu tingkatkan nafsu makanmu!

4. Mengurangi Rasa Nyeri

Bagi sebagian orang, jamu identik dengan orang-orang yang sudah berumur. Hal ini dikarenakan jamu mampu mengurangi rasa nyeri. Pilihan jamu yang tepat bisa bantu mengatasi rasa pegal linu dan sakit nyeri yang kamu alami. Beberapa pilihan yang cocok adalah jamu yang mengandung kencur dan temulawak. Supaya lebih mudah, kamu bisa mengonsumsi Almond Kencur dan Almond Bandrek.

5. Sumber Antioksidan

Banyak rempah khas Indonesia ternyata memiliki kandungan antioksidan, lho. Antioksidan ini sangat penting bagi tubuh untuk melawan efek radikal bebas. Pengaruh radikal bebas ternyata bisa membawa penyakit kronis seperti kanker. Nah, dengan mengonsumsi jamu secara rutin, kamu bisa mendapatkan antioksidan dari rempah-rempah, seperti temulawak dan kunyit. Varian Re.juve yang bisa kamu coba adalah Tropic Temulawak dan Turmeric Ginger Cold-Pressed SHOTs.

Kapan Waktu yang Tepat Minum Jamu?

Untuk mendapatkan manfaat jamu yang maksimal, kamu bisa mengonsumsi jamu satu kali setiap hari. Nikmati jamu sebelum makan karena efeknya baik untuk kesehatan pencernaan. Namun, kalau kamu memiliki masalah kesehatan, seperti maag atau GERD, ada baiknya konsumsi jamu setelah makan, ya!

Nah, itulah tadi kelima manfaat minum jamu dan waktu terbaik menikmatinya. Yuk, mulai konsumsi jamu agar kamu bisa merasakan manfaatnya bagi kesehatan! Pastikan jamu yang kamu pilih menggunakan bahan yang segar dan alami seperti varian Indonesian Heritage dan Cold-Pressed SHOTs. Bukan hanya banyak manfaat dan menggunakan bahan yang segar, pilihan jamu modern Re.juve bisa dengan mudah kamu dapatkan melalui website atau gerai Re.juve terdekat! Yuk, coba jamu modern dari Re.juve dan rasakan manfaatnya bagi kesehatanmu!