Detoksifikasi Saat Puasa Yang Dapat Menyehatkan Tubuh

Puasa memiliki fungsi baik bagi tubuh yang bermanfaat untuk mengistirahatkan organ, merangsang hati untuk membuang racun, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi resistensi insulin pada tubuh, dan juga meningkatkan rasa bahagia. Selain itu, puasa juga dapat dijadikan momen yang tepat untuk detoksifikasi tubuh, apabila diikuti dengan mengonsumsi menu yang sehat.

Detox Sehat Selama Berpuasa

Salah satu fungsi puasa yang memiliki banyak manfaat bagi kita adalah untuk membuang racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi. Nah, ternyata puasa bisa mempercepat proses detoksifikasi tubuh kita lho. Detoksifikasi adalah proses normal tubuh dalam membuang atau menetralkan racun yang dihasilkan dari fungsi biokimia tubuh kita. 

Bagaimana prosesnya? Ketika kita berpuasa dan makanan atau minuman tidak lagi masuk ke dalam tubuh, biasanya tubuh akan beralih ke cadangan lemak untuk menghasilkan energi. Ketika cadangan lemak dipergunakan sebagai energi, maka hal ini melepas bahan kimia yang tersimpan dalam lemak ke dalam sistem dan dibuang melalui organ pembuangan melalui feses, urine dan keringat.

Lalu, bagaimana agar puasa dan proses detoksifikasi tubuh kita bisa berlangsung optimal?

Beragam manfaat puasa telah terbukti secara ilmiah. Dilansir dari kumparan.com, menurut ahli gizi Claire Mahy menyebutkan bahwa ketika tidak mengonsumsi makanan, tubuh akan berkonsentrasi mengeluarkan racun dari tubuh dan saluran pencernaan mendapatkan waktu istirahat. Maka dari itu, melakukan detoksifikasi selama bulan puasa merupakan waktu yang tepat karena selama bulan puasa kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Namun pastikan kamu berpuasa dengan benar dan tetap mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi ya!

1. Menghindari Konsumsi Makanan yang Kurang Sehat

Kamu perlu mengurangi menu atau asupan zat yang kurang baik bagi tubuh. Cobalah kurangi mengonsumsi makanan cepat saji, gorengan, dan menu tidak sehat lainnya, baik saat sahur maupun berbuka puasa. Seperti halnya mengonsumsi makanan berminyak, dapat menyebabkan resiko munculnya kanker dan kelebihan berat badan. Selain itu, apabila makanan tersebut dikonsumsi setiap hari, akan mengganggu sistem pencernaan dan berdampak tidak baik bagi tubuh serta menghambat detoksifikasi.

2. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur penting dikonsumsi ketika sahur dan berbuka puasa. Buah dan sayur kaya akan vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang mampu membantu tubuh dalam memenuhi asupan nutrisi dan membuat rasa kenyang lebih lama. Kandungan serat yang ada pada buah dan sayur bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan yang baik untuk proses detoksifikasi selama berpuasa. Selain itu, banyak mengonsumsi buah dan sayur dapat mencegah diri dari dehidrasi selama berpuasa karena mengandung mineral sebagai asupan cairan bagi tubuh. 

3. Mengonsumsi True Cold – Pressed Juice Re.juve

True Cold-Pressed Juice Re.juve baik untuk proses detoksifikasi karena berbentuk cairan yang mudah diserap oleh tubuh dan bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Berasal dari sayur dan buah organik yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan baik untuk tubuh. Rasanya yang segar dan enak mampu mengenyangkan tubuh sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika sahur dan berbuka puasa. Setelah mengonsumsi True Cold-Pressed Juice Re.juve kamu bisa melanjutkan dengan mengonsumsi makanan pokok yang lebih berat untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.

Ketika berpuasa, tubuh tidak mengonsumsi makanan dan minuman. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk memaksimalkan proses detoksifikasi organ tubuh dengan asupan makanan dan minuman yang murni, alami, dan mengandung banyak nutrisi saat sahur dan buka puasa. Tentunya disertai dengan beberapa aktivitas pendukung lainnya agar tubuh tetap sehat selama menjalani puasa di bulan Ramadhan.

Untuk sahur dan berbuka puasa, kamu dapat memilih Almond Milk atau Smoothies Re.juve yang kaya akan protein, karbohidrat dan lemak baik yang menyegarkan serta dapat meningkatkan energi tubuhmu. 

Yuk konsumsi Cold-Pressed Juice Re.juve sebagai #TemanPuasa mu!