Buah Buahan Khas Imlek dan Manfaatnya Bagi Tubuh Re.juve

Perayaan Imlek merupakan suatu hari penting yang umumnya dilaksanakan dengan berkumpul bersama keluarga sambil memakan makanan khas Imlek yang memiliki makna tertentu di baliknya, seperti sajian buah-buahan yang hadir pada saat perayaan Imlek yang kerap dijadikan sebagai pelengkap sajian ketika berkumpul bersama keluarga. Perlu diketahui bahwa ternyata selain memiliki makna di balik tiap sajian buah-buahannya, terdapat pula kandungan yang kaya akan nutrisi, vitamin, hingga antioksidan yang baik untuk tubuh. Berikut ini merupakan daftar buah-buahan yang biasa disajikan saat Imlek.

1. Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu buah tropis yang memiliki makna keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa, karena buah ini kerap melengkapi altar persembahan kepada dewa saat menjelang Imlek. Buah naga memiliki empat macam jenis diantaranya: buah naga putih, merah, hitam dan kuning. Buah naga memiliki tekstur yang hampir mirip seperti buah kiwi ketika dikupas kulitnya, memiliki rasa manis dan sedikit asam yang unik. Selain ragam jenisnya yang bervariasi, ternyata buah naga juga memiliki segudang vitamin yang bermanfaat bagi tubuh serta aman bagi yang sedang menjalankan program diet, sebab buah naga memiliki kalori cukup rendah serta banyak nutrisi yang terkandung mulai dari vitamin C, vitamin B, kalsium, serat, fosfor, protein dan tentunya antioksidan tinggi.

2. Jeruk

Saat perayaan Imlek tiba, jeruk menjadi salah satu buah yang iconic melambangkan meriahnya perayaan Imlek. Jeruk yang marak dijual di pasaran secara import adalah jenis jeruk mandarin seperti: ponkan, lukan, swatow, kinno, dekopon, dan lain-lain. Buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan ini dijadikan sebagai salah satu buah yang selalu disajikan dalam perayaan Imlek.  Warna oranye yang cerah pada buah jeruk melambangkan ’emas’, dan secara temurun masyarakat Tionghoa mengartikan warna ini sebagai keberuntungan untuk membawa kesuksesan selama setahun. Setiap Imlek, juga terdapat tukar menukar buah jeruk  sebagai simbol keberuntungan bagi yang memberi maupun yang menerima hadiah.

3. Apel

Sama seperti kehadiran jeruk, buah apel juga dianggap sebagai pelengkap sajian dalam tradisi perayaan Imlek, makna buah apel bagi masyarakat Tionghoa memiliki arti panjang umur dan diharapkan kedamaian hidup sepanjang tahun.  Apabila dikaitkan dengan kandungan serta manfaat buah apel bagi tubuh hal ini relevan, karena buah apel memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh, seperti mencegah terjadinya kanker, penyakit jantung, dan mengontrol gula darah. Bagi masyarakat Tionghoa, apel yang disajikan pada saat Imlek biasanya apel yang berwarna merah, sebab warna merah sudah lekat dijadikan sebagai warna keberuntungan, kelimpahan, dan kebahagiaan.

4. Pir

Buah pir dalam Bahasa Mandarin memiliki makna harapan kebaikan yang akan datang di tahun mendatang. Dalam Bahasa Mandarin, buah pir disebut dengan sebutan Xiang Li yang memiliki makna dalam hal kelancaran urusan dalam hidup. Berdasarkan kandungan nutrisinya, buah pir memiliki kandungan vitamin C, flavonoid, vitamin K bermanfaat untuk tubuh dalam melawan peradangan serta membantu meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah sakit.

5. Nanas

Buah nanas memiliki vitamin C dan banyak mengandung air. Rasa manis dan segar dari buah ini menjadikan nanas dapat dikonsumsi secara langsung sebagai kudapan sehat. Pada perayaan Imlek, buah nanas ini identik juga dengan buah yang dipersembahkan di dalam rumah bagi masyarakat Tiongkok. Buah nanas dalam bahasa Hokkien disebut ong lai yang artinya “keberuntungan akan datang”. Berdasarkan hal inilah banyak yang percaya bahwa menaruh dua buah nanas di rumah saat Imlek, dapat membawa keberuntungan di tahun yang akan datang.

Lengkapi Kebahagiaan Tahun Baru Imlek dengan Kirimkan Chinese New Year Hampers Re.juve Ke Orang-Orang Terdekatmu!

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek, Re.juve menyediakan 3 paket CNY Hampers yang terdiri dari: Fortune Package, Lucky Package, Prosperity Package. Hampers ini dapat dijadikan sebagai bingkisan sehat dan penuh nutrisi, pastinya 100% #GOODForYou untuk kalian bagikan pada orang-orang terdekat di tahun kelinci ini. Tunggu apalagi? Yuk, segera pesan Hampers Chinese New Year Re.juve melalui website, atau pemesanan melalui WhatsApp.