8 Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Minum Jamu dr.Juwalita Re.juve

Jamu merupakan minuman tradisional khas Indonesia yang sering kita jumpai. Minuman ini berbahan dasar rempah-rempah yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Jenis jamu yang cukup digemari oleh kebanyakan orang adalah yang terbuat dari jahe, temulawak, beras kencur, dan kunyit. 

Nah, karena jamu merupakan minuman tradisional, maka hampir semua orang pasti sudah pernah mencobanya. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah, bolehkah Ibu hamil atau menyusui minum varian Re.juve Indonesian Heritage Jjamu) atau Cold-Pressed SHOTs?

Lalu, Apa Kata dr. Juwalita Tentang Ibu Hamil dan Menyusui Dalam Mengkonsumsi Indonesian Heritage (Jamu) dan SHOTs?

Menurut dr. Juwalita, meminum varian Re.juve Indonesian Heritage dan SHOTs diperbolehkan. Hal ini karena Cold-pressed SHOTs dibuat dari jahe, kunyit, lengkuas serta buah-buahan segar tanpa tambahan apapun. Pilihan minuman tersebut kaya akan vitamin B6. Vitamin ini memiliki efek anti mual sehingga cocok untuk ibu hamil yang masih mengalami morning sickness. Ibu yang baru melahirkan serta menyusui pun boleh mengkonsumsinya  untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Menyusui merupakan momen penting bagi ibu dan bayi. Pada momen inilah ibu dan bayi akan merasa lebih dekat berkat hubungan yang terjalin melalui pemberian ASI. Oleh sebab itu, para ibu diharapkan berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Pasalnya apa yang masuk dalam tubuh sang ibu akan berpengaruh terhadap produksi ASI dan kesehatan bayi. 

Dikutip dari popmama.com, menurut Jurnal Siklus (2018), konsumsi jamu bagi ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui tidak berbahaya. Apalagi ada beberapa bahan yang dipercaya berfungsi untuk membantu proses pemulihan sang ibu. Contohnya, kencur atau temu giring. Selain itu ada pula bahan yang bisa memicu produksi ASI.

Resep Minuman Tradisional versi Re.juve yang Kaya Rempah dan Khasiatnya

Sebagai pelopor Cold-Pressed Juice pertama di Indonesia, Re.juve tidak hanya mengeluarkan produk Cold-Pressed Juice saja, tetapi Re.juve juga menjual varian yang terinspirasi dari minuman tradisional Indonesia, lho! Varian tersebut bisa kamu temukan pada Cold-Pressed Indonesian Heritage dan Cold-Pressed SHOTs. Menariknya lagi, Re.juve Cold-Pressed Indonesian Heritage dan Cold-Pressed SHOTs kaya manfaat dan terbuat dari bahan-bahan segar serta alami. 

Re.juve Cold-Pressed Indonesian Heritage tidak menggunakan konsentrat, bubuk, maupun perasa serta pewarna buatan. Selain itu, varian ini juga bebas laktosa dan bebas gluten. Sementara itu, Cold-Pressed SHOTs terbuat dari sari rempah yang kaya nutrisi sehingga lebih sehat untuk tubuh. SHOTs didesain mungil dan cocok diminum sekali teguk. Kedua varian ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan memiliki botol yang praktis untuk dibawa kapanpun.

Dilihat dari sejarahnya, Kompas.com memberikan laporan arkeologi bahwa jamu sudah dinikmati sebagai minuman herbal yang menyehatkan sejak zaman kerajaan Mataram. Kepercayaan akan manfaat jamu terus dipertahankan hingga sekarang dengan beberapa proses yang lebih progresif dan modern.

Secara umum, jamu dapat memberikan banyak manfaat. Misalnya, dapat meredakan rasa kembung pada perut, meningkatkan daya tahan tubuh, menyegarkan tubuh, hingga meringankan pegal-pegal. Tak bisa dipungkiri jamu memiliki segudang manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Untuk itu, kamu bisa dengan mudah mengonsumsi jamu dengan memilih varian Re.juve Cold-Pressed Indonesia Heritage dan SHOTs.

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.