5 Benarkah Makanan Buah dan Sayur Baik untuk Hipertensi dr.Juwalita Re.juve

Konsumsi Buah dan Sayur Kurangi Risiko Hipertensi

Pernah mengalami hilang keseimbangan? Bisa jadi kamu mengalami tekanan darah tinggi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat atau tenang (InfoDATIN, Kemenkes RI). 

Dilansir dari medanta.org, pusing dan perasaan sedikit tidak seimbang adalah tanda peringatan stroke dini yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Gejala ini terjadi karena kurangnya suplai oksigen ke otak. Apabila kamu merasa pusing saat berdiri terlalu cepat atau menonton video yang dipercepat, kamu tidak perlu khawatir. Kamu perlu khawatir jika pusing tidak hilang untuk jangka waktu yang lama. Berbeda ketika perasaan pusing itu kamu rasakan terlalu lama, kamu bisa membuat janji atau berkonsultasi kepada dokter agar diperiksa lebih lanjut.  

Tetapi hal yang perlu digarisbawahi terkadang tingkat ketinggian darah memang harus rutin dikontrol untuk tidak menyebabkan penyakit berkelanjutan, anda bisa mengatasinya dengan rutin berolahraga, bermeditasi, jalan-jalan di taman, dan yang terpenting adalah pola asupan makanan dan minuman yang sehat

Pertanyaan untuk Dokter Juwalita

Selain mengatur kebiasaan dan gaya hidup, apakah makan makanan buah dan sayur baik untuk hipertensi?

Jawaban dari Dokter Juwalita

Spesialis ahli gizi dr. Juwalita menjawab, tentu, buah dan sayur merupakan sumber serat yang akan membantu menurunkan risiko kolesterol tinggi sebagai salah satu faktor risiko hipertensi. Selain itu kandungan kalium serta nitrat inorganik dapat membantu merelaksasi pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah, misalnya pada sayuran berdaun hijau serta buah bit.

Turunkan Darah Tinggi dengan Rekomendasi Minuman Buah Bit ala Re.juve

1. Red Rocket

Red Rocket terbuat dari kandungan Bit Segar yang bantu jaga kolesterol dan tekanan darah tetap rendah. Red Rocket juga bantu memperlancar pencernaan dalam tubuh karena Red Rocket kaya akan serat dan sumber vitamin B9 dan K. Red Rocket pas untuk kamu yang memiliki tekanan darah tinggi.

2. Firey Beat

Firey Beat mengandung Bit segar dan Timun organik yang bantu mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Firey Beat juga menjaga kesehatan kardiovaskular. Kandungan jahe dalam Firey Beat meningkatkan energi dan meringankan sistem imun tubuh. Minuman cold-pressed yang satu ini kaya serat dan tinggi mangan, serta sumber vitamin B9 dan K.

3. Beat That

Beat That cold-pressed juice merupakan cold-pressed juice dari Bit segar, Timun segar, Nanas segar, dan Apel segar yang melancarkan peredaran darah dan menjaga livermu agar tetap sehat dengan paduan jus buah yang kaya vitamin B9 dan K, sumber serat, dan tinggi mangan. Sehingga, memberikan kamu yang terbaik supaya tubuh selalu sehat. 

4. Violet Almond Milk

Violet Almond Milk berikan earthy taste dari Bit Segar yang dicampur dengan Susu Almond yang enak dan sehat. Violet Almond Milk memberikan manfaat untuk regenerasi sel, menetralkan darah, dan buat tubuh kamu jadi lebih kuat. Varian Almond Milk ini mengandung enam kali lebih banyak kacang almond dibanding dengan Almond Milk terbaik, 100% alami, cocok untuk vegan, dan tanpa pengawet.

Tentang Dokter Juwalita

dr. Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.