3 Benarkah Makan Buah dan Sayur Dapat Turunkan Kolesterol Tinggi dr.Juwalita Re.juve

Apakah kamu salah satu pecinta gorengan atau makanan yang banyak mengandung minyak? Meskipun enak, ternyata banyak mengonsumsi makanan berminyak bisa berbahaya bagi tubuh, lho. Kamu perlu waspada karena makanan tersebut berpotensi menyebabkan kolesterol tinggi. Nah, kamu bisa simak penjelasan dari dr. Juwalita selaku spesialis ahli gizi di bawah ini!

Apakah Kamu Termasuk Salah Satu yang Terkena Kolesterol Tinggi?

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh. Kolesterol membentuk sel-sel baru supaya tubuh bisa berfungsi dengan normal. Nah, kolesterol ini dibawa oleh protein dalam aliran darah. Jika kolesterol berlebih, maka bisa terjadi penumpukan pada dinding arteri. Akibatnya aliran darah pun menyempit. Aliran darah yang tersumbat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Lalu, apakah buah, sayur, dan rempah dapat membantu untuk meredakan atau menstabilkan kolesterol? Mungkinkah seseorang tetap dapat konsumsi makanan berlemak, namun hanya perlu diseimbangi dengan konsumsi buah, sayur, atau rempah?

Ini Jawaban dr. Jualita Mengenai Konsumsi Makanan Kolesterol

Menurut dr. Juwalita, kita masih bisa mengonsumsi makanan berlemak dengan jumlah tertentu. Selain itu, penting juga untuk menyeimbangkannya dengan pola konsumsi makanan dan minuman yang tinggi serat. Sayuran hijau serta bahan-bahan alami, seperti jahe dan kunyit mampu untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Re.juve Cold-Pressed Juice Bantu Jaga Kolesterol Tinggi

Untuk bantu mencukupi kebutuhan nutrisi, kamu bisa mengonsumsi jus yang kaya akan manfaat dari buah dan sayur. Cold-Pressed Juice dari Re.juve diproses secara alami dan menjaga kemurnian buah serta sayur yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu manfaat nutrisi yang diserap oleh tubuh lebih maksimal. Berikut ini beberapa pilihan Cold-Pressed Juice yang bisa bantu jaga kadar kolesterol!

1. Firey Green

Minuman cold-pressed juice yang kaya vitamin ini merupakan perpaduan bayam organik, jeruk segar, dan jahe organik. Jahe sendiri dikenal dengan anti-inflamasi yang dapat membantu jaga sirkulasi darah. Firey Green cocok untuk menyegarkan kembali tubuh serta memberi energi untukmu! Apalagi, Firey Green kaya akan vitamin C, vitamin K, dan vitamin B9.

2. Turmeric Ginger

Turmeric Ginger merupakan Cold-Pressed SHOT dari Re.juve yang yang mengandung vitamin C. Vitamin C dapat berperan sebagai anti-inflamasi. Selain itu, Turmeric Ginger tinggi akan vitamin B6, mangan, dan serat.

Ketahui Lebih Lanjut Mengenai Kolesterol Tinggi

Sebenarnya, ada dua jenis kolesterol dalam tubuh yakni, kolesterol baik atau lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) dan kolesterol jahat atau lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL). Kolesterol jahat inilah yang bisa menyebabkan penyempitan aliran darah. Sedangkan kolesterol baik dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Sehingga, tubuh dapat berfungsi dengan normal.

Tidak bisa dipungkiri, makanan yang kita makan ternyata bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Namun, tahukah kamu buah dan sayur bisa bantu turunkan kadar kolesterol? Dikutip dari eatthis.com, menurut Courtney D’Angelo, MS, RD, penulis di Go Wellness, konsisten makan buah dan sayur dapat meningkatkan senyawa penurun kolesterol penting. Senyawa tersebut disebut stanol atau sterol.

Berdasarkan laporan dari Harvard dan Clevelandclinic, beberapa macam makanan yang dianjurkan untuk menjaga kadar kolesterol, antara lain adalah terong, kacang merah, kacang almond. Selain itu ada pula buah-buahan, seperti stroberi, citrus, dan anggur serta sayuran, seperti edamame, kembang kol, tomat, dan seledri.

Selain itu, buah apel juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Pasalnya, apel memiliki jenis serat larut yang disebut pektin. Pektin biasa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Nah, setelah melihat pembahasan mengenai kolesterol di atas, ada baiknya kamu mulai membatasi konsumsi makanan berminyak. Selain itu perbanyaklah konsumsi buah dan sayur yang bernutrisi. Kalau kamu tidak sempat menyiapkan makanan yang penuh nutrisi, kamu bisa bantu lengkapi gizi yang kamu butuhkan dengan memilih Cold-Pressed Juice dari Re.juve!

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.