4 Apakah Antioksidan Pada Buah dan Sayur Bisa Cegah Kanker dr.Juwalita Re.juve

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, kita pasti akan bertemu dengan polusi. Polusi tersebut bisa berupa asap kendaraan, asap rokok, dan polusi lainnya. Nah, tahukah kamu kalau partikel-partikel dari polusi ini bisa memicu radikal bebas? Agar lebih jelas, yuk, simak pembahasaan mengenai radikal bebas dan antioksidan di bawah!

Apakah Radikal Bebas Itu?

Radikal bebas adalah zat yang terbentuk secara alami, namun bersifat reaktif dan mampu merusak molekul organ tubuh. Zat ini bisa berasal dari luar tubuh seperti, polusi udara, asap rokok, pestisida, ataupun obat-obatan. Jika dibiarkan, radikal bebas bisa membahayakan tubuh karena dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti jantung, hipertensi, bahkan kanker.

Untuk itu, antioksidan dalam hal ini bekerja untuk melawan efek dari radikal bebas. Maka dari itu, antioksidan sering dianggap sebagai tameng utama untuk tubuh. Nah, makanan seperti buah dan sayur disinyalir menjadi salah satu sumber antioksidan. Lalu, apakah ada buah dan sayur yang berkhasiat untuk membantu mencegah kanker atau membantu dalam masa recovery saat terkena kanker?

Manfaat Antioksidan dalam Mencegah Kanker Dari Pandangan Dokter Juwalita

Menurut dr. Juwalita, tentu saja buah dan sayuran mengandung antioksidan yang bantu mencegah kanker. Sebenarnya, rekomendasi mengonsumsi sayur dan buah yang disarankan adalah sebanyak 5 porsi sehari. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit kanker. Mengkonsumsi buah dan sayur juga bisa bantu penuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Antioksidan Bagi Tubuh

Dilansir dari healthline.com, para peneliti sudah mengukur kandungan antioksidan yang terdapat dalam berbagai makanan. Tes analisis Ferric Reducing Ability of Plasma (FRAP) akan mengukur kandungan antioksidan dan kemampuannya dalam menetralisirkan radikal bebas tersebut. Jika hasil tes menunjukkan nilai yang tinggi, maka antioksidan yang terkandung semakin banyak.

Nah, beberapa buah yang teruji memiliki kandungan antioksidan tinggi adalah stroberi, blueberry, goji berry, dan raspberry. Sementara untuk sayuran, kamu bisa menemukan kandungan antioksidan yang tinggi pada sayur kale, bayam, serta umbi-umbian, seperti bit. Supaya asupan nutrisimu jadi semakin mudah dan enak, kamu bisa melengkapi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi Cold-Pressed Juice dari Re.juve yang 100% #GOODforYou!

Cegah Radikal Bebas dan Sel Kanker Bersama Dengan Produk Re.juve

Intip beberapa rekomendasi produk Cold-Pressed Juice yang tidak cuma enak, namun sehat ini. Semua rekomendasi di bawah, mengandung bahan makanan yang sudah teruji memiliki kandungan antioksidan tinggi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat yang lebih baik.

1. Tropic Joy

Tropic Joy memiliki kandungan buah stroberi segar yang kaya vitamin C. Berdasarkan analisis FRAP, stroberi menyediakan hingga 5,4 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram).  Selain buah stroberi, Tropic Joy juga mengandung kandungan kiwi hijau segar, bercampur dengan nanas dan bit organik yang tinggi serat, vitamin C dan K.

2. Tropic Green

Tropic Green mengandung sayur bayam organik dengan campuran nanas dan kiwi. Perpaduan ini memberikan sensasi kesegaran yang berbeda dari minuman jus sayur pada umumnya. Apalagi, berdasarkan analisis FRAP, bayam mengandung hingga 0,9 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram). Artinya, kamu bisa bantu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan memilih Tropic Green.

3. Blazing Kale

Kale adalah salah satu sayuran bergizi karena kaya akan vitamin A, C, dan K. Berdasarkan analisis FRAP, kale memiliki antioksidan hingga 2,7 mmol per 100 gram. Kale juga merupakan sumber mineral penting yang bantu jaga kesehatan tulang. Nah, Blazing Kale yang merupakan campuran kale organik, stik seledri organik, nanas, dan buah jeruk segar ini sangat cocok dikonsumsi saat santai.

4. Beat That

Bit adalah umbi yang bisa menjadi sumber serat, kalium, zat besi, folat, dan antioksidan yang baik. Berdasarkan hasil tes FRAP, bit mengandung hingga 1,7 mmol antioksidan per 100 gram. Kamu dapat menemukan kandungan bit organik segar dalam Cold-Pressed Juice varian Beat That. Varian Beat That bisa bantu melancarkan tekanan darah dan jaga jantung agar tetap sehat.

Yuk, sama-sama kita cegah radikal bebas dengan mengonsumsi buah dan sayur yang tinggi akan vitamin serta mineral. Tak lupa, konsumsi Re.juve Cold-Pressed Juice agar tetap #LiveHappier!

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.