4 Apakah Antioksidan Pada Buah dan Sayur Bisa Cegah Kanker dr.Juwalita Re.juve

Radikal bebas adalah zat yang terbentuk secara alami saat terjadi proses metabolisme dalam tubuh. Zat ini bisa berasal dari luar tubuh seperti, polusi udara, asap rokok, pestisida, ataupun obat-obatan. Zat ini juga mampu merusak susunan sel DNA yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan melemahkan daya tahan tubuh. Jika tubuh terpapar radikal bebas secara terus-menerus bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini seperti jantung. artritis (nyeri sendi), hipertensi, Alzheimer dan demensia (penurunan daya ingat secara konstan)

Antioksidan dalam hal ini bekerja untuk melawan efek dari paparan radikal bebas tersebut karena antioksidan merupakan tameng utama untuk tubuh. Dilansir dari medicalnewstoday.com, antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh sebagai reaksi terhadap lingkungan dan tekanan lainnya. 

Antioksidan ini pada umumnya bisa didapatkan di berbagai tumbuhan atau buah-buahan yang mengandung vitamins C dan E, manfaat terbaik dari antioksidan antara lain adalah mencegah resiko kanker, penuaan dini, hingga penyakit lainnya

Pertanyaan Untuk Dokter Juwalita

Apakah ada khasiat buah dan sayuran yang dapat membantu mencegah kanker ataupun membantu dalam masa recovery saat terkena penyakit kanker?

Jawaban dari Dokter Juwalita

Menurut dr.Juwalita, tentu saja buah dan sayuran mengandung antioksidan yang membantu untuk mencegah kanker. Rekomendasi untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 5 porsi sehari di antaranya juga bertujuan untuk mencegah penyakit kanker. Pada pasien kanker yang seringkali mengalami penurunan nafsu makan ataupun sulit untuk makan karena adanya peradangan di mulut akibat efek samping radiasi, maka konsumsi smoothies dapat membantu mencukupi kebutuhan energi dan protein yang mungkin sulit dicapai. Sedangkan konsumsi juice dengan pilihan yang beragam dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral saat asupan makanan antioksidan tertinggi seperti sayur dan buah utuh sulit dicapai.

Dilansir dari healthline.com, para ilmuwan menggunakan beberapa tes untuk mengukur kandungan antioksidan makanan. Salah satu tes terbaik adalah analisis FRAP (Ferric Reducing Ability of Plasma). Ini mengukur kandungan antioksidan makanan dengan seberapa baik mereka dapat menetralkan radikal bebas tertentu. Semakin tinggi nilai FRAP, semakin banyak antioksidan yang terkandung dalam makanan tersebut.

Makanan dengan antioksidan tertinggi terdapat dalam kandungan sayur dan buah. Buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi ada buah stroberi, blueberry, goji berry, raspberry, sementara sayur kale, umbi-umbian seperti beet, dan bayam adalah makanan yang tinggi antioksidan dalam kandungan sayur. Dari kedua makanan tinggi antioksidan tersebut, Re.juve punya Cold-Pressed Juice yang 100% #GOODforYou seperti berikut!

Makanan dan Minuman Penuh Serat yang Baik untuk Turunkan Kolesterol

1. Tropic Joy

Tropic Joy memiliki kandungan buah stroberi segar yang kaya vitamin C dan antioksidan. Berdasarkan analisis FRAP, stroberi menyediakan hingga 5,4 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram).  Selain buah stroberi, Tropic Joy juga merupakan minuman cold-pressed juice yang sehat dan unik karena ada kandungan kiwi hijau segar, dicampur dengan nanas segar dan bit organik yang tinggi serat, vitamin C dan K.

2. Tropic Green

Tropic Green mengandung sayur bayam organik dengan campuran buah nanas dan buah kiwi berikan sensasi minum jus segar dan sehat. Berdasarkan analisis FRAP, bayam sendiri menyediakan hingga 0,9 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram). Antioksidan ini bantu melawan radikal bebas dari waktu ke waktu. Tidak hanya itu, campuran kiwi hijau segar dengan nanas segar dan apel segar bantu jaga kesehatan kulitmu karena Tropic Green tinggi serat.

3. Blazing Kale

Kale adalah sayuran yang bergizi karena kaya vitamin A, C, dan K. Berdasarkan hasil FRAP, kale memiliki antioksidan hingga 2,7 mmol 100 gram. Kale juga merupakan sumber mineral penting yang jaga kesehatan tulang. Re.juve Cold-Pressed Juice menyediakan Blazing Kale yang tinggi vitamin K cocok untuk diminum saat santai karena rasanya yang segar dan unik dari campuran kale organik, stik seledri organik, buah nanas, dan buah jeruk.

4. Beat That

Beet adalah umbi yang memiliki sumber serat, kalium, zat besi, folat, dan antioksidan yang baik. Berdasarkan analisis FRAP, buah bit sendiri bisa mengandung hingga 1,7 mmol antioksidan per 100 gram. Beet yang kaya manfaat untuk kesehatan termasuk mencegah resiko kanker ini ada dalam satu botol True Cold-Pressed Juice Re.juve varian bit, yaitu Beat That. Beat That bantu melancarkan tekanan darah dan jaga jantung kamu tetap sehat.

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.