7 Manfaat Sayur Kale Bagi Tubuh Re.Juve

Kale merupakan jenis sayuran hijau yang ciri fisiknya sekilas mirip dengan selada dan bok choy Kale termasuk jenis sayuran cruciferous yang masih satu kerabat dengan bok choy. Kale mempunyai tekstur permukaan keriting, lebih kasar, dan kaku daripada dua jenis sayuran tersebut. Biasanya kale kerap ditemukan sebagai campuran menu salad dengan dimakan mentah ataupun diolah menjadi jus sehat yang kaya akan manfaat. Selain itu kale juga dapat dikonsumsi dengan cara dimasak untuk menghilangkan rasa pahitnya ketika dimakan mentah, tetapi tentunya kandungan nutrisi dan manfaat yang terkandung di dalam kale akan berkurang. Dilansir dari halodoc, kandungan nutrisi yang dapat hilang di dalam sayuran kale ini ada antioksidan, vitamin C, dan beberapa mineral lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Untuk lebih lengkapnya terkait manfaat apa saja yang terkandung dalam sayur kale bagi tubuh, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kale merupakan salah satu sayur-sayuran yang rendah kalori, namun akan tetap terasa kenyang apabila kamu mengonsumsi jenis sayuran ini. Dilansir dari Healthline, kale memiliki kandungan air yang tinggi, serta kepadatan energi yang rendah. Mengonsumsi banyak makanan dengan kepadatan energi rendah telah terbukti membantu penurunan berat badan dalam berbagai penelitian. Hal itu karena, kale juga mengandung sejumlah kecil protein dan serat yang merupakan nutrisi terpenting apabila kamu ingin menurunkan berat badan.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan dalam sayur kale memiliki manfaat untuk mencegah kanker, zat yang terkandung pada sayuran ini adalah sulforaphane dan indole-3-carbinol. Kedua zat senyawa ini merupakan kandungan yang biasanya ditemukan dalam keluarga sayuran cruciferous yang sangat bermanfaat untuk tubuh dalam mencegah resiko penyakit kanker.

3. Mengurangi Resiko Kolesterol dan Serangan Jantung

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh organ hati pada tubuh manusia secara alami, dan berasal dari makanan hewani. Kolesterol berfungsi untuk menghasilkan asam empedu, yaitu zat yang membantu tubuh mencerna lemak.  Ketika semua lemak telah diserap dan menghasilkan asam empedu, lemak diserap kembali ke dalam aliran darah dan digunakan kembali. Apabila tubuh mengonsumsi terlalu banyak makanan hewani, kadar kolesterol dalam tubuh bisa meningkat dan berbahaya bagi tubuh, karena fatal bisa juga memicu penyakit lainnya seperti jantung. Kale sebagai sayur yang memiliki segudang manfaat, ternyata juga memiliki kandungan sekuestran asam empedu yang berguna untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Senyawa ini akan bertambah apabila mengonsumsi sayuran kale dengan cara dikukus.

4. Mengurangi Resiko Osteoporosis

Kandungan lainnya yang terdapat dalam sayur kale adalah Vitamin K. Vitamin K dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pembekuan darah. Vitamin K sangat penting bagi tubuh, karena bila tubuh kekurangan vitamin K, darah akan sulit membeku. Selain itu, Vitamin K juga berfungsi untuk mengaktifkan protein tertentu seperti osteocalcin dalam tubuh dan memberi mereka kemampuan untuk mengikat kalsium fosfat dalam tulang dan mencegah penyakit osteoporosis. Dilansir dari Healthline, kandungan Vitamin K yang terdapat pada Kale merupakan jenis K1. Secangkir kale mengandung 7 kali angka kecukupan gizi harian untuk vitamin K.

5. Mengurangi Tanda Penuaan Pada Kulit

Sayur kale juga memiliki zat kandungan yang tinggi akan antioksidan bagi tubuh. Diantaranya adalah quercetin flavonoid, kaempferol, beta-karoten, vitamin C, dan polifenol. Antioksidan berfungsi untuk membantu menangkal kerusakan oksidatif oleh radikal bebas di dalam tubuh.  Dilansir dari Healthline, kale juga sangat tinggi vitamin C, antioksidan yang memiliki banyak peran penting dalam tubuh. Satu cangkir kale mentah sebenarnya mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Antioksidan juga dapat berperan untuk kulit yang pertama untuk mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus pada wajah. Jika jumlah radikal bebas terlalu banyak di dalam kulit, akan terjadi proses penuaan dini di kulit dengan cara mengurangi produksi kolagen, menghambat proses perbaikan alami kulit, dan memicu peradangan. 

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lainnya yang terdapat dalam sayur kale adalah zat karatenoid seperti lutein dan zeaxanthin. Zat alami lutein yang ditemukan dalam sayur kale adalah yang tertinggi. Lutein, berperan seperti antioksidan karotenoid lainnya, penting untuk menjaga kesehatan mata, termasuk mencegah degenerasi makula terkait usia dini, pembentukan katarak, dan kerusakan penglihatan. Selanjutnya, dengan mengonsumsi kale, kamu bisa menuai manfaat dari karotenoid lain, seperti zeaxanthin yang dapat menjadi pelindung mata yang kuat. 

7. Melancarkan Pencernaan

Sayur kale merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang tinggi serat dan bersifat alkali yang dapat membersihkan usus dan melancarkan pencernaan. Pada sayur kale juga terdapat lemak omega 3 yang disebut alpha linolenic acid, yang merupakan jenis lemak yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh jika dikonsumsi tubuh secara teratur. 

Atas segudang manfaat yang terdapat pada sayur kale, tak heran jika kale dijuluki sebagai queen of vegetables. Apabila kamu ingin merasakan banyaknya manfaat dari sayuran kale, meminum jus dengan kandungan sayur kale dapat dijadikan alternatif lain. Kale merupakan salah satu jenis sayuran yang ada dalam komposisi jus detoks untuk tubuh loh!

Rasakan 7 Manfaat Sayur Kale di Dalam Cold Pressed Juice Re.juve!

Re.juve Cold-Pressed Juice terbuat dari 100% buah segar dan sayuran organik yang 100% #GOODforYou. Cold-Pressed Juice Re.juve tanpa gula, tanpa pengawet buatan, dan tanpa konsentrat sehingga aman untuk dikonsumsi. Kandungan kale sebagai ratu sayuran ini juga sudah dapat kamu temukan segudang manfaatnya di dalam varian Re.Juve Cold-Pressed Juice seperti: Blazing Kale Cold-Pressed Juice, Dazzling Kale Cold-Pressed Juice, dan Green Celery Cold-Pressed Juice yang praktis, bantu lengkapi asupan nutrisi, dan vitamin terbaik bagi tubuh mu! Yuk cobain manfaatnya dan #LiveHappier bersama Re.Juve.