7 Jenis Olahraga Efektif yang Bisa Dilakukan di Rumah Rejuve

Siapa disini yang masih meragukan jalan kaki? Tahukah kamu, jalan kaki merupakan salah satu bentuk cara kita untuk mendapatkan tubuh yang sehat loh. Membiasakan jalan kaki membuat tubuh menjadi lebih terbiasa untuk bergerak. Jika setiap hari kamu pergi dan pulang pakai transportasi online, mungkin kamu tidak akan merasakan khasiatnya olahraga efektif seperti jalan kaki untuk tubuh kita agar lebih bugar.

Selain jalan kaki, ada 7 jenis olahraga efektif yang bisa kamu lakukan di waktu senggang. Yuk, simak olahraganya berikut ini!

7 Jenis Olahraga Efektif di Rumah

1. Yoga

Yoga adalah salah satu olahraga yang tekniknya dapat kamu pelajari hanya dengan menggunakan alas, atau jika kamu tidak punya alas seperti matras pun tidak masalah. Hellosehat.com menjelaskan bahwa rutin beryoga akan mengasah fokus mental kamu dan membuang racun keluar dari dalam tubuh. Kamu bisa mengikuti beberapa teknik yoga di sini

2. Pilates

Ingin memperkuat otot sekaligus meningkatkan keselarasan dan fleksibilitas postur tubuh, kamu bisa mencoba olahraga yang satu ini, yaitu pilates. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti serangkaian gerakan dari pilates, namun kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal yang sudah dirangkum oleh Self.com disini sebelum kamu memulai pilates.

3. Senam Aerobik

Senam merupakan olahraga yang bisa kamu lakukan juga di rumah. Senam aerobik tidak membutuhkan alat-alat berat yang biasa kamu temukan di gym untuk memulai olahraga sehingga untuk kamu yang masih pemula dalam menekuni olahraga, senam aerobik adalah pilihan yang pas buat kamu.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjelaskan dalam artikelnya bahwa senam sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Orang-orang yang terlibat senam akan berkembang daya tahan ototnya, kekuatannya, kelenturannya, kelincahan, serta keseimbangan.

4. Interval Training

Untuk kamu yang ingin mendapatkan berat badan ideal dengan olahraga yang efektif, kamu bisa mencoba Interval Training. Dikutip dari Halodoc, High-intensity training (HIIT) atau olahraga intensitas tinggi dalam waktu singkat dapat membakar cukup banyak kalori dan lemak dalam tubuh kamu tanpa perlu menghabiskan waktu berjam-jam.

HIIT menjadikan rutinitas olahraga menyenangkan karena HIIT membakar lebih banyak kalori, menghemat waktu, dan mencegah berbagai penyakit datang. HIIT adalah jenis olahraga efektif yang cukup menguras tenaga namun hasilnya pasti worth it!

Olahraga HIIT tidak disarankan untuk penderita jantung dan paru-paru karena dikhawatirkan olahraga ini terlalu berat ketika dilakukan. Namun, kamu masih dapat melakukan olahraga yang lebih ringan seperti yoga dan pilates.

5. Naik Turun Tangga

Selain keempat olahraga di atas, kamu juga bisa mencoba gerakan olahraga naik turun tangga yang bermanfaat untuk mengaktifkan otot kaki, paha, lengan, hingga punggungmu sehingga menjadi lebih kuat dan sehat. Menurut Alodokter, saat naik-turun tangga, kepadatan tulang akan meningkat dan mencegah risiko osteoporosis loh. 

6. Plank

Buat kamu yang sudah mengikuti beberapa olahraga di atas, kamu bisa menambah tekanan dalam olahraga kamu melalui gerakan plank. Plank dikenal memiliki posisi hampir mirip dengan push-up. Namun yang membuat plank banyak digemari atau bahkan dihindari oleh pecinta olahraga karena plank melatih otot inti tubuh seperti, pinggul, punggung, dan perut secara bersamaan dalam waktu tertentu. 

Dalam kurun waktu 30 menit inilah yang menjadikan plank sebagai gerakan olahraga paling dikenal karena semua otot inti akan dikuatkan dengan membakar kalori lewat gerakan plank. Dikutip dari cnnindonesia.com, semakin banyak pengulangan latihan plank, maka semakin banyak kalori yang dibakar.

7. Squat

Noam Tamir, C.S.C.S., CEO dan founder dari TS Fitness di New York City menjelaskan dalam artikelnya How to Do Squats: Correct Form, Mistakes, and Variations bahwa squat adalah latihan fungsional yang bermanfaat bagi kesehatan sendi dan otot kamu serta postur kamu–yang semuanya penting untuk meningkatkan bentuk dan kecepatan lari kamu. 

Gimana Re.juve Lovers, mudah untuk diikuti kan? Re.juve Lovers bisa lakukan ini sekitar 2 – 3 dalam seminggu agar tubuh yang belum terbiasa untuk melakukan gerakan olahraga, bisa menyesuaikan secara perlahan-lahan. Jika tubuh sudah mulai bisa menyesuaikan, Re.juve Lovers akan lebih mudah untuk melakukan gerakan yang lebih berat sekalipun. Gerakan olahraga ini tentu membutuhkan pasokan energi yang mendukung tubuh agar tetap kuat.

Re.juve punya olahan minuman Cold-Pressed yang bisa bantu tubuh kamu agar tetap dapat aktif meskipun hanya di rumah saja, yakni Cold-Pressed Elixirs! Cold-Pressed Elixirs menyediakan berbagai minuman cold-pressed elektrolit yang bisa kamu jadikan teman olahragamu kapan pun dan di mana pun. Variannya pun banyak dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan jenis olahraga yang kamu sukai. 

Re.juve Cold-Pressed Elixirs Balikin Semangat Olahragamu!

Untuk menjaga agar tubuh kamu terhindar dari dehidrasi saat kamu berolahraga, kamu bisa mencoba Re.juve Cold-Pressed Elixirs yang menyegarkan dan balikin semangat olahraga kamu jadi 100% full yang #GOODforYou! Re.juve Cold-Pressed Elixirs adalah minuman elektrolit yang dibuat untuk menunjang aktivitas olahraga sampai dengan maksimal!

Ada 3 varian Re.juve Cold-Pressed Elixirs yang bisa kamu coba dan semuanya bikin tubuh jadi terhidrasi dengan baik loh!

1. Tropic Chia Cold-Pressed Elixirs

Tropic Chia adalah minuman menyegarkan yang sempurna untuk menjaga tubuhmu agar tetap berenergi dan bisa mendinginkan tubuh kamu setelah kamu berolahraga. Kandungannya terdiri dari nanas, air kelapa, lemon, dan biji chia tinggi vitamin C, serat, dan mangan.

2. Copacabana Cold-Pressed Elixirs

Olahraga serasa lagi di pantai? Ini dia Copacabana, Cold-Pressed Elixirs yang berikan kesegaran saat olahraga rasanya seperti sedang santai di pantai. Rasakan dalam setiap tegukan Copacabana, keseimbangan yang tepat dari air kelapa segar dan nanas dengan sedikit garam laut yang kaya akan vitamin C, serat, dan mangan.

3. Tropic Turmeric Cold-Pressed Elixirs

Tropic Turmeric adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang datang bulan namun ingin tetap aktif dan berolahraga. Kandungan vitamin C, B8, dan zat besi, bantu jaga sistem imunitas tubuh jadikan Tropic Turmeric minuman elektrolit yang menambah energimu saat olahraga!