5 Manfaat Vitamin C Untuk Tubuh

Selama menjalani aktivitas tubuh akan rentan terserang penyakit karena kita kerap kali melupakan nutrisi makanan yang sehat dan baik untuk tubuh. Tidak hanya itu saja, kita banyak beraktivitas diluar rumah yang menyebabkan rentan terkena radikal bebas dari asap rokok dan asap kendaraan. Untuk itu, sangat penting mengatur makanan yang bernutrisi agar dapat menjalani kegiatan dengan lancar tanpa terserang penyakit. Sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh selama beraktivitas penuh adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai nutrisi yang terdapat pada buah dan sayur, namun tahukah kamu pentingnya memenuhi kebutuhan vitamin C per hari akan memiliki banyak manfaat bagi tubuh?

5 Manfaat Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu vitamin penting yang mendukung fungsi tubuh. Merupakan kategori vitamin yang larut air, vitamin C tidak dapat diproduksi dan disimpan sendiri oleh tubuh sehingga kita perlu mengonsumsinya untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Dalam memenuhi kebutuhan vitamin C, kamu bisa mendapatkannya dari buah dan sayuran seperti jeruk, brokoli, lemon, paprika, stroberi, kentang, apel, jeruk, nanas, dan pisang. Seperti kita ketahui, sumber vitamin C terbaik berasal dari buah dan sayur, untuk itu sangat penting bagi kita untuk dapat mengonsumsi setiap harinya. Selain sebagai pendukung fungsi tubuh, vitamin C juga memiliki banyak manfaat. Yuk simak apa saja manfaat vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh! 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi vitamin C yang cukup akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh khususnya selama sedang berkegiatan. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel kekebalan tubuh dari bahaya radikal bebas. Selain itu vitamin C dapat mendorong produksi sel darah putih atau yang disebut dengan limfosit dan fagosit yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Aktif beraktivitas diluar rumah dan rentan terkena radikal bebas seperti asap rokok dan asap kendaraan, maka dari itu sangat penting untuk konsumsi vitamin C harian yang cukup.

2. Mencegah anemia

Selama sibuk berkegiatan di luar rumah, terlebih ketika terkena sinar mata hari langsung  kita kerap kali merasa pusing dan cepat lelah. Hal ini bisa saja karena kita mengalami anemia. Dengan mengonsumsi vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi yang memiliki peranan penting bagi tubuh. Zat besi dapat membantu memproduksi hemoglobin yang merupakan bagian dari sel darah merah untuk membawa oksigen. Maka dari itu, sangat penting mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C pada menu sarapan, makan siang, ataupun makan malam-mu.

3. Mengurangi risiko penyakit kronis

Vitamin C memiliki antioksidan alami yang bermanfaat untuk melindungi tubuh karena adanya zat yang dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Kerusakan yang dapat ditimbulkan apabila terpapar radikal bebas antara lain adalah kanker, pengerasan pembuluh darah serta penyakit jantung. Umumnya, radikal bebas berasal dari polusi udara, asap rokok, dan radiasi, Dengan mengonsumsi vitamin C dapat berfungsi menjaga kesehatan dan mencegah penyakit karena vitamin C dapat menjalankan tugasnya yang berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

4. Mengontrol tekanan darah

Vitamin C juga sangat cocok bagi kamu yang mengalami hipertensi. Menurut hellosehat.com berbagai penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C bisa menurunkan tekanan darah bahkan pada penderita hipertensi. Dikutip dari liputan6.com vitamin C dapat membuat saluran darah menjadi rileks. Agar tekanan darah tetap stabil kamu juga dapat mengimbanginya dengan mengurangi  konsumsi makanan yang mengandung garam. 

5. Menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit penting dilakukan agar kulit menjadi lebih cerah dan segar serta menjadi penunjang penampilan untuk kebanyakan orang. Aktivitas diluar ruangan dapat memapar kulit dari sinar UV yang menjadi salah satu efek dari radikal bebas. Dengan mengonsumsi vitamin C dapat membentuk kolagen dalam tubuh yang berperan menjaga kesehatan kulit, dimana kolagen dapat membantu mencegah penuaan dini, membantu meremajakan kulit, dan membuat kulit lebih segar dan cerah. Menurut hellosehat.com vitamin C dapat membantu memperlambat kerja melanosit yaitu sel yang memproduksi warna gelap pada kulit. 

Manfaat diatas menunjukkan bahwa vitamin C memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh. Karena itu, pentingnya menjaga asupan makanan dan minuman menjadi fokus utama agar tubuh mendapat kandungan vitamin C harian cukup sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. 

Untuk memenuhi asupan vitamin C yang baik bagi tubuh, Re.juve memproduksi jus sehat yang kaya akan vitamin C dan dikemas dalam bentuk cold-pressed juice sehingga mudah dikonsumsi dan 100% #GOODforYou. Cold-Pressed Juice Classic Line dibuat dari 100% buah dan sayuran yang didominasi oleh vitamin C seperti apel, bayam, jeruk, dan nanas. Varian ini sangat baik untuk menjadi pendamping ditengah kesibukanmu. 

Yuk jaga tubuh agar tetap sehat selama beraktivitas, bersama Re.juve yang dapat membantu penuhi vitamin C harian tubuhmu!