buah hati

Buah dan sayur memang menjadi makanan yang direkomendasikan setiap orang untuk diberikan pada sang buah hati. Buah dengan rasa manis akan menggugah selera anak untuk makan, ditambah kandungan serat, vitamin, serta nutrisi lain yang baik bagi anak. Begitu juga dengan sayuran hijau yang kaya akan serat, antioksidan, mineral, dan lain-lain yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Kebutuhan Serat Harian Anak

Serat adalah salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh semua orang, termasuk oleh anak. Serat dapat melancarkan BAB, mencegah ambeien, menormalkan gerakan usus, dan lain-lain. Namun tahukah kamu berapa jumlah serat yang dibutuhkan oleh anak?

Ternyata, si Kecil harus mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup lho! Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, AKG pada anak dibagi berdasarkan umur mereka, yaitu: 

1. Anak balita dengan umur 1 – 3 tahun harus mengonsumsi 19 gram serat dalam satu hari.

2. Sedangkan anak berusia 4 – 8 tahun harus mengonsumsi 25 gram serat setiap hari.

3. Anak laki-laki berusia 9 – 13 tahun harus mengonsumsi 31 gram, sedangkan remaja laki-laki berusia 14 – 18 tahun harus mengonsumsi 38 gram serat per hari.

4. Anak perempuan dengan usia 9 – 13 tahun dan gadis remaja berusia 14 – 18 tahun harus mengonsumsi serat sebesar 26 gram dalam satu hari.

Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa anak bayi tidak memerlukan asupan serat tambahan, karena telah dapat diperoleh melalui konsumsi ASI. Secara umum dapat dikatakan bahwa si Kecil membutuhkan serat sebanyak 25 – 35% dari seluruh makanan yang ia konsumsi setiap harinya. Sedangkan orang dewasa membutuhkan serat sekitar 50% dari total makanan yang dikonsumsi per hari. 

Manfaat Serat Untuk Si Kecil

Ketika kita membaca mengenai manfaat serat, hal pertama yang akan disinggung pastinya adalah mengenai kesehatan atau kelancaran sistem pencernaan. Sebenarnya, serat bermanfaat bagi banyak hal lainnya lho! Yuk simak lima manfaat serat seperti berikut:

1. Menjaga Sistem Pencernaan si Kecil

Wasir atau ambeien dapat terjadi pada anak kecil juga lho! Biasanya, anak yang kurang mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur akan susah buang air besar. Kemudian, fesesnya akan keras. Apabila kondisi ini dibiarkan terjadi, anak bisa jadi terkena sembelit. 

Nah, sembelit yang juga tak ditangani dapat menyebabkan ketidaknyamanan hingga rasa sakit ketika BAB, dan selanjutnya akan berujung menjadi penyakit wasir atau ambeien. 

Maka dari itu ajaklah si Kecil untuk mengonsumsi serat. Serat dapat menambah berat dan ukuran feses karena memiliki sifat yang menyerap air. Serat juga dapat membuat feses menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan. Ketika sistem pencernaan optimal, maka tubuh akan secara otomatis dapat mengatur kebiasaan buang air besar dan dapat meminimalisir risiko sembelit atau konstipasi yang dapat menjadi hal yang sangat tidak nyaman bagi anak-anak.

2. Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat serat yang kedua adalah untuk menjaga daya tubuh si Kecil agar tetap prima. Daya tahan tubuh yang baik berhubungan erat dengan sistem pencernaan yang sehat. Bakteri baik atau yang dikenal sebagai probiotik hidup di dalam usus untuk menjaga kesehatan usus. Selain itu, di dalam usus juga terdapat jaringan limofid yang mengandung banyak sekali sel imun seperti sel plasma, sel mast, dll. 

Maka dari itu, jika saluran pencernaan dalam keadaan yang sehat, kemudian proses penyerapan nutrisi berjalan lancar, maka asupan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh akan dapat terpenuhi. Namun, apabila bakteri baik (probiotik) dalam usus menurun, penyerapan nutrisi melambat dan terhambat. Sehingga kekebalan tubuh si Kecil pun melemah.

3. Menjaga Berat Badan Ideal Anak

Makanan dengan rasa manis memang menggugah selera makan anak. Namun, tak semua makanan menggunakan gula yang baik dengan kadar yang normal untuk kesehatan anak. Anak lebih baik mengonsumsi makanan yang tinggi serat karena cenderung membuat anak merasa kenyang lebih lama ketimbang mengonsumsi makanan rendah serat namun tinggi gula. 

Rasa kenyang yang lama akan membuat si Kecil makan dengan secukupnya. Berat badan memang menjadi salah satu indikator tumbuh kembang anak, ada baiknya berat badan anak dijaga agar tetap ideal supaya tubuh si Kecil sehat dan tetap aktif mengeksplor hal baru.

4. Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Masih berhubungan dengan bakteri baik atau probiotik yang hidup di usus, ternyata, usus membutuhkan sekitar 80% bakteri baik agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik lho! Namun bila jumlahnya berkurang, keseimbangan tubuh akan terganggu dan menimbulkan banyak masalah kesehatan.

Bakteri baik atau probiotik ini tidak hanya berpengaruh untuk metabolisme tubuh, namun juga dapat memengaruhi perkembangan otak si Kecil. Kondisi usus yang seimbang akan menjaga mood anak tetap stabil sehingga dapat berpikir dengan baik saat belajar maupun secara umum.

5. Mengoptimalkan Penyerapan Kalsium

Kalsium merupakan salah satu zat yang terkenal amat dibutuhkan bagi tubuh, terutama bagi anak yang masih berada dalam masa tumbuh kembangnya. Kalsium dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang serta gigi si Kecil. Mengonsumsi serat dapat membantu mengoptimalkan berbagai penyerapan nutrisi, salah satunya adalah kalsium.

Cukupi Kebutuhan Serat Si Kecil dengan Re.juve

Konsumsi buah dan sayur terkadang menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para orang tua. Rasa dan tekstur yang aneh membuat anak seringkali menolak memakan sayur dan buah, padahal kedua jenis makanan tersebut amat penting bagi kesehatan tubuh anak. Salah satu cara untuk menarik anak agar mau mengonsumsi makanan yang belum pernah ia coba adalah dengan presentasi makanan yang bagus. Seperti warna makanan yang cerah, sehingga anak menjadi tertarik untuk mencobanya. Selain itu, rasa juga memiliki peran penting dalam menentukan apakah makanan tersebut akan dikonsumsi anak atau tidak. Anak cenderung lebih suka makanan atau minuman yang terasa manis, segar, dan dingin. Apalagi jika dikonsumsi di siang hari yang panas. 

Re.juve punya solusi praktis yang enak dan kaya manfaat untuk penuhi kebutuhan serat si kecil lho! Salah satu varian dalam produk Re.juve adalah classic line yang terasa manis dan menyegarkan, cocok untuk si Kecil. Rasa manis ini didapatkan dari jus nanas honi yang terkenal sebagai nanas termanis di dunia. Beberapa varian produk classic line  dari Re.juve yang tinggi serat adalah:

1. Crush Watermelon 250 ml yang mengandung 5 gram serat pangan.

2. U.glow 250 ml yang mengandung 5 gram serat pangan.

3. Golden Orange 250 ml, mengandung 5 gram serat pangan.

4. Glowing Apple 250 ml, mengandung 4 gram serat pangan.

5. I.Glow 250 ml, mengandung 3 gram serat