Banner Blog Week 27 2

Kalian pasti sering mendengar bahwa kegiatan fisik seperti olahraga harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain kesehatan tubuh secara fisik, olahraga juga dapat memberikan manfaat lain yaitu memelihara fungsi organ, meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh dan juga menjaga kesehatan mental seseorang.

Meskipun kita sering mendengar tentang manfaat olahraga, namun seringkali kita lupa untuk melakukannya. Semasa sekolah, olahraga terasa mudah untuk dilakukan karena telah terjadwal. Namun ketika masuk ke sekolah tinggi atau dunia kerja, olahraga menjadi hal yang mudah terlupakan seiring memadatnya jadwal keseharian.

Manfaat Olahraga

Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Maka itu cobalah merutinkan jadwal olahragamu kembali. Berikut beberapa manfaat olahraga bagi tubuh yang bisa kamu dapatkan:

1. Menghilangkan Stres

Selain dapat menyehatkan tubuh secara fisik, olahraga juga ternyata memiliki dampak yang baik bagi kesehatan mental lho. Olahraga dapat mengubah senyawa kimia di otak dengan memproduksi zat serotonin dan endorfin yang dapat membuat suasana hati menjadi senang. Ketika mood memburuk, olahraga dapat menjadi suatu solusi sederhana yang dapat dicoba. Agar hasil olahraga lebih maksimal, cobalah melakukan olahraga yang kamu suka. Faktanya, olahraga tak perlu dipraktikkan di gym, beberapa olahraga ringan seperti jogging, zumba, menari, dan jalan kaki juga dapat menjadi pilihan olahraga yang efektif dan menyenangkan.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kekurangan tidur merupakan suatu hal yang amat fatal. Apabila seseorang tidak tidur dengan cukup, tubuh akan mulai merasa tegang, cepat merasa lelah, pusing, bahkan membuat emosi seseorang menjadi tidak stabil. Maka itu, tubuhmu memerlukan waktu untuk relaksasi.Olahraga dapat merangsang proses relaksasi ketika seseorang tidur. Peningkatan suhu tubuh selama berolahraga juga dianggap meningkatkan kualitas tidur.

3. Mencegah dan Meringankan Nyeri Punggung

Salah satu keluhan yang seringkali dialami oleh orang dewasa dan lansia adalah nyeri punggung. Beberapa hal yang dapat memicu hal ini bervariasi, seperti posisi tidur atau duduk yang salah, jarang melakukan stretching, cedera, saraf kejepit, dan lain-lain. Nyeri pada bagian punggung ini dapat dicegah dengan meregangkan otot punggung secara berkala atau dengan berolahraga rutin. Dengan rutin berolahraga, otot-otot tubuh akan menjadi lebih lentur dan kuat sehingga mampu menopang sendi ataupun tulang belakang dengan lebih baik. Beberapa jenis olahraga yang baik untuk meregangkan otot punggung adalah renang, sepeda, yoga dan pilates. Namun, apabila rasa sakit tak kunjung reda, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

4. Memperbaiki Fungsi Otak

Berolahraga secara rutin juga dapat memperbaiki fungsi otak dan memori. Ketika kita berolahraga, detak jantung akan bertambah sehingga meningkatkan aliran darah serta oksigen yang diangkut ke otak. Selain itu, kegiatan fisik juga dapat menstimulasi produksi hormon yang meningkatkan sel otak. Maka dari itu olahraga juga dapat membantu otak untuk berpikir. Olahraga juga dapat mengurangi tingkat keparahan penyakit gangguan ingatan pada lansia serta mengurangi risiko alzheimer. 

5. Membantu Kamu untuk #LiveHappier

Olahraga secara teratur dapat mengurangi berbagai risiko gangguan kesehatan. Termasuk gangguan jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi peluang terjangkit penyakit seperti flu dan demam.Olahraga juga dapat menambah sensitivitas otak untuk memproduksi hormon serotonin, norepinefrin, dan endorfin. Hormon-hormon tersebut dapat membuat suasana hati seseorang menjadi bahagia, memperbaiki mood dan menekan rasa stres atau cemas yang berlebih. Biasanya, pasien dengan diagnosa gangguan kecemasan akan disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Karena aktivitas fisik mampu mengurangi rasa gelisah tersebut.

Re.juve Bantu Kamu untuk #LiveHappier!

Sebelum mulai berolahraga, apalagi kalian yang akan melakukan olahraga intensitas tinggi, usahakan mengonsumsi makanan atau minuman yang berprotein tinggi. Hal ini dilakukan karena orang yang melakukan olahraga, terutama dengan intensitas tinggi, akan membutuhkan energi yang besar selama berolahraga.

Re.juve memiliki varian Smoothies yang terdiri dari bahan-bahan berprotein tinggi seperti pisang, oat, dan lain-lain yang cocok untuk dikonsumsi sebelum memulai sesi olahraga intensitas tinggi kamu. Berikut beberapa varian Smoothies dari Re.juve:

1. Avocacao High Smoothies

Smoothie ini terbuat dari buah alpukat, bubuk kakao, bubuk protein cokelat, susu segar, gula kelapa organik serta air RO. Avocado High mengandung 30 gram protein dan 13 gram serat lho!

2. Chocolate High Smoothies

Smoothie yang satu ini terbuat dari pisang, oatmeal utuh, susu segar, selai kacang yang alami, bubuk protein cokelat dan air RO. Chocolate High mengandung hingga 30 gram protein dan 13 gram serat. 

3. Chocolate High Smoothies with Almond Milk

Untuk kalian yang memiliki alergi terhadap susu sapi, Re.juve menyediakan pilihan smoothie yang menggunakan susu dari kacang almond sebagai pengganti susu sapi. Smoothie ini terbuat dari pisang, oatmeal utuh, susu kacang almond, selai kacang yang alami, bubuk protein cokelat dan air RO. Walaupun digantikan oleh susu kacang almond, varian smoothie ini tetap memiliki kandungan nutrisi yang tinggi yaitu 30 gram protein dan 13 gram serat.

Setelah berolahraga, keringat akan keluar melalui kulit secara berlebihan sehingga dapat dengan mudah membuat tubuh dehidrasi ataupun kehilangan elektrolit, apabila cairan dalam tubuh tidak tercukupi. Orang yang dehidrasi ketika berolahraga kemungkinan akan mengalami beberapa gejala seperti mulut kering, tubuh lemas, kram otot, ataupun sakit kepala dan mual. Dehidrasi bukan saja dapat menguras fisik namun juga mentalmu, serta dapat membatasi ruang gerak sehingga olahraga menjadi tidak maksimal.

Re.juve memiliki varian elixirs, terbuat dari buah dan rempah asli yang kaya akan elektrolit, potassium, magnesium, dan mineral. Re.juve elixirs cocok untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah olahraga dan menambah elektrolit dalam tubuhmu. Re.juve Elixirs juga mengandung Chia Seed yang dapat membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Beberapa varian Re.juve Elixirs yaitu:

1. Tropic Chia Cold-pressed Elixirs

Varian ini terbuat dari buah nanas segar, air kelapa, lemon, dan chia seed.  Tropic Chia dapat membantu menyegarkan dan menghidrasi tubuhmu agar tetap berenergi dan segar setelah berolahraga berat.

2. Copacabana Cold-pressed Elixirs

Varian ini terbuat dari buah nanas, air kelapa, dan sedikit garam laut. Rasa Copacabana yang manis asam dan sedikit asin akan menyegarkan tubuhmu dihari yang gerah. 

3. Tropic Turmeric Cold-pressed Elixirs

Varian ini terbuat dari buah nanas, kunyit, lemon, gula kelapa organik, dan air RO yang cocok untuk menghidrasi tubuhmu saat panas.