blog nanas

Buah nanas merupakan buah tropis yang mengandung banyak vitamin dengan rasa menyegarkan juga lezat serta memiliki banyak serat dan nutrisi sehingga baik bagi kesehatan. Banyak cara untuk menyajikan buah nanas seperti dijadikan salad, rujak, ataupun jus. Selain itu, nanas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yuk simak kelengkapan manfaatnya!

1. Nanas Kaya akan Nutrisi

Nanas adalah buah yang rendah kalori namun memiliki profil nutrisi yang sangat banyak dan bermanfaat. Dalam setiap 165 gram nanas mengandung:

  • Kalori: 82,5
  • Lemak: 1.7 gram
  • Protein: 1 gram protein
  • Carbohidrat: 21,6 gram
  • Serat: 2,3 gram

Nanas juga mengandung sejumlah kecil vitamin A dan K, fosfor, seng dan kalsium. Nanas adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C dan mangan, masing-masing memberikan 131% dan 76% dari rekomendasi kebutuhan harian.

Vitamin C menjadi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan membantu penyerapan zat besi dari makanan. Sementara itu, mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga metabolisme yang sehat dan memiliki sifat seperti antioksidan.

2. Nanas Kaya akan Antioksidan

Nanas tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga mengandung antioksidan yang sehat. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh untuk memerangi stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana di dalam tubuh terdapat terlalu banyak partikel radikal bebas. Partikel radikal bebas ini dapat berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah, dan banyak penyakit berbahaya lainnya.

Nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik. Terlebih lagi, banyak antioksidan dalam nanas sifatnya terikat dan hal tersebut memungkinkan antioksidan untuk bertahan dalam kondisi yang lebih keras di dalam tubuh dan menghasilkan efek yang lebih tahan lama.

3. Nanas Mengandung Enzim untuk Memperlancar Pencernaan

Pada buah nanas terdapat sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai enzim bromelain. Enzim tersebut berfungsi sebagai protease, yang bertugas untuk memecah molekul protein menjadi bahan penyusunnya, seperti asam amino dan peptida kecil.

Setelah molekul protein dipecah, maka bentuk yang telah dipecah akan lebih mudah diserap di usus kecil. Hal ini sangat membantu bagi orang dengan insufisiensi enzim pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup. Bromelain juga banyak digunakan sebagai pelunak daging komersial karena kemampuannya untuk memecah protein daging yang keras.

4. Nanas Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Penyebab munculnya kanker dan perkembangannya secara umum berkaitan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena nanas dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan. Salah satu senyawa yang dapat mengurangi risiko tersebut adalah kelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain. Banyak studi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu melawan kanker.

Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa bromelin dapat merangsang sistem kekebalan untuk menghasilkan molekul yang membuat sel darah putih lebih efektif dalam menekan pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan sel kanker.

5. Nanas Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Nanas mengandung banyak sekali vitamin, mineral, dan enzim seperti Bromelin yang dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menekan inflamasi. Memakan nanas dengan jumlah yang cukup akan meningkatkan imunitas dan mengurangi risiko untuk infeksi virus dan bakteri, dikarenakan nanas dapat berpengaruh dalam produksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan penyakit – penyakit.

Memilih buah nanas berkualitas untuk menjaga kesehatan tubuh memang penting, tapi tidak perlu khawatir karena Re.Juve siap memberikan jalan keluar. Re.juve menawarkan berbagai  varian nanas yang mudah dikonsumsi juga berserat Firey Beat Cold-Pressed Juice, Copacabana Cold-Pressed Elixirs, Tropic Turmeric Cold-Pressed Elixirs, serta Tropic Chia Cold-Pressed Elixirs. Tak hanya buah nanas tetapi juga terdapat kandungan lain dari kunyit, air kelapa, dan lemon yang pastinya baik bagi kesehatan.