5 Manfaat dari Temulawak Ini Baik Loh untuk Kesehatan Re.juve

Temulawak merupakan tanaman rempah yang sering digunakan oleh masyarakat sebagai tumbuhan herbal. Selain digunakan dan diolah menjadi bentuk obat-obatan atau suplemen kesehatan, akar dari temulawak ternyata dapat digunakan sebagai pewarna makanan dan bumbu masakan. Pengolahan temulawak ke dalam bentuk kering atau bubuk ini bisa kita dapatkan dengan mudah di pasar atau tukang sayur keliling.

Tanaman yang dikenal memiliki bahasa latin Curcuma xanthorrhiza ini ternyata mempunyai beragam manfaat bisa kita dapatkan dari tumbuhan yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Dikutip dari alodokter.com, beberapa studi ilmiah mengungkapkan bahwa temulawak mengandung berbagai senyawa baik untuk kesehatan seperti terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol yang memiliki sifat antioksidan, anti radang, antimikroba, anti kanker, dan anti diabetes.

5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Nah, karena manfaatnya yang baik untuk tubuh, simak bersama 5 manfaat temulawak untuk kesehatan berikut ini!

1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Tubuh kita memiliki reaksi yang berbeda ketika polusi masuk ke dalam tubuh kita. Polusi itu bisa berasal dari radikal bebas seperti asap kendaraan, sinar UV, stress, dan makanan tidak sehat. Radikal bebas yang terus-terusan kita hirup dan konsumsi akan tinggal di dalam tubuh sehingga dapat mempengaruhi imunitas tubuh dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh. 

Supaya kerusakan sel-sel tidak terjadi, kita bisa memperlambatnya dengan mengonsumsi makanan dan minuman kaya antioksidan, seperti temulawak. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam temulawak bekerja untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan dapat memperkuat imun tubuh.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mempunyai gangguan pencernaan pasti kurang menyenangkan. Namun siapa sangka tanaman herbal semacam temulawak mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan manusia, salah satunya adalah mengatasi gangguan pencernaan. Dikutip dari goapotik.com, Curcuma xanthorrhiza telah teruji klinis berkhasiat mengatasi berbagai gangguan di saluran pencernaan, mulai dari perut kembung, irritable bowel syndrome, sembelit, hingga diare.

3. Menjadi Anti-inflamasi Alami

Temulawak memiliki senyawa anti peradangan alami yang biasa disebut dengan curcumin. Curcumin dapat ditemukan pada bumbu masakan atau pewarna makan yang berfungsi untuk mengobati peradangan secara alami. Dikutip dari hellosehat.com, peradangan atau dikenal juga dengan istilah inflamasi (inflammation) adalah respon alami dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu cedera atau penyakit. 

Menurut Healthline.com, para ilmuwan sekarang percaya bahwa peradangan kronis tingkat rendah dapat berperan dalam beberapa kondisi kesehatan dan penyakit. Itulah mengapa apa pun yang dapat membantu melawan peradangan kronis berpotensi penting dalam mencegah dan membantu mengobati kondisi ini.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Selain untuk mengobati peradangan secara alami, senyawa curcumin ternyata dapat membantu untuk meningkatkan kinerja otak. Senyawa curcumin dapat memicu peningkatan kadar BDNF, yakni hormon yang meningkatkan neuron dalam otak manusia. Neuron bekerja untuk membentuk koneksi baru sehingga mencegah manusia cepat lupa. Hal ini juga dijelaskan dalam kesehatan.kontan.co.id bahwa khasiat temulawak rupanya berkaitan dengan fungsi otak.

5. Mengurangi Resiko Jantung

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting adalah temulawak bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1000 orang, atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Curcumin yang terdapat dalam temulawak mampu memicu peningkatan fungsi endotelium. Endotelium adalah lapisan terdalam dari pembuluh darah dan sel endotel sangat penting dalam mempertahankan kelancaran aliran darah. Ketika sel endotel bermasalah, ini akan sangat berpengaruh karena kerusakan endotel dapat membuat peredaran darah tidak lancar sehingga sering mengalami yang disebut pembekuan darah.

Re.juve Bantu Penuhi Kebutuhan Antioksidan Kamu Lewat Produk Cold-Pressed Juice Varian Temulawak

1. Tropic Temulawak Cold-Pressed Jamu

Temukan kesegaran dalam Tropic Temulawak yang bagus untuk kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahan aktif sehat seperti temulawak yang terdapat dalam Tropic Temulawak mengandung anti inflamasi dan antioksidan tinggi. Tropic Temulawak juga sumber vitamin C, B, serat, dan mangan.

2. Curcuma Ginger Cold-Pressed SHOTs

Sehat dalam satu tegakan! Ini dia Curcuma Ginger SHOT Re.juve. Kedua bahan alami utama merek yakni, curcuma dan jahe memiliki manfaat inflamasi yang hebat. Rasanya yang sedikit berapi-api dan segar, segera membangunkan kamu! Curcuma Ginger SHOT ini tinggi vitamin C, B3, serat, dan mangan. Cobain sekarang!