5 manfaat chia seed yang mampu menurunkan berat badan

Banyak yang mengira chia seed sama dengan biji selasih karena tampilannya yang serupa. Namun, kedua biji-bijian tersebut ternyata berasal dari dua tumbuhan yang berbeda. Chia seed adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman mint yaitu Salvia Hispanica. Memiliki bentuk oval berukuran 1-2 milimeter dan memiliki warna yang beragam yaitu abu-abu, hitam dan hitam dengan bercak putih. Beberapa saat ini chia seed sangat booming di masyarakat dan menjadi sebuah trend gaya hidup sehat yang baru. Dikutip dari hellosehat.com chia seed dapat mengenyangkan perut dan memperlambat tubuh dalam memproses makanan. Maka dari itu, chia seed dikenal dapat membantu proses diet untuk menurunkan berat badan.  Memangnya apa saja sih manfaat yang dihasilkan dari chia seed?

5 Manfaat Chia Seed

Chia seed memiliki banyak kandungan gizi didalamnya yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa kandungan yang terdapat dalam chia seed yaitu, serat, protein, zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, asam lemak omega-3, antioksidan dan mineral. Yuk simak beberapa manfaat chia seed yang baik bagi tubuhmu!

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Mengonsumsi chia seed dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Seperti yang telah disebutkan diatas, chia seed memiliki kandungan fosfor, kalsium, protein, dan magnesium. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan tulangmu. Menurut hellosehat.com kandungan kalsium yang ada pada chia seed lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kalsium yang ada pada produk olahan susu. Maka dari itu, bagi kamu yang tidak terlalu suka produk olahan susu dapat mengonsumsi chia seed.  Untuk mendapatkan kesehatan tulang yang optimal juga harus didampingi dengan olahraga teratur.

2. Menjaga berat badan ideal

Tahukah kamu kalau chia seed berada di peringkat teratas pada kategori makanan protein nabati? Maka dari itu chia seed sangat baik untuk membantu mengelola rasa lapar sehingga kamu tidak kalap makan dan berat badan tetap terjaga. Selain itu, tingginya kandungan protein yang ada pada chia seed bermanfaat bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Karena protein dapat membantu mengurangi nafsu makan dan keinginan untuk ngemil di luar jam makan. Kandungan serat pada biji chia juga bermanfaat untuk membuat kamu kenyang lebih lama.

3. Mencegah kerusakan sel

Chia seed adalah salah satu makanan yang mengandung kaya antioksidan. Seperti yang kita ketahui antioksidan  sangat baik untuk mencegah radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Kegiatan sehari-hari membuat kita tidak terlepas dari radikal bebas seperti panas matahari, asap rokok, asap kendaraan, dan asap pabrik. Radikal bebas dapat menimbulkan stress oksidatif yang tidak baik bagi kesehatan tubuh yaitu menyebabkan kerusakan sel dan penuaan dini. Oleh karena itu, kandungan antioksidan pada chia seed dapat membantu mencegah radikal bebas.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Hipertensi merupakan salah satu pemicu terjadinya resiko penyakit jantung. Dilansir melalui hellosehat.com dalam jurnal Plants Foods for Human, chia seed dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain tekanan darah tinggi, pemicu terjadinya resiko penyakit jantung yaitu kadar kolesterol yang tinggi. Chia seed juga mampu menurunkan trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik pada tubuh dan lemak dalam tubuh. Hal baik lainnya pada chia seed dapat mengontrol insulin.

5. Mengurangi peradangan 

Peradangan pada tubuh adalah respon umum yang sering dirasakan. Peradangan yang dirasa dapat berupa kulit memerah dan bengkak. Namun kadang kala peradangan dapat berbahaya bagi tubuh. Gaya hidup yang tidak sehat dapat memberikan dampak buruk pada peradangan. Mengonsumsi chia seed merupakan salah satu makanan kaya serat yang mampu meredakan atau mengurangi peradangan kronis. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi chia seed dapat mencegah inflamasi. Chia seed dapat diolah seperti mencampurkannya dengan smoothies, jus, ataupun infused water.

Chia seed adalah salah satu makanan yang populer untuk menunjang gaya hidup sehat. Memiliki cita rasa seperti kacang sehingga cocok dicampurkan dengan menu manis maupun gurih. Biasanya chia seed kerap kali dicampurkan pada smoothies, salad, sereal, maupun nasi. Agar dapat merasakan manfaat chia seed dengan lebih praktis dan enak Re.juve memiliki varian produk Tropic Chia Cold-Pressed Elixirs. Varian ini terdiri dari nanas, air kelapa, lemon dan chia seed yang rasanya sangat menyegarkan. Tropic Chia Cold-Pressed Elixirs mengandung kaya vitamin C dan serat yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Karena cita rasanya yang segar, varian ini sangat cocok memuaskan dahagamu setelah seharian bekerja, workout, maupun untuk berbuka puasa karena Trophic Chia dapat membantu menghidrasi tubuhmu. 

Yuk rasakan kesegaran Tropic Chia Cold-Pressed Elixirs yang baik untuk kesehatan tubuhmu!