5 Makanan dan Minuman Untuk Berbuka Puasa

Waktu berbuka puasa adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu setelah seharian berpuasa. Seringkali kita bertanya-tanya, “apa menu berbuka yang enak untuk hari ini?”. Adanya banyak pilihan serta keinginan untuk mencicipi beragam makanan membuat kita bingung untuk menentukan menu berbuka yang pas. Nah, berikut ini 5 makanan dan minuman untuk buka puasa yang pas untuk kamu!

5 Menu Makanan Untuk Berbuka Puasa

Indonesia memiliki banyak sekali pilihan makanan. Kamu bisa mengatur menu berbuka sejak awal sehingga kamu tidak bosan menyantap makanan yang itu-itu saja. Beberapa makanan khas Indonesia yang lezat dan cocok untuk berbuka adalah:

1. Sate Ayam

Sate ayam merupakan salah satu hidangan favorit banyak orang. Biasanya sate dimakan berbarengan dengan lontong maupun nasi panas. Dibumbui dengan kecap maupun bumbu kacang, sate bisa menjadikan alternatif menu berbuka puasa yang nikmat! 

2. Ayam Bakar

Ayam bakar juga merupakan salah satu comfort food bagi banyak orang. Rasanya yang cenderung manis dan gurih adalah alasan mengapa banyak orang menyukainya. Disajikan dengan berbagai macam sambal, seperti sambal mangga dan sambal tomat, menu ayam bakar pasti diminati oleh keluargamu!

3. Sayur Sop 

Kalau kamu mencari menu berbuka puasa yang hangat, sayur sop adalah jawaban yang tepat. Berisikan sayuran segar, seperti wortel, kentang dan kol. Selain sayuran, kamu juga bisa memasukkan daging ayam atau daging sapi, lho. Sayur sop sangat cocok untuk dihidangkan saat berbuka ketika kondisi sedang dingin atau hujan.

4. Capcay Kuah

Makanan khas Tionghoa-Indonesia terdiri dari berbagai macam sayuran. Capcay Kuah adalah makanan yang penuh nutrisi karena sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain sayuran, kamu juga bisa menambahkan protein seperti ayam dan udang.

5. Gorengan dan Jajanan Pasar

Gorengan telah menjadi makanan wajib bagi mayoritas orang untuk berbuka puasa. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang memilih untuk menyantap makanan ringan terlebih dahulu saat berbuka. Namun, harus diingat untuk jangan terlalu sering makan makanan berminyak, ya. 

Beberapa gorengan yang menjadi favorit banyak orang, yaitu tempe mendoan, tahu isi, molen, dan bakwan. Tidak ketinggalan, ada juga jajanan pasar, seperti onde-onde, klepon, dan dadar gulung.

5 Menu Takjil dan Minuman Untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa terasa kurang lengkap apabila tidak ada minuman yang menyegarkan. Apalagi jika kamu sudah menahan haus dan panas seharian. Berikut adalah beberapa pilihan minuman yang dapat kamu jadikan menu berbuka puasa yang lezat!

1. Kolak Pisang

Kolak pisang bisa dikatakan menjadi salah satu takjil yang tidak boleh dilewatkan. Setelah seharian puasa, kolak pisang bisa menjadi santapan yang dapat mengembalikan energimu. Apalagi rasa legit dari pisang yang khas bisa kembalikan semangatmu.

2. Sop Buah

Sop buah menjadi salah satu minuman andalan saat berbuka puasa. Berisi aneka ragam buah, hidangan ini menjadi pelepas dahaga yang pas karena rasanya yang manis dan segar. Sop buah sangat mudah kamu dapatkan atau buat sendiri.

3. Es Cendol atau Es Dawet

Es cendol atau es dawet juga menjadi menu khas saat bulan Ramadhan. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat es cendol selalu diserbu saat menjelang buka puasa. Minuman ini terbuat dari tepung beras. Dicampurkan gula jawa, santan dan es serut yang membuat menu ini jadi sangat menyejukkan.

4. Smoothies

Smoothies menjadi pilihan yang cocok untuk menemani buka puasa. Tidak hanya menyegarkan, smoothies juga menyehatkan, lho. Meminum smoothies pada saat buka puasa dapat memberi rasa kenyang dan memenuhi serat harianmu.

5. Cold-Pressed Juice

Cold-Pressed Juice tinggi akan vitamin, cocok menjadi minuman saat berbuka puasa yang menyehatkan. Dengan mengonsumsi jus buah, kamu akan mendapat vitamin dan mineral yang lengkap serta serat yang diperlukan tubuh. Selain itu, jus buah juga mengandung antioksidan yang dapat bantu menjaga tubuh agar tetap fit selama bulan Ramadhan.

Nah, itu dia beberapa menu berbuka puasa di bulan Ramadhan yang bisa kamu coba. Berbuka puasa dengan makanan penuh nutrisi dapat membantu menyeimbangkan nutrisi dan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Re.juve sebagai pelopor Cold-Pressed Juice dapat menjadi pilihan #TemanPuasa terbaik. Kamu bisa mengonsumsinya saat berbuka maupun sahur, lho. Seimbangkan nutrisimu selama Ramadhan dengan Re.juve #TemanPuasa!