5 Ide Sederhana Healing yang Murah dan Mudah!healing

Hidup yang lebih sehat tidak selalu soal meningkatkan kesehatan fisik. Terkadang, penyakit juga bisa saja datang dari pikiran yang tertekan. Ada baiknya kita memperhatikan kesehatan mental dan pikiran. Pikiran yang jernih dan tenang dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus dalam bekerja dan mengambil keputusan. Maka dari itu, penting untuk melakukan self-healing. 

Secara umum, self-healing berarti upaya untuk menyembuhkan luka batin atau mengurangi stres. Self-healing dibutuhkan untuk mengatasi pikiran dan perasaan buruk yang dapat mengganggu fungsi seseorang ketika menjalani aktivitas. Contohnya seperti mudah merasa bosan terhadap semua hal, kehilangan ketertarikan terhadap hal-hal yang biasa disukai, kesulitan konsentrasi, atau merasa gelisah namun tak ada sumber yang jelas. Beberapa tanda fisik kalau kamu butuh healing adalah tubuh mudah lelah, susah tidur, atau mengalami keluhan fisik lain yang susah dijelaskan sebabnya.

Ide Sederhana Healing yang Bisa Kamu Coba!

Cara healing orang dapat berbeda-beda, namun berikut adalah cara healing sederhana dan low budget yang bisa kamu coba:

1. Me-Time

Mungkin kamu merasa penat karena kamu jarang meluangkan waktu untuk dirimu sendiri. Waktumu habis untuk bekerja, belajar, bersosialisasi, namun lupa untuk memberikan waktu dan ruang untuk dirimu sendiri merasa nyaman. Hal ini dapat berujung pada perasaan penat dan pikiran yang tertekan. Maka dari itu, sesekali luangkanlah waktumu untuk me-time. Me-time dapat dilakukan dengan cara berlibur. Berliburlah ke tempat-tempat baru atau yang menyejukkan. Namun self-healing tidak selalu harus berlibur. Hal-hal kecil seperti membersihkan rumah, membaca buku favorit, menonton film, atau bahkan tidak melakukan apa-apa juga dapat dilakukan sebagai cara dari healing.

2. Journaling

Menulis jurnal merupakan kegiatan dimana kamu mencatat emosi atau kejadian-kejadian dalam keseharianmu. Journaling ini mirip sekali dengan mencatat diary. Menulis jurnal dapat membantu seseorang untuk mengurai emosi-emosi negatif agar mudah dipahami. Karena seseorang dapat merasa kewalahan terhadap emosi yang ia rasakan sehingga ia tidak dapat membedakan emosi apa yang sedang ia rasakan.

3. Mempraktikkan Self-Compassion

Kita seringkali bersikap keras dengan menetapkan goal yang tinggi pada diri sendiri. Terkadang, goal yang kita tetapkan bahkan tidak realistis dan berujung pada rasa marah dan sedih pada diri sendiri. Karena itu, penting bagi kita untuk mempraktekkan self-compassion. Kita bisa memulai dengan menuliskan hal-hal baik tentang diri kita serta rencana-rencana realistis untuk tetap bergerak maju dalam hidup. Self-compassion juga dapat berarti memaafkan diri apabila hal-hal tidak berjalan sesuai ekspektasi. 

4. Bersosialisasi dengan Teman

Untuk orang-orang ekstrovert, bertemu dengan teman-teman dan bercerita tentang keluh kesahmu kepada mereka mungkin pilihan yang tepat untuk healing. Tak perlu liburan mahal bersama teman-teman, berkumpul di tempat yang nyaman atau pergi ke tempat yang selalu ingin dikunjungi bersama para sahabat dapat membantumu untuk menjernihkan pikiran.

5. Olahraga

Olahraga dapat membantu menyehatkan tubuh dengan cara memperkuat otot, meningkatkan stamina, dan lain-lain. Namun menurut penelitian, manfaat olahraga tidak hanya dapat dirasakan secara fisik, namun juga secara emosional. Olahraga dapat membantu mengatur suasana hati seseorang dan membantu orang lebih cepat pulih dari luka batin. Olahraga teratur dapat juga meningkatkan kekebalan tubuh. Mulailah berolahraga yang ringan seperti jogging, bersepeda, dan lain-lain. Olahraga juga dapat dilakukan dengan cara beraktivitas diluar ruangan. Lakukanlah aktivitas outdoor kesukaanmu untuk memperbaiki suasana hati.

Self-Healing Ala Re.juve

Hal mudah dan murah untuk memulai self-healing adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik. Kita mengapresiasi diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi sebagai cara berterima kasih pada diri sendiri karena telah berjuang. Re.juve merupakan produk yang enak, sehat, dan jujur. Setiap produk Re.juve dibuat dari buah dan sayuran segar organik yang kaya akan vitamin dan mineral. Beberapa varian best-seller dari Re.juve adalah I.Glow, U.Glow, Crush Watermelon, Beat That dan Asian Green. Mengonsumsi minuman segar dengan rasa manis-asam yang kaya nutrisi baik untuk tubuhmu merupakan salah satu cara sederhana untuk mengapresiasi diri setelah mengalami hari yang panjang.