5 Dampak Pengawet dalam Makanan dan Minuman Bagi Tubuh Re.juve Cold Pressed Juice

Pengawet merupakan bahan yang sering digunakan dalam pembuatan makanan maupun minuman agar bahan pangan tersebut dapat tahan lebih lama. Dikutip dari hellosehat.com, bahan pengawet adalah zat aditif yang bermanfaat untuk mempertahankan waktu pakai suatu produk atau bahan makanan. Zat aditif sendiri merupakan bahan kimia yang ditambahkan untuk meningkatkan tampilan, rasa, atau tekstur makanan. 

Pengawet untuk Konsumsi Sehari-hari

Sebenarnya bahan pengawet yang sudah terdaftar dalam BPOM merupakan jenis bahan makanan dan minuman yang tergolong aman dan tidak membahayakan untuk dikonsumsi selama pemakaiannya digunakan sesuai dengan batasannya dan tidak berlebihan. Peraturan penggunaan bahan pengawet pun juga sudah diatur dalam BPOM. 

Peraturan Kepala BPOM No.36 Tahun 2013,  tentang Batas Maksimum Penggunaan Bahan Tambahan Pangan Pengawet berkisar dari 40 sampai dengan 2000 mg/kg dengan batas maksimum untuk minuman berbasis air berperisa adalah 400 mg/kg. Peraturan ini mengatur jumlah maksimum bahan pengawet yang boleh dikonsumsi.

5 Dampak Bahan Pengawet untuk Tubuh

Selain untuk menjaga makanan dan minuman agar tetap awet, kita perlu tahu apa saja dampak yang dimiliki oleh pengawet pada produk makanan dan minuman untuk tubuh kita. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Menimbulkan Penyakit Dalam

Sodium nitrite atau yang lebih dikenal dengan bubuk garam mineral memiliki fungsi untuk mencegah keracunan bakteri yang disebabkan oleh konsumsi daging. Senyawa dari daging yang diberikan bahan pengawet ini dapat memberikan efek samping untuk tubuh seperti masalah pada usus besar. 

2. Kelelahan

Bahan pengawet yang mengandung brominasi minyak nabati dalam minuman dan makanan ringan ini sebenarnya berfungsi untuk menstabilkan pewarna minuman dan makanan. Namun, ketika pengawet ini menumpuk dalam tubuh kita, ternyata dapat menyebabkan keracunan dengan gejala seperti kelelahan.

3. Naik Berat Badan

Pengawet juga dapat menaikkan berat badan kita lho. Ini disebabkan karena makanan dan minuman yang kita konsumsi memiliki kalori lebih yang dapat meningkatkan lemak jenuh pada tubuh kita. Dikutip dari aido.id, sebuah riset yang dipublikasikan oleh jurnal Cell Metabolism menunjukkan bahwa terdapat tambahan 500 kalori per hari pada kelompok yang sedang mengonsumsi makanan ultra-processed.

4. Menurunkan Daya Tahan Tubuh 

Imun sangat penting bagi tubuh. Ketika fungsi tubuh turun, secara langsung kita akan merasakan kekurangan energi untuk menjalani hari. Hal tersebut dapat ditimbulkan karena turunnya daya tahan tubuh yang bisa disebabkan oleh pengawet makanan.

Oleh karena itu, pentingnya menjaga sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang memberikan nutrisi bagi tubuh seperti Re.juve. Re.juve Cold-Pressed Juice memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin C, magnesium, antioksidan, serta kaya serat dalam Cold-Pressed SHOTs dapat menaikkan sistem imun tubuh.

Re.juve Cold-Pressed SHOTs tersedia dalam empat varian dengan bentuk yang unik. Ada Turmeric Ginger SHOTs, Galanga Ginger SHOTs, Curcuma Ginger SHOTs, dan Celery Ginger SHOTs. Dapatkan Cold-Pressed SHOTs sekarang di www.rejuve.co.id atau kunjungi offline store terdekat dan lindungi tubuh sehatmu.

5. Alergi

Kandungan asam sorbat yang terdapat dalam bahan pengawet makanan dan minuman bisa menimbulkan reaksi terhadap tubuh seperti halnya alergi. Reaksi alergi ini bisa terbilang ringan.  Namun, perlu diperhatikan juga untuk takaran yang sesuai untuk penggunaan pengawet ini dalam makanan dan minuman yang akan kita konsumsi agar tidak menimbulkan alergi.

Re.juve Cold-Pressed Juice 100% Fresh, Pure, dan Natural

Re.juve selalu mengutamakan bahan-bahan yang 100% #GOODforYou untuk membantu kamu #LiveHappier dengan menggunakan bahan-bahan yang Fresh, Pure, dan Natural. Re.juve mengerti bahwa perhatianmu terhadap gaya hidup sehat sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, Re.juve tidak menggunakan pemanis buatan, tanpa tambahan air, nol tambahan gula, dan bahan pengawet yang dapat memiliki dampak buruk bagi tubuh (100% Pure). 

“Lalu dari mana Re.juve mendapatkan warna dan rasa tersebut?”

Pertanyaan tersebut pasti pernah muncul di benak Re.juve lovers. Kok bisa ya, Re.juve menghasilkan produk yang berwarna serta rasa tanpa menggunakan pengawet. Jawabannya karena Re.juve mendapatkan warna dari good juicing sari-sari buah dan sayur yang diolah dengan teknologi bernama True Cold-Pressed.