nutrisi

Pentingnya Buah dan Sayur untuk Tumbuh Kembang Anak

Bunda, siapa yang masih sering kesulitan untuk memberi asupan buah dan sayur pada anak?

Tahukah Bunda, bahwa buah dan sayur merupakan komponen tambahan yang penting untuk tumbuh kembang pada anak. Dikutip dari orami.co.id, mengenai pemenuhan nutrisi anak, dr. Natia mengatakan bahwa untuk mendapatkan tumbuh kembang anak yang optimal, makanan gizi seimbang harus diperhatikan. Gizi seimbang terdiri dari dua nutrisi penting, yaitu makronutrien dan mikronutrien. 

  1. Makronutrien adalah zat yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah besar untuk memberikan tenaga pada si anak, contohnya karbohidrat, protein, dan lemak. 
  2. Mikronutrien adalah zat tambahan yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dalam jumlah sedikit, seperti vitamin dan mineral. 

Nah, kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur ternyata sangat baik untuk proses pencernaan dan menjaga kesehatan. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk bekerja dengan baik, seperti wortel kaya akan vitamin A yang diperlukan untuk mata atau buah naga mengandung zat besi yang diperlukan mencegah anemia. 

Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan agar nutrisi anak terpenuhi, yuk simak 5 cara penuhi asupan buah dan sayur pada anak berikut ini.

5 Cara Memenuhi Nutrisi Pada Anak

1. Mengenalkan Pola dan Menu Makanan Sehat

Bunda, mengenalkan dan membiasakan pola makanan 4 sehat 5 sempurna kepada anak ternyata memberikan dampak bagus untuk anak lho. Karena ketika Bunda sudah terbiasa memberikan menu makanan dalam satu pola piring yang sehat, anak akan ikut terbiasa untuk mengonsumsi makanan sehat yang Bunda berikan.

2. Membiasakan Anak untuk Sarapan 

Bunda juga bisa membiasakan anak sarapan sebelum berangkat ke sekolah atau melakukan pekerjaannya di rumah. Kebiasaan sarapan ini biasanya hanya dilakukan oleh orang dewasa, tapi Bunda bisa membiasakan sarapan untuk anak dengan memberikan menu sarapan sehat yang ringan. Manfaat dari membiasakan anak untuk sarapan ternyata mampu meningkatkan ketahanan fisik dan fokus anak ketika mereka sedang belajar atau melakukan aktivitas di pagi hari. Sehingga, tubuh mereka tetap fit dalam menjalani hari-harinya. 

3. Memberikan Cemilan Sehat 

Bunda, siapa yang kalau anaknya sedang sekolah suka sekali jajan di kantin? Wah, pasti ada beberapa di antaranya suka mampir untuk jajan ya, saat waktu istirahat. 

Tingginya aktivitas anak di sekolah dari pagi hingga sore, tentu memerlukan pasokan energi yang lebih supaya tubuhnya kuat dan terhindar dari virus atau bakteri yang menyerang. Tapi, tidak semua cemilan ternyata dapat dikonsumsi lho, Bun. Cemilan yang sehat harus memiliki nutrisi yang lengkap agar gizi anak pun juga seimbang.   

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan kriteria camilan sehat anak ataupun orang dewasa, yakni:

  • Membatasi gula agar tidak lebih dari 50 gram
  • Lemak tidak lebih dari 10 persen total energi
  • Kalori tidak lebih dari 20 persen konsumsi harian

4. Membiarkan Anak Memilih Makanan Favoritnya

Semakin banyak menu makanan sehat yang diberikan, anak akan mengeksplorasi dengan sendirinya. Anak tentu tahu apa yang ia suka dan ia tidak suka. Dalam memilih makanan ataupun minuman sehat yang bergizi, nantinya si Kecil  akan memilih sesuai dengan menu makanan yang sudah disediakan Bunda. Anak akan menentukan jika apa yang ia makan itu sesuai atau tidak dengan kecocokan lidahnya. Namun, tidak perlu khawatir Bunda. Jika si Kecil makan dengan rajin, ia akan tetap ternutrisi kok secara baik dari dalam dan luar. Jadi, tidak perlu dipaksa ya, Bun, jika si Kecil tidak mau. Bunda bisa bantu mengkomunikasikannya dengan si Kecil, agar si Kecil paham bahwa apa yang Bunda beri baik untuk gizinya.

5. Membuat Porsi Khusus untuk Anak

Memberikan porsi makanan untuk anak ternyata berfungsi untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi yang efektif lho. Setelah Bunda mengenalkan pola dan menu makanan yang sehat pada anak, penting untuk Bunda mengetahui sumber dan kandungan yang ada pada menu makanan tersebut.  Ini dikarenakan nutrisi yang seringkali diberikan tidak mencukupi atau hanya mewakili pada pola 4 sehat 5 sempurna. Oleh karena itu, pastikan Bunda membuat porsi khusus anak yang terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, dan vitamin. Semua bisa Bunda dapatkan dari Paket #LiveHappier Keluarga Re.juve.

Paket #LiveHappier Keluarga Re.juve

Terbuat dari 100% buah segar, sayur organik, dan kacang almond. Paket #LiveHappier Keluarga ini terdiri dari enam (6) buah botol yang terdiri dari jenis Cold-Pressed Juice, Cold-Pressed Almond Milk, dan Cold-Pressed Classic Line yang mengandung protein, serat, vitamin, dan antioksidan. Paket #LiveHappier Keluarga Re.juve cocok untuk membantu si Kecil dan keluarga agar tetap sehat dan happy. Penuhi asupan gizi si Kecil bersama Bunda dengan Paket #LiveHappier Re.juve!