mata

Sekarang ini penggunaan handphone atau gadget lainnya semakin meningkat. Bukan hanya dikalangan orang dewasa, namun juga di kalangan anak-anak. Beberapa tahun terakhir, apalagi semenjak pandemi, semakin membuat anak ketergantungan dengan gadget dalam kesehariannya. Mereka memakai gadget untuk bersekolah, mengerjakan tugas, membaca, bermain game, menonton, dan lain-lain.

Tak dipungkiri, fungsi gadget memang amat banyak serta praktis. Contohnya anak dapat menonton apapun yang ia mau kapanpun, tak perlu menunggu jadwal acara tersebut ditayangkan karena sudah dapat diakses lewat sosial media. 

Namun, penggunaan gadget yang berlebihan dapat merusak indra penglihatan, terutama pada anak. Tanpa atau dengan disadari, anak-anak sering melakukan kebiasaan yang dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan mata mereka. Misal terlalu lama bermain gadget,  menonton tv atau melihat gadget terlalu dekat, serta memiliki kebiasaan mengucek mata.

Padahal, penglihatan yang baik amat penting bagi perkembangan si Kecil. Bukan hanya perkembangan fisik, namun kognitif serta sosialnya juga. Si Kecil akan menggunakan indra penglihatannya untuk membedakan warna, membaca, dan lain-lain. Apabila kesehatan mata terganggu, anak akan kesulitan melakukan berbagai macam hal. Termasuk belajar dan bersosialisasi. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk menjaga kesehatan mata anak.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Sang Buah Hati

1. Konsumsi Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Kesehatan mata dapat dijaga dari dalam dengan cara memberikan anak makanan yang sehat serta bernutrisi tinggi. Beberapa nutrisi serta vitamin yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata antara lain antioksidan, vitamin E, vitamin C, vitamin A, seng, omega-3 serta lutein. 

Maka itu penting bagi orang tua untuk membiasakan anak mengonsumsi sayur serta buah yang mengandung nutrisi baik. Seperti wortel, stroberi, jeruk, apel, dan lain-lain.

2. Ajak Anak Bermain di Luar Ruangan

Anak yang terlalu sering bermain gadget atau bermain di dalam ruangan secara umum memiliki risiko mengidap miopi atau rabun dekat. Maka sebaiknya para orang tua sering-sering mengajak anak bermain ke luar rumah.

3. Jauhkan si Kecil dari Kebiasaan yang Dapat Merusak Mata

Si Kecil seringkali melakukan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan mata. Contohnya seperti membaca buku terlalu dekat, membaca atau bermain gadget saat penerangan temaram, membaca sambil tiduran, menonton TV terlalu dekat. Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut akan menyebabkan ketajaman penglihatan yang menurun.

Maka dari itu, para orang tua sebaiknya mengingatkan anak untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Usahakan jarak antara mata anak dengan buku sekurang-kurangnya 30 cm dengan cahaya yang cukup terang. Saat menonton TV, anak setidaknya harus duduk sejauh 5 kali lipat dari ukuran televisi tersebut.

4. Merangsang Perkembangan Indra Penglihatan

Ternyata, untuk mengembangkan indra penglihatan anak, diperlukan rangsangan atau stimulus yang baik bagi visual anak sejak bayi hingga usia 8 tahun. Beberapa cara untuk merangsang perkembangan mata anak misal dengan memberikan mainan dengan beragam bentuk dan warna yang tentu saja aman bagi anak.

5. Periksa Mata Rutin

Bawalah si Kecil ke dokter mata setidaknya 2 tahun sekali untuk memeriksakan kondisi matanya. Pemeriksaan mata amat penting untuk mendeteksi masalah mata lebih dini pada anak sehingga pengobatan juga dapat dilakukan secara optimal.

Jaga Kesehatan Mata dengan Re.juve

Re.juve memiliki berbagai varian jus yang dibuat dari 100% buah dan sayuran organik segar. Re.juve menggunakan proses juicing berupa cold-pressed. Teknologi cold-pressed juicing tidak memakai panas dan oksidasi, sehingga kandungan nutrisi yang ada di dalam buah dan sayurannya tetap terjaga. Salah satu varian dalam produk Re.juve adalah classic line yang terasa manis dan menyegarkan, cocok untuk si Kecil. Produk-produk dalam varian classic line juga mengandung vitamin C yang tinggi, yang bagus untuk mengurangi bahaya oksidasi yang dapat meningkatkan risiko terkena degenerasi makula (kehilangan penglihatan) dan katarak.

Berikut beberapa varian produk Re.juve yang tinggi vitamin serta nutrisi sehingga baik untuk kesehatan mata si Kecil:

Golden Orange

U.Glow

Crush Watermelon

Glowing Apple

Tropic Golden