Tahukah kamu kalau tingkat depresi di Indonesia meningkat sebesar tiga kali lipat beberapa tahun ini? Bahkan, menurut survei, sekitar dua dari lima pekerja di Indonesia mengalami stres akibat pekerjaan. Stres yang tidak bisa dikendalikan berpotensi menjadi masalah kesehatan mental lainnya, seperti depresi dan burnout. Untuk itu mengetahui cara mengatasi stres yang tepat sangat diperlukan.

Menurut World Health Organization (WHO), burnout adalah kondisi saat pekerja mengalami stres berat di tempat kerja. Biasanya, ciri-ciri burnout dimulai dari kelelahan, performa kerja menurun, dan meningkatnya sinisme dalam pekerjaan.  Maka dari itu, kamu perlu memulai gaya hidup yang menunjang kebahagiaanmu agar terhindar dari stres dan depresi.

5 Cara Mengatasi Stres Kerja

Kalau kamu sudah mulai merasa kelelahan akibat bekerja, waspadai ciri-ciri burnout. Segera atasi rasa lelah dan stres akibat bekerja yang kamu alami sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih besar. Berikut ini adalah lima cara mengatasi stres berat atau burnout yang kamu alami!

1. Gunakan skala prioritas

Pekerjaan yang datang silih berganti pasti membuat kamu kewalahan. Untuk mengantisipasi stres saat banyak pekerjaan, gunakanlah skala prioritas. Matriks Eisenhower adalah salah satu cara terbaik untuk memetakan pekerjaan berdasarkan urgensinya. Dalam Matriks Eisenhower, ada empat bagian yang saat mengerjakan sesuatu, yakni Do, Decide, Delegate & Delete

Do merupakan bagian pekerjaan yang penting dan mendesak sehingga kamu harus segera menyelesaikannya. Decide adalah kelompok bagian pekerjaan yang penting, namun tidak mendesak. Dengan begitu kamu bisa mengatur jadwal mengerjakannya. Selanjutnya adalah Delegate yang merupakan kelompok pekerjaan tidak penting, namun mendesak. Pekerjaan dalam kelompok ini bisa kamu limpahkan kepada orang lain yang lebih mampu menyelesaikannya. Terakhir, Delete adalah kelompok pekerjaan yang tidak penting dan tidak mendesak sehingga kamu bisa menghilangkannya saja.

2. Apresiasi diri

Cara mengatasi stres saat bekerja yang kedua adalah dengan mengapresiasi diri. Memiliki kebiasaan mengapresiasi diri akan meningkatkan rasa percaya diri, semangat, dan bangga pada diri. Hal ini sangat diperlukan agar kamu bisa berlatih berpikir positif. Kamu pasti sudah sering mendengar ungkapan “tidak ada yang sempurna di dunia ini”, nah, begitu pula dengan pekerjaanmu. Namun, jangan jadikan ini alasan untuk tidak bekerja maksimal, ya! Tetaplah bekerja sebaik mungkin dan apresiasi setiap pekerjaan yang kamu selesaikan.

3. Rutin berolahraga

Di tengah kesibukan bekerja, tetap sisihkan waktu untuk berolahraga. Olahraga rutin bisa meningkatkan hormon endorfin yang bekerja memperbaiki mood-mu. Dengan begitu, kamu bisa tetap semangat menyelesaikan pekerjaan. Hormon tersebut juga bisa membuat badan lebih tenang. Badan dan otak yang tegang karena stres tidak dapat berpikir jernih, lho.

4. Konsumsi makanan bernutrisi

Mengatasi stres atau depresi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat, lho. Namun, kamu harus perhatikan nutrisi yang terkandung di dalam makanannya. Biasanya, orang cenderung binge eating makanan tidak sehat saat stres. Contohnya, junk food, makanan berlemak tinggi, dan makanan tinggi gula. Makanan tersebut justru akan melemahkan kesehatan mentalmu. 

Pilihlah buah dan sayur yang mengandung vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan produksi hormon endorfin. Alpukat, dark chocolate, wortel, kacang-kacangan, dan sayur hijau adalah beberapa pilihan makanan sehat dan baik untuk mengatur tingkat stres.

5. Cukup istirahat

Sebanyak apapun pekerjaanmu, jangan sampai kurang istirahat, ya. Pastikan kamu tidur yang cukup serta berkualitas. Tidur berkualitas dapat membantu daya ingat serta kreativitasmu. Mendapatkan tidur yang cukup juga bisa membuat suasana hati lebih baik. Dengan begitu, kamu tidak mudah tersinggung atau merasa sensitif saat sedang bekerja.

Nah, itulah kelima cara mengatasi stres saat kerja. Hindari stres berkepanjangan agar tidak menjadi burnout yang akan menurunkan kinerjamu di kantor. Buatlah skala prioritas, istirahat cukup, rutin olahraga, apresiasi diri, dan penuhi asupan bernutrisi untuk menunjang gaya hidup #LiveHappier. Kamu bisa mengonsumsi produk Re.juve yang terbuat dari makanan yang baik untuk kesehatan mental, seperti AvoCacao High Smoothies, u.Glow Cold-Pressed Juice, Natural Peanut Butter, dan Green Glory Cold-Pressed Juice. Bersama Re.juve, kamu bisa penuhi nutrisi dan #LiveHappier dengan mudah!