vitamin D 1

Vitamin D merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk banyak proses vital, termasuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. Selain itu, vitamin D juga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Dikutip dari Detik.com kebutuhan vitamin D per hari yang tidak merugikan kesehatan adalah 4000 IU (satuan menunjukkan jumlah kandungan vitamin). Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh dapat mengalami kekurangan kalsium dan menyebabkan berbagai masalah pada tulang, seperti rakitis pada anak-anak dan osteomalacia pada orang dewasa. 

Berdasarkan sebuah artikel pada webmd.com, kekurangan vitamin D kini telah dikaitkan dengan kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, penyakit jantung, depresi, penambahan berat badan, dan penyakit lainnya. Namun, vitamin D tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, kita perlu asupan dari luar dalam mendapatkan vitamin D yang cukup untuk tubuh. Bagaimana ya caranya? Yuk, simak berikut ini!

Mendapatkan Vitamin D Secara Efektif

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan Vitamin D harianmu. Selain mengonsumsi suplemen, kamu bisa melakukan cara lain secara lebih praktis dan alami. Yuk lakukan beberapa cara efektif berikut ini untuk mendapatkan Vitamin D yang baik bagi kesehatan tubuhmu! 

1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi 

Sinar matahari pagi mengandung sumber vitamin D terbaik yang bisa kamu dapatkan.  Waktu terbaik untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari adalah pukul 10.00 pagi. Namun jangan berjemur terlalu lama, cukup 10-15 menit saja, karena terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit.

2. Konsumsi Ikan Berlemak dan Seafood

Ikan berlemak dan makanan laut juga termasuk salah satu sumber makanan alami yang tinggi akan vitamin D. Faktanya, dalam 100 gram salmon kalengan dapat menyediakan hingga 386 IU vitamin D, yaitu sekitar 50% dari kebutuhan vitamin D harian. Jenis ikan dan makanan laut yang kaya akan vitamin D, meliputi tuna, ikan kembung, tiram, dan udang.

3. Konsumsi Kuning Telur

Dalam satu buah kuning telur  mengandung sekitar 40 IU vitamin D. Namun, kamu tetap harus perhatikan jumlah telur yang dikonsumsi dalam satu hari, karena mengonsumsi telur secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Konsumsi Jamur

Jamur adalah salah satu sumber makanan yang mengandung Vitamin D. Salah satu jenis jamur yang bisa kamu konsumsi yaitu jamur maitake. Sebanyak 50 gram jamur maitake mampu mencukupi sekitar 94% kebutuhan vitamin D harianmu. Jamur ini dapat menjadi pilihan makanan sumber vitamin D untuk kamu yang vegetarian dan tidak suka mengonsumsi ikan.

5. Konsumsi Oats dan Buah Pisang

Oats atau oatmeal memiliki kandungan vitamin D dan mineral lain yang baik untuk tubuh. Satu setengah cangkir oatmeal dapat menyediakan 39% kebutuhan vitamin D pada tubuh. Selain konsumsi pisang juga dibutuhkan dalam meningkatkan vitamin D. Meskipun pisang bukanlah buah yang mengandung vitamin D, namun pisang kaya akan magnesium yang dapat membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari oats dan pisang dengan cara mudah dan enak, kamu bisa konsumsi Chocolate High Smoothies Re.juve yang dibuat dari pisang, oatmeal, selai kacang alami, whey protein chocolate, susu rendah lemak, dan air reverse osmosis (RO). Tidak hanya kaya akan vitamin D dan magnesium saja, Chocolate High Smoothies Re.juve juga tinggi akan vitamin E, protein, serat, serta mineral lainnya yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu.

Yuk segera rasakan manfaat Chocolate High Smoothies Re.juve dengan klik di sini!

Baca Artikel : Sumber Antioksidan Alami Untuk Kesehatan Kulitmu