5 aktivitas untuk mengisi waktu ngaburburit

Ngabuburit adalah salah satu istilah yang tidak asing di telinga kita saat bulan Ramadhan. Lalu, apa arti dari ngabuburit? Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu buka puasa. Ternyata kata ini berasal dari bahasa Sunda, yaitu “ngalantung ngadagoan burit” yang memiliki arti bersantai sambil menunggu waktu sore.

5 Kegiatan Ngabuburit Sebelum Berbuka Puasa 

Saat sore hari, kita tentunya sudah tidak sabar untuk menunggu waktu berbuka puasa. Oleh karena itu, kebanyakan orang melakukan kegiatan ngabuburit menjelang adzan maghrib. Berikut ini merupakan beberapa kegiatan ngabuburit yang bisa kamu lakukan sebelum berbuka puasa:

1. Menonton film

Menonton adalah salah satu kegiatan yang banyak digemari orang. Untuk mengisi waktu luang menjelang buka puasa, kamu dapat menonton film bersama keluarga maupun kerabat. Genre film yang kamu pilih dapat bertajuk islami maupun komedi agar kamu terbawa suasana yang mampu meningkatkan mood menjelang buka puasa.

2. Olahraga

Puasa bukan menjadi salah satu halangan bagi kita untuk berolahraga. Satu jam sebelum berbuka puasa adalah waktu terbaik yang direkomendasikan untuk berolahraga. Beberapa olahraga santai yang cocok saat ngabuburit adalah jogging, bersepeda, dan yoga.

3. Mendengarkan ceramah

Mendengarkan ceramah bisa menjadi kegiatan ngabuburit yang bermakna, nih. Tidak hanya mengisi waktu luang, mendengarkan ceramah bisa meningkatkan keimanan di bulan suci Ramadhan ini. Ceramah-ceramah tersebut dapat kamu dengarkan melalui siaran televisi atau melalui kanal Youtube.

4. Berburu takjil

Selama bulan Ramadhan, kita akan banyak menjumpai penjual yang menjajakan makanan dan minuman di sepanjang jalan. Berburu takjil dapat menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa. Beberapa menu pilihan takjil yang dapat kamu beli, yaitu gorengan, kolak pisang, dan sop buah. Namun, pastikan juga kamu membeli takjil sesuai dengan kebutuhan nutrisimu, ya!

5. Mempersiapkan hidangan buka puasa

Untuk mengisi waktu ngabuburit, kamu bisa menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa. Mulai dari menyiapkan bahan makanan hingga menghidangkannya untuk berbuka puasa. 

Berbagai menu makanan, seperti sop daging, ayam bakar, dan sayur bayam bisa kamu jadikan referensi masakan untuk berbuka puasa. Nah, pastikan menu berbuka puasa yang kamu siapkan sudah bernutrisi seimbang karena terdiri dari karbohidrat, protein, lemak baik, sayur, dan buah.

Itulah tadi beberapa kegiatan ngabuburit yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang menunggu adzan maghrib. Ngabuburit adalah waktu yang tepat untuk lebih bonding dengan anggota keluarga sambil menyiapkan menu berbuka puasa. Agar berbuka puasa bersama dengan keluarga makin hangat, sediakan Paket #TemanPuasa dari Re.juve, yuk!

Paket #TemanPuasan bantu #SeimbangkanNutrisimu serta bantu jaga kesehatan selama puasa Ramadhan. Terdiri dari kombinasi Cold-Pressed Juice, Elixirs, dan Smoothies, Paket #TemanPuasa juga bisa bantu kembalikan cairan tubuhmu yang hilang selama puasa! Yuk, #LiveHappier saat puasa dengan Paket #TemanPuasa!