3 Benarkah Makan Buah dan Sayur Dapat Turunkan Kolesterol Tinggi dr.Juwalita Re.juve

Apakah Kamu Termasuk Salah Satu yang Terkena Kolesterol?

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh. Kolesterol membentuk sel-sel baru supaya tubuh bisa berfungsi dengan normal. Nah, kolesterol ini dibawa oleh protein dalam aliran darah. Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh yakni, kolesterol baik atau yang biasa disebut lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) dan kolesterol jahat atau yang biasa disebut lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL).

Kolesterol jahat yang menumpuk pada dinding arteri bisa menyebabkan penyempitan aliran darah yang beresiko meningkatkan masalah utama pada tubuh seperti penyakit jantung dan stroke. Sedangkan kolesterol baik justru kebalikan dari kolesterol jahat. Kolesterol baik dapat membantu mengurangi kolesterol jahat yang berlebih pada arteri dan mengembalikannya ke hati. Sehingga, tubuh dapat berfungsi dengan normal.

Tidak bisa dipungkiri, makanan yang kita makan ternyata bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Namun, tahukah kamu buah dan sayur bisa bantu turunkan kolesterol? Dikutip dari eatthis.com, menurut Courtney D’Angelo, MS, RD, penulis di Go Wellness, konsisten makan buah dan sayuran dapat meningkatkan senyawa penurun kolesterol penting, yang disebut stanol atau sterol, yang bekerja seperti serat larut.

Selain itu, apel secara khusus telah dikenal untuk membantu menurunkan kolesterol karena apel memiliki jenis serat larut tertentu yang mereka sebut pektin, dan anggur juga telah ditemukan untuk membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan keragaman bakteri usus dalam penelitian terbaru. Jika apel dan anggur tidak menarik minat kamu, produk seperti pir, aprikot, alpukat, kubis Brussel, brokoli, dan wortel juga tinggi serat larut dan dapat membantu kelola kadar kolesterol. 

Pertanyaan untuk Dokter Juwalita

Apakah Buah, Sayur, dan Rempah dapat membantu untuk meredakan/menstabilkan kolesterol? Sehingga seseorang tetap dapat konsumsi makanan berlemak namun hanya perlu diseimbangi dengan konsumsi buah, sayur dan rempah?

Jawaban dari Dokter Juwalita

Menurut dr.Juwalita, pola makan yang tidak sama sekali mengonsumsi makanan berlemak tentu bukan hal mudah, oleh sebab itu kita tetap bisa mengonsumsi makanan berlemak asalkan tidak berlebihan, bagaimanapun lemak tetap diperlukan oleh tubuh kita dalam jumlah tertentu. Kita tetap dapat menyeimbangkan pola makan sehat kita agar terhindar dari kolesterol tinggi dengan mengkonsumsi makanan/minuman tinggi serat. Banyak penelitian yang menghubungkan antara pola konsumsi sayuran berdaun hijau dengan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu bahan alami seperti jahe dan kunyit juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Sayur dan buah juga merupakan makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol loh. Kamu bisa mencoba sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan arugula, karena antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah. Sementara itu, kalau kamu lebih suka mengonsumsi buah, kamu bisa makan buah pisang yang bantu mengendalikan kadar kolesterol kamu. 

Varian Re.juve yang Bantu Stabilkan Kadar Kolesterol Darah

1. Firey Green

Minuman cold-pressed juice yang kaya vitamin ini merupakan perpaduan Bayam organik, Jeruk segar, dan Jahe organik yang penuh dengan sifat anti-inflamasinya bisa membantu kamu dalam menjaga sirkulasi peredaran darah. Firey Green bagus buat tubuhmu agar kembali segar dan buat energi tercukupi yang kaya vitamin C, K, dan B9 serta kaya serat dan mangan.

2. Turmeric Ginger

Turmeric Ginger merupakan Cold-Pressed SHOT dari Re.juve yang membuat anti-inflamasi dalam tubuhmu karena kandungan vitamin C dan seratnya bantu menjaga tubuhmu agar tetap segar dan meremajakan tubuhmu setiap hari. Turmeric Ginger tinggi akan vitamin B6, mangan, dan serat.

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.