2 Apakah Buah dan Sayur Bisa Cegah Kekurangan Darah dr.Juwalita Re.juve

Apa itu Anemia dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Anemia atau kurang darah merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah dan sel darah merah tersebut tidak berfungsi dengan baik dalam tubuh. Anemia dapat menyebabkan organ tubuh tidak mendapat zat gizi yang cukup sehingga seringkali kita menemukan seseorang yang mengalami anemia wajahnya terlihat pucat dan tubuhnya terlihat lemas. Nah, apakah kamu sering merasa lemas dan tidak bersemangat? Hati-hati bisa jadi tanda kamu terkena anemia loh!

Anemia adalah salah satu jenis penyakit internal tubuh yang di mana tubuh kekurangan sel darah merah sehat atau hemogoblin. Sehingga, oksigen di dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik dan tidak tercukupi. Penyebab daripada anemia antara lain produksi sel darah merah yang kurang, kehilangan darah secara berlebihan serta rusaknya sel darah merah tersebut

Bila tidak diatasi, anemia bisa menjadi gejala penyakit yang serius seperti komplikasi kehamilan, serangan jantung, hingga kematian. Tetapi masalah kekurangan sumber sel darah merah tersebut bisa diatasi dengan pola makan yang sehat dan teratur seperti buah dan sayur-sayuran.

Buah dan sayur ternyata baik untuk menaikkan sel darah merah. Ketika ingin menaikkan sel darah merah, sel darah merah membutuhkan nutrisi yang cukup. 

Nah, berkaitan dengan penyakit anemia, apa saja buah dan sayuran yang tepat untuk dapat membantu? Apakah ada jumlah/takaran yang harus dikonsumsi agar seseorang bisa terhindar?

Jawaban Dokter Juwalita?

Menurut dr.Juwalita, salah satu jenis anemia yang bisa terjadi adalah anemia nutrisional atau anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat gizi tertentu, seperti zat besi, vitamin B9 (folat), vitamin B6 dan vitamin B12. Oleh sebab itu konsumsi jus yang mengandung tinggi zat besi dengan vitamin C yang akan membantu penyerapannya, serta vitamin B6 dan B9 seperti Golden Orange, uGlow, ataupun Green Glory. Akan tetapi vitamin B12 terutama terdapat pada produk hewani, seperti daging merah dan makanan laut, oleh sebab itu untuk benar-benar terhindar dari anemia tetap perlu mengonsumsi makanan sumber B12 serta kalori dan protein yang cukup. 

Sayuran yang bisa menambah darah adalah bayam. Satu mangkuk bayam mengandung 6,5 mg zat besi yang baik dikonsumsi penderita anemia. Tidak hanya itu, bayam juga memiliki kandungan kalsium, serat, protein, vitamin A dan vitamin E. Re.juve punya rekomendasi minuman cold-pressed juice yang bisa kamu coba, yakni Green Glory. Green Glory terbuat dari Bayam organik yang dicampur dengan Seledri stik organik, Nanas segar, dan Jeruk segar yang lezat dan sehat. Satu botol Green Glory sumber vitamin B9 dan tinggi zat besi.

Selain sayur, ada buah jeruk yang tinggi vitamin C membantu penyerapan zat besi. Re.juve punya varian cold-pressed segar dan nikmat untuk kamu yang suka konsumsi buah dan cocok menambah darah, yakni Golden Orange dan u.Glow. Kedua varian ini kaya vitamin C, B9, dan B6, serta sumber zat besi yang baik bagi tubuh sehingga mampu menaikkan sel darah merahmu. Cold-pressed juice Re.juve ternyata mampu berikan alternatif konsumsi buah dan sayur yang bisa cegah kekurangan darah dengan minum jus buah dan sayur penambah darah.

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.