9 Amankah Balita Mengonsumsi Jus Buah dan Sayur dr.Juwalita Re.juve

Buah dan sayur mempunyai banyak nutrisi baik untuk tumbuh kembang balita. Jika Si Kecil tidak terbiasa menikmati buah dan sayur dalam bentuk yang padat, bisa kita siasati dengan memberikan buah atau sayur dalam bentuk cairan seperti, jus yang sehat dan segar. Jus adalah alternatif yang aman dalam mengonsumsi buah dan sayur untuk Si Kecil. Namun, orang tua harus tetap memperhatikan batasan dalam memberikan jus buah dan sayur kepada Si Kecil.

Menurut webmd.com, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasi untuk membatasi konsumsi jus untuk Si Kecil jika Si Kecil di bawah usia 1 tahun. Minum terlalu banyak jus buah dan sayur bisa memberikan masalah kesehatan bagi Si Kecil. Air dan susu tetap menjadi minuman terbaik untuk Si Kecil. Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi dalam memberikan jus buah atau sayur pada Si Kecil:

  1. Batasi jus tidak lebih dari 4 hingga 6 ons setiap hari untuk anak usia 4 hingga 6 tahun
  2. Batasi jus tidak lebih dari 8 ons setiap hari untuk anak-anak usia 7 hingga 18 tahun
  3. Jangan memberikan jus dalam botol atau cangkir sippy karena mendorong minum terlalu banyak
  4. Jangan berikan jus pada anak sebelum tidur karena dapat menyebabkan gigi berlubang

Waktu yang Tepat Memberikan Jus Buah untuk Balita

Setelah memperhatikan batasan pemberian jus buah dan sayur kepada anak, orang tua juga perlu lebih memperhatikan hal-hal yang perlu diingat saat memberikan jus pada Si Kecil. Dikutip dari alodokter.com, ini dia ada aturan-aturan agar orang tua lebih sadar ketika ingin memberikan jus ke Si Kecil, antara lain:

  1. Pastikan Si Kecil sudah mampu duduk secara tegak
  2. Berikan jus buah atau sayur dengan gelas atau cangkir kecil yang sesuai porsi minumnya
  3. Membatasi porsi jus tidak lebih dari 120 ml dalam sehari
  4. Encerkan jus buah saat pertama kali Si Kecil mencobanya, agar ia tidak kaget dengan rasanya
  5. Berikan Si Kecil yang mengandung 100% sari buah, misalnya jus apel atau jus pir
  6. Pilih jus buah dengan rasa yang tidak mencolok terlebih dahulu
  7. Hindari menambahkan gula dalam jus
  8. Pilih jus yang telah melalui proses pasteurisasi, bila membeli jus kemasan

Pertanyaan untuk Dokter Juwalita

Re.juve juga memproduksi Cold-Pressed yang 100% #GOODforYou, namun apakah produk Re.juve aman dikonsumsi untuk anak di usia balita? Untuk perkembangan anak, varian atau kandungan apa yang bisa direkomendasikan yang baik untuk anak usia balita?

Jawaban untuk Dokter Juwalita

American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan pemberian juice untuk anak di bawah usia 1 tahun. Akan tetapi menurut AAP, 100% juice buah segar dapat menjadi bagian dari diet sehat untuk anak di atas usia 1 tahun bila dikonsumsi sebagai bagian dari diet seimbang. Pada usia 1-3 tahun dianjurkan untuk dibatasi setidaknya 120 ml per hari, untuk usia 4-6 tahun setidaknya 120-180 ml per hari.  Untuk dapat mendukung pertumbuhannya, kita bisa memilih juice yang kaya akan zat besi seperti Green Glory atau Tropic Golden. Zat besi diketahui dapat meningkatkan perkembangan otak dan mencegah anak dari anemia.

Asupan Buah dan Sayur Si Kecil dengan Re.juve yang 100% Fresh, Pure, dan Natural

1. Green Glory

Terbuat dari perpaduan Bayam organik dan Seledri organik dengan perasa alami dari Jeruk segar dan Nanas segar bantu tingkatkan asupan vitamin C dan K pada Si Kecil. Green Glory juga bisa membantu Si Kecil mendapatkan serat, zat besi, serta kalsium yang diperlukan oleh tubuhnya. Selain Si Kecil bisa mengenal rasa dan bentuk dari sayuran, Si Kecil tetap dapat nutrisi dari Green Glory.

2. Tropic Golden

Perpaduan Wortel organik, Nanas segar, dan Jeruk segar, serta Kunyit memberikan Tropic Golden kandungan yang dibutuhkan oleh Si Kecil seperti vitamin C dan K, zat besi, kalsium, dan serat. Kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh Si Kecil dengan rasa yang enak dan tentunya sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk Si Kecil.

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.