5 Menu Lebaran Yang Wjib Ada Di Rumah

Tak terasa, kurang lebih 1 minggu lagi  kita akan menyambut hari raya Idul Fitri. Hari raya Idul Fitri menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi seluruh umat Muslim yang ada di dunia khususnya Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan adat istiadat dan kebudayaan. Momen lebaran menjadi salah satu tradisi untuk mudik dan berkumpul bersama keluarga. Banyak hal yang biasanya dipersiapkan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri seperti baju baru, rencana liburan, dan pastinya menu makanan wajib yang akan dihidangkan untuk keluarga dan orang terdekat. Suasana kumpul bersama ketika lebaran biasanya kurang lengkap tanpa didampingi menu makanan enak yang wajib dihidangkan ketika lebaran. Menyiapkan berbagai makanan khas lebaran dapat memeriahkan kebahagiaan saat kumpul bersama perayaan lebaran.

5 Menu Wajib Saat Lebaran

Lebaran identik dengan berkunjung dan berkumpul ke rumah saudara atau kerabat untuk bersilaturahmi. Makan bersama menjadi kegiatan wajib saat lebaran ketika berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Momen tersebut dapat dinikmati dengan sambil mencicipi makanan khas lebaran sembari mengobrol bersama. Saat lebaran, sudah menjadi tradisi untuk menghidangkan menu spesial yang selalu hadir saat hari raya Idul Fitri. Tanpa menu masakan ini biasanya lebaran menjadi kurang lengkap.

1. Ketupat

Salah satu makanan yang identik ketika lebaran adalah ketupat. Ketupat lebaran menjadi salah satu tradisi yang selalu ada di setiap perayaan lebaran untuk menjalin kebersamaan. Menikmati ketupat biasanya ditemani dengan hidangan lainnya seperti opor ayam, rendang, lontong sayur, dan sambal goreng kentang. Dibalik itu, ketupat memiliki filosofi yaitu untuk membuka pintu maaf untuk orang lain, memberi sedekah kepada yang membutuhkan, dapat memaafkan sesama, dan menyucikan diri.

2. Opor Ayam

Ayam berkuah santan kuning ini cocok menjadi pendamping ketupat untuk merayakan lebaran. Opor ayam dimasak dengan bumbu rempah yang mudah didapat dipasaran. Merebus ayam dengan waktu lama adalah kunci utama agar hidangan menjadi empuk dan mudah untuk dimakan. Selain itu, opor ayam memiliki bermacam jenis seperti opor ayam khas padang, opor ayam kuah kuning, dan opor ayam kuah kuning.

3. Rendang

Masakan daging kaya rempah yang berasal dari Minangkabau ini menjadi salah satu daya tarik untuk menu spesial lebaran. Rendang memiliki dua macam jenis yaitu rendang kering dan basah. Masakan khas padang ini memiliki cita rasa yang gurih, sedikit pedas, dan kaya akan rempah. Cocok menjadi pendamping untuk ketupat dan lontong sayur.

4. Lontong Sayur atau Ketupat Sayur

Hidangan ini dikenal juga dengan ketupat sayur yang cocok untuk menemani kamu di hari lebaran. Kamu dapat memilih sesuai selera untuk disajikan dengan lontong maupun ketupat. Ketupat sayur juga merupakan salah satu makanan khas asal betawi. Masakan ini pasti wajib dihidangkan karena perpaduannya pas dinikmati bersama dengan lontong atau ketupat, opor ayam, telur, dan kuah santan gurih untuk menu favorit lebaran.

5. Sambal Goreng Ati

Mayoritas masyarakat Indonesia menyukai makanan pedas dan gurih. Oleh karena itu sambal goreng ati menjadi pilihan terbaik untuk memanjakan kamu saat perayaan lebaran datang. Percampuran kentang, sambal, dan ati dapat menjadi pendamping yang cocok ketupat serta opor ayam. Ati yang diolah dapat ati sapi ataupun ati ayam. Selain itu, sambal goreng ati dapat dicampurkan dengan petai jika kamu menyukainya!

Hidangan lebaran dipenuhi dengan jenis makan yang bersantan, pedas, serta berlemak. Oleh karena itu, kamu membutuhkan penetralisir untuk dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah tingginya kadar kolesterol. Penetralisir ini bisa berbentuk Cold-Pressed Juice yang enak, segar, dan mudah diserap tubuh. Re.juve adalah pelopor cold-pressed juice di Indonesia yang terbuat dari buah dan sayur organik tanpa pemanis dan pengawet buatan. Serat yang terkandung dari buah dan sayur sangat baik untuk menyeimbangkan nutrisi harian tubuh dan menyehatkan pencernaan setelah kalap mengonsumsi makanan wajib lebaran. Selain itu, rempah-rempah alami seperti jahe dan temulawak yang terkandung dalam Cold-Pressed SHOTs Re.juve juga baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Berkunjung ke rumah saudara maupun kerabat kurang lengkap tanpa membawa bingkisan lebaran. Re.juve Hampers #TemanLebaran adalah pilihan terbaik bingkisan hari raya yang lebih menyehatkan. Hampers #TemanLebaran terdiri dari 5 paket yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan bisa kamu pesan secara langsung di www.rejuve.co.id dengan lebih praktis. Hampers #TemanLebaran juga dapat dikonsumsi bersama keluarga dan kerabat untuk menjadi pendamping makanan saat lebaran. 

Yuk, rayakan indahnya hari raya Idul Fitri dengan lebih bahagia dan menyehatkan dengan berbagi Hampers #TemanLebaran