Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Rempah-Rempah


Indonesia menjadi salah satu negara penghasil rempah terbesar di dunia. Rempah-rempah atau bumbu dapur kini mempunyai istilah empon-empon, banyak digunakan untuk membuat masakan lebih lezat. Empon empon yang digunakan misalnya jahe, kunyit, kencur, sereh dan temulawak.  Selain untuk membuat masakan lebih lezat, empon empon juga berfungsi untuk mejaga kesehatan seperti menjaga daya tahan tubuh.

Terinspirasi oleh resep tradisional serta manfaat empon empon tersebut, Re.juve memperkenalkan minuman tradisional Indonesia. “Misi utama Re.juve sejak berdiri pada 2014 adalah membuat semakin banyak orang hidup lebih bahagia. #LiveHappier melalui pilihan makanan dan minuman yang lezat, sehat dan jujur/transparan. Kami berkomitmen untuk selalu jujur dan transparan dalam setiap klaim dan bahan-bahan yang kami gunakan, terlihat jelas dalam setiap botol, tanpa ada yang disembunyikan sama sekali. Apa yang konsumen lihat adalah apa yang mereka dapatkan #CleanLabel,” tutur Richard Anthony, CEO dan Presiden Direktur Re.juve.

“Re.juve sebagai 100% merk lokal dengan bangga membawa rempah-rempah Indonesia ke tingkat lebih baik. Terinspirasi oleh jamu, kami menciptakan versi minuman tradisional yang lebih baik, lebih sehat dan lebih higienis dengan menggunakan rempah-rempah khas Indonesia seperti kunyit, jahe, kencur, temulawak dan sereh. Produk kami terbuat dari bahan-bahan asli, segar (bukan dari konsentrat atau bubuk), gluten free dan lactose free. Kami menggunakan susu kacang almond yang cocok untuk vegan, sebagai pengganti susu lain. Re.juve dengan bangga menghadirkan varian minuman tradisional cold-pressed pertama di Indonesia dan shots yang sudah pasti sehat dan dapat dinikmati karena telah melalui riset mendalam dan pengawasan kualitas terbaik, sesuai dengan misi kami,” tambah Richard.

Minuman Re.Juve yang mengandung rempah rempah antara lain  Almond Kencur yang terdiri dari Kacang Almond, Kencur segar, Jahe segar, Temulawak segar, Lemon segar, Gula Kelapa Organik, Air RO, sedikit Garam Laut. Lalu, ada Almond Bandrek yang mengandung Kacang Almond, Jahe segar, Sereh segar, Gula Kelapa Organik, Air RO, sedikit Garam Laut. Terdapat juga varian  Tropic Sereh yang terdiri dari  air Kelapa segar, Nanas segar, Sereh segar, Lemon segar serta  tropic temulawak  yang mengandung Air Kelapa segar, Lemon segar, Temulawak segar, Gula Kelapa Organik. Tidak ketinggalan juga Re.juve Shots  yakni Curcuma Ginger (Jahe segar, Temulawak segar, Lemon segar, Apel Hijau segar) lalu,  Turmeric Ginger (Jahe segar, Kunyit segar, Lemon segar, Apel Hijau segar), galanga Ginger (Jahe segar, Kencur segar, Lemon segar, Apel Hijau segar) dan Celery Ginger yang mengandung Stik Seledri segar, Jahe segar, Lemon segar

Re.juve SHOTs dengan kandungan rempah-rempah segar sebenarnya dapat dikonsumsi setiap hari oleh siapa saja, karena nilai kalorinya yang bisa dibilang zero calories, sehingga tidak akan mempengaruhi kebutuhan kalori harian yang masuk kedalam tubuh. Jadi Re.juve SHOT’s juga baik untuk dikonsumsi orang yang sedang menjalankan segala jenis program diet. Sedangkan Cold-Pressed juice serta minuman varian Indonesian Heritage dari Re.juve dapat membantu orang-orang untuk membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam menentukan apa yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh dan mengurangi segala sesuatu yang tidak baik untuk tubuh.

Ditambahkan General Manager Sales and Marketing, Store Operation Re.juve Sari Siswarni menjelaskan Re.juve hanya menggunakan rempah-rempah segar, terbaik dan berkualitas yang memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh. Kencur dan jahe dipercaya dapat membantu meredakan rasa lelah dan pegal-pegal, memperbaiki kesehatan pencernaan, meredakan gejala flu dan meningkatkan stamina. Bahan-bahan lain yang Re.juve gunakan adalah temulawak dan kunyit, yang antara lain berguna menjaga kesehatan liver, meningkatkan fungsi ginjal, pencernaan dan metabolisme. Kedua bahan tersebut memilki sifat anti radang,’’ imbuhnya.

Sebelum populer di pasaran, papar Sari,  masyarakat  Indonesia sudah menggunakan rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghangatkan badan dari udara yang dingin sejak jaman dahulu. Empon empon atau rempah-rempah juga kerap dijadikan obat alami untuk menjaga daya tahan tubuh, sekaligus mengobati berbagai macam penyakit dari yang ringan hingga berat.

Di tengah musim pancaroba saat ini, sangat penting bagi kita untuk menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi. Dengan mengonsumsi makanan bergizi, tubuh akan memiliki kemampuan untuk melindungi diri dari virus atau bakteri jahat yang datang dari luar. Keadaan tubuh dengan sistem imun yang lemah akan berisiko terpapar berbagai virus dan penyakit berbahaya seperti virus COVID-19 yang marak saat ini. Karena memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, tidak jarang rempah-rempah digunakan sebagai sumber bahan alami untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Re.juve juga membantu tenaga medis di rumah sakit Jabodetabek, Surabaya dan Bali  dengan memberikan dukungan produk kepada lebih dari 7000  tenaga medis untuk menjaga imun tubuh dari 21 Maret – 26 Mei 2020. Tujuannya, agar para tenaga medis tetap bisa menjalankan tugasnya membantu kita semua menangani virus COVID-19,’’ imbuh Sari.

Manfaat Jahe, Kunyit, Temulawak, Kencur dan Sereh

Yuk, cari tahu rempah rempah yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang terbukti efektif!

  1. Jahe

Jahe adalah tanaman yang sangat populer sebagai rempah  dan bahan obat. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Tanaman herbal ini mengandung zat yang ampuh menangkal berbagai virus loh! Manfaat jahe dapat digunakan untuk dijadikan sebagai penghangat tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat lainnya adalah sebagai zat antialergi, antijamur dan antibakteri untuk membantu tubuh melawan infeksi dan virus seperti flu dan batuk.

  1. Kunyit

Kunyit atau dikenal juga dengan nama turmeric merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan di masakan Indonesia. Ciri khasnya yang berwarna kuning berasal dari kurkumin. Kurkumin ini memiliki manfaat sebagai zat antiradang, antibiotik, antiviral, antioksidan, antikanker, dan untuk penanganan penyakit alzheimer. Sifat ini membuat kunyit sebagai salah satu rempah anti-inflamasi paling ampuh untuk melawan radikal bebas dan menghambat perkembangan sel tumor.

  1. Temulawak

Tidak hanya Kunyit, senyawa kurkumin juga terdapat pada Temulawak. Temulawak sendiri sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia dan dipercaya dapat memelihara kesehatan, mencegah dan mengobati penyakit, serta berguna pada masa pemulihan. Kurkumin dalam temulawak mampu mengendalikan produksi sitokin akibat infeksi dari virus atau bakteri dari luar, sehingga dipercaya mampu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Kencur

Datang dari keluarga jahe-jahean, tanaman kencur adalah salah satu rempah-rempah yang populer di dunia. Sementara di Indonesia, kencur telah berpuluh-puluh tahun digunakan dalam pembuatan obat tradisional atau jamu. Kandungan minyak atsiri di dalam kencur berfungsi sebagai anti-bakteri yang dapat membantu mengatasi batuk dan melegakan tenggorokan sebagai salah satu gejala penyakit yang sangat sering dialami oleh setiap orang. Selain itu, minyak atsiri pada kencur juga memiliki sifat anti-depresan yang dapat memberikan kondisi relaksasi pada sistem saraf untuk dapat lebih menenangkan kondisi seseorang yang stres.

  1. Sereh

Serei atau sereh merupakan salah satu tanaman yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena kandungan curcumin yang terdapat pada sereh. Hasil studi menunjukkan bahwa serai juga memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi, seperti mengurangi risiko sariawan, infeksi jamur pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah. Selain itu, serai juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh, seperti vitamin B, zat besi, kalium, dan magnesium.